Ajarkan 4 Makna Keuangan Ini Kepada Anak Jika Ingin Mereka Merdeka Secara Finansial

Ajarkan 4 Makna Keuangan Ini Kepada Anak Jika Ingin Mereka Merdeka Secara Finansial

Claudia Jessica Official Writer
2054

#3 Tidak apa-apa jika melakukan kesalahan

Ketika anak-anak tumbuh remaja, tidak apa untuk membiarkan mereka tersandung dan terjatuh dengan keputusan mereka sesekali. Tentu bukan untuk membuat mereka terpuruk, melainkan untuk membiarkan mereka belajar dari kesalahan itu. Saya juga yakin bahwa Anda lebih akan lega kehilangan uang sebesar 50 ribu sekarang daripada harus kehilangan uang jutaan rupiah di masa mendatang.

Ajari mereka, bimbing mereka, dan pastikan mereka tetap mengikuti arahan Anda. Namun, biarkan mereka merasakan kekuatan dan beban untuk bertanggung jawab secara finansial.

#4 Kejujuran adalah kebijakan terbaik

Memang klise, tapi inilah kebenarannya. Saya tidak akan berada pada finansial yang sehat jika orang tua saya tidak jujur tentang kesuksesan sekaligus kegagalan mereka. Keadaan finansial keluarga saya serta didikan yang orang tua saya membuat saya mengerti bagaimana mengatur keuangan itu penting dalam kehidupan kami ke depan.

Jika orang tua saya memilih untuk tidak memberi tahu dan memberikan apa saja yang saya minta, saya tidak pernah mendapatkan pelajaran yang saya dapatkan saat ini. Tidak hanya itu, mungkin saya juga akan melakukan kesalahan yang sama.

Mengajari anak-anak tentang mengatur keuangan adalah tanggung jawab orang tua. Jangan biarkan mereka tumbuh menjadi orang dewasa tang tidak memahami prinsip-prinsip dasar ini.

 

Sumber : crosswalk
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami