Mengungkap Fakta & Misteri Dibalik Mahkota Duri yang Dipakai Yesus

Mengungkap Fakta & Misteri Dibalik Mahkota Duri yang Dipakai Yesus

Puji Astuti Official Writer
20021

Dalam Matius 27 mencatat tentang saat-saat sebelum Yesus di salibkan, salah satu fakta menarik yang tertulis disana adalah Yesus dipakaikan mahkota duri : 

Mereka menanggalkan pakaian-Nya dan mengenakan jubah ungu kepada-Nya. Mereka menganyam sebuah mahkota duri dan menaruhnya di atas kepala-Nya, lalu memberikan Dia sebatang buluh di tangan kanan-Nya. Kemudian mereka berlutut di hadapan-Nya dan mengolok-olokkan Dia, katanya: "Salam, hai Raja orang Yahudi!"

Mereka meludahi-Nya dan mengambil buluh itu dan memukulkannya ke kepala-Nya.

~ Matius 27:28-30

Kali ini JC Channel menelusuri dan mengungkap seperti apa sih mahkota duri yang dipakaikan kepada Yesus itu. Kamu mau tahu? 

Bertemu langsung dengan Kabid Museum Lembaga Alkitab Indonesia, Bambang Kristanto Sitompul, S.Si, JC Chanel menelusuri tanaman berduri apa yang dianyam sebagai mahkota dan dipakaikan kepada Yesus. 

Menurut Bambang, tanaman berduri yang dijadikan mahkota tersebut saat itu banyak tumbuh di pinggir-pinggir jalan di Israel. Setelah peristiwa penyaliban itu, nama latin tanaman tersebut dikenal sebagai "Paliurus Spina Christi." 

Apa fakta menarik lainnya dari mahkota duri yang dipakaikan kepada Yesus?

"Kalau yang dipakaikan ke Yesus saat peristiwa penyaliban itu dari cabang pohong yang sudah tua, yang sudah ratusan tahun," demikian jelas Bambang sambil memperlihatkan pohon palirus yang menjadi koleksi museum LAI yang umurnya baru 2-3 tahun saja. 

"Kalau ini kan durinya paling 1 sampai 2 cm, kalau yang dipakaikan ke kepala Yesus waktu itu durinya sudah sampai 5-10 cm," demikian tambahnya.

Dalam kesempatan ini JC Channel juga berkesempatan melihat langsung tanaman duri itu yang sudah dianyam sebagai mahkota dengan duri-duri yang panjang dan tajam. Nah, apakah kamu juga penasaran dan pengen tahu lebih lagi fakta-fakta tentang mahkota duri ini? Yuk nonton langsung di Jawaban Channel!

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami