Anak Band yang Dicap Gak Punya Masa Depan - Ocan Siagian

Anak Band yang Dicap Gak Punya Masa Depan - Ocan Siagian

Lori Official Writer
750

Jalan hidup yang dipilih Ocan Siagian sempat membuatnya dicap tidak punya masa depan. Namun siapa sangka, musik jugalah yang membawa Ocan menjadi seperti saat ini.

Dia menuturkan bahwa perjalanan karir bermusik yang dia geluti hingga saat ini berawal dari ketertarikannya melihat abang-abangnya bermain gitar dan drum di rumah. 

Benih ketertarikan itu pun terus tumbuh. Hingga berbekal uang tabungan selama setahun, dia pun membeli gitar pribadinya. Sementara kedua orangtuanya menentang Ocan untuk menggeluti dunia music.

“Untuk minta les musik ke orangtua itu kayak hal yang mustahil. Karena anggapan orangtua saya itu kayak lebih bagus berprestasi di bidang pendidikan dibanding skill yang lain. Jangankan les musik, gitarnya aja gak punya,” terangnya.

Bahkan setelah menggeluti dunia musik, Ocan memilih untuk bermain sembunyi-sembunyi dari orangtua.

Di masa SMA pun Ocan kerap kali bolos sekolah hanya karena ikut lomba band di berbagai acara dalam dan luar kota.

“Pemikiran saya waktu SMA dulu, anak band itu keren, diliatin banyak orang, mungkin bisa dibilang fansnya banyak. Fokus ke situ dengan mengesampingkan ke sekolah. Karena pengennya itu emang ingin menjadi musisi yang terkenallah pada saat itu,” terangnya.

 

Baca Juga: Maria Simorangkir, Pemenang Indonesian Idol Ternyata Pernah Hampir Bunuh Diri?!

 

Selepas lulus sekolah, Ocan pun berniat untuk melanjutkan kuliah di Bandung. Karena dari kota inilah dia mendapatkan banyak referensi bermusiknya. Hal itulah yang membuat Ocan memberanikan diri untuk menyampaikan niatnya kepada kedua orangtuanya.

“Mereka itu kayaknya punya ketakutan banget bahwa waduh kuliah dia nanti pasti nggak bakal bener gitu. Pasti dia kerjanya main band terus kayak gitu kan. Akhirnya orangtua memberikan challenge, yaudah kamu boleh ke Bandung tapi kamu harus lulu di perguruan tinggi negeri ya,” terangnya.

Siapa sangka, nilai ujian yang didapatkan Ocan benar-benar mengkuatirkan. Dia menduduki peringkat kedua terakhir di kelas. 

“Sempat sih waktu itu debat sama orangtua karena nilai rapot aku kan dan orangtua juga mencari penyebabnya, ‘Kenapa sih Ocan kayak gini?’ Dan ternyata ya karena musik jawabannya,” jelasnya.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Dari sana, Ocan pun berjanji untuk memperbaiki ketertinggalannya di sekolah.

“Pada saat itu saya berusaha untuk membuktikan kepada orangtua. ’Saya bisa nih masuk perguruan tinggi negeri.’ Saya beberapa bulan ikut Bimbel sana-sini, belajar sana-sini. Akhirnya cobalah tuh ujian seleksi. Gelombang pertama gagal, udah gitu ikut yang ujian mandiri san-sini gagal.”

Meski telah mencoba sekuat tenaga, Ocan mendapati bahwa dirinya masih gagal. Saat itulah dia mulai kehilangan harapan karena baginya masuk perguruan tinggi negeri Bandung adalah jalan satu-satunya untuk bisa bermusik di kota itu.

Hingga di titik tersebut, Ocan pun berpikir untuk mengandalkan Tuhan. “Akhirnya saya pergi ke gereja, berdoa kepada Tuhan, meminta kepada Tuhan untuk, “Tuhan tolong berikan saya kekuatan, tolong berikan saya jalan agar saya bisa lulus dalam ujian terakhir ini.””

 

Baca Juga: “Aku Hidup Tapi Aku Merasa Mati” Ini Cerita Anggi Marito Ketika Positif Covid-19

 

Setelah itu, Ocan kembali belajar dan mengikuti beragam Bimbel dan simulasi. Sampai akhirnya dia melewati ujian terakhir dan berhasil lulus. 

“Saya bersyukur sekali akhirnya saya bisa mendapatkan restu dari orangtua saya kalau saya pantas dan bisa untuk kuliah di Bandung,” terangnya.

Pertolongan Tuhan membuat Ocan menyadari bahwa dia tidak bisa jalan sendirian dengan kemampuannya sendiri. Karena itulah dia berpesan kepada semua anak muda yang sedang menghadapi tantangan atau sedang berjuang meraih cita-citanya untuk menyelaraskan usaha dan juga doa. 

“Agar Tuhan menyertai langkah kita untuk menggapai itu semua dan membuat orangtua kita bangga. Tetap usaha dan berdoa, percaya kalau kalian bisa,” ungkapnya.

Bagaimana dengan kalian? Mau memilih berjalan bareng Tuhan untuk menggapai semua impian kalian?

“Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberikan kekuatan kepadaku.” (Filipi 4: 13)

 

Sumber : Superyouth
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami