4 Tugas Papa Mama Biar Anak Fokus Sama Panggilan Hidupnya

4 Tugas Papa Mama Biar Anak Fokus Sama Panggilan Hidupnya

Lori Official Writer
1916

Tuhan selalu mempersiapkan orang-orang yang akan dipakai menjadi pengaruh di tengah dunia sejak muda. 

Di dalam Alkitab, ada banyak orang-orang hebat yang dipanggil Tuhan sejak masa kecilnya. Beberapa diantaranya adalah Samuel, Daud, Yusuf, Daniel, Salomo, Yohanes Pembaptis hingga Yesus. 

Sebagai orangtua, papa mama percaya gak jika anak-anak Anda juga dipilih oleh Tuhan untuk melakukan hal besar dalam hidupnya?

Jika Anda ingin anak-anak Anda menjadi pilihan Tuhan, maka Tuhan memberi Anda peran untuk membawa anak sampai pada tujuannya.

Jika anak-anak Anda sudah mulai menunjukkan ketertarikan menjadi atlet, artis, musisi atau koki untuk tujuan obsesi tenar, kaya dan menikmati pujian, kemungkinan anak belum memahami tujuan dari hidupnya. Karena itu papa mama perlu membantu anak untuk mengarahkan semua ketertarikan anak kepada Tuhan.

1. Ajarkan Anak Untuk Fokus Sama Tuhan

Matius 6 mengajarkan kita untuk mencari dahulu Kerajaan Allah. Hal ini secara langsung sejalan dengan perintah pertama untuk tidak menjadikan kemampuan atau pengalaman yang hebat dalam hidup sebagai berhala atau idola.

Papa mama harus mengajarkan anak-anak Anda bahwa semua bakat, kemampuan dan prestasi yang diraih anak adalah dari Tuhan. 

Saat anak memahami hal ini, maka semua bakat yang dimiliki anak akan dipakai dan dipersembahkan kepada Tuhan. Saat itu pula anak menemukan panggilan dalam hidupnya.

 

Baca Juga: Kenapa Papa Mama Perlu Mendeteksi Bakat Anak Sejak Dini? Ini Lho Pentingnya…

 

2. Arahkan Anak Untuk Melakukan Apapun Dalam Hidupnya Sebagai Rasa Hormat Kepada Tuhan

Gak bisa dipungkiri kalau ada banyak anak yang salah jalan, dimana mereka menjadikan bidang yang mereka tekuni sebagai cara untuk berkompetisi, mencari prestasi untuk diri sendiri dan menjadikan dirinya sebagai idola.

Supaya anak tidak terjebak dalam obsesi ini, papa mama perlu mengarahkan anak untuk melakukan semua yang mereka lakukan dalam hidup untuk menghormati Tuhan (Kolose 3: 23) dan tidak hanya fokus untuk dirinya sendiri.

Bakat anak perlu diarahkan untuk membangun gereja (1 Korintus 4). Tuhan seringnya memanggil seseorang lewat bakat yang dibawa anak sejak lahir. Karena itu, papa mama perlu mendukung anak untuk mengembangkan bakat tersebut menjadi lebih baik. 

3. Coba Hal-hal Baru Dengan Anak

Mengarahkan anak untuk menemukan panggilan hidupnya berarti papa mama juga perlu membagikan ketertarikan pribadi kepada anak. Dan akan jauh lebih baik jika papa mama dan anak sama-sama mencoba hal-hal baru yang disukai masing-masing. 

Hal ini akan sangat membantu anak untuk menemukan sisi terbaik dari diri mereka dan terus menggalinya. 

 

Baca Juga: Dukung Bakat Anak Mulai Dari Gereja, Guru Sekolah Minggu Perlu Lakukan 6 Hal Ini Yuk…

 

4. Tetapkan Batasan

Saat mulai mencoba hal-hal baru, ingatlah untuk menetapkan batasan. Adalah baik bagi papa mama untuk menetapkan batasan kepada anak tentang berapa banyak uang, waktu, energi dan keperluan lain yang dibutuhkan untuk melakukan apa yang mereka suka. 

Karena dengan itu anak menetapkan jangka waktu berapa lama dia harus ahli dalam satu bidang dan kapan dia bisa siap untuk tampil dan memakai apa yang dia punya untuk memberkati banyak orang.

Bagaimanapun, semua orang secara khusus anak-anak perlu memahami bahwa dunia dan semua isinya adalah milik Tuhan (Mazmur 24: 1). Saat anak tahu bahwa apa yang dia punya adalah pemberian Tuhan, maka dia akan sangat berhati-hati untuk menggunakan bakat yang dia punya untuk memenuhi obsesi pribadinya. 

Di zaman ini ada begitu banyak kesempatan luas bagi anak untuk menjadi apa yang mereka inginkan. Sosial media, Youtube, ajang pencarian bakat dan sebagainya, semua menawarkan kemudahan bagi anak untuk menjadi bintang. Karena itu, papa mama perlu mengarahkan anak untuk memakai semua yang dipercayakan di dalam hidupnya untuk menyenangkan hati Tuhan.

Nah, di bulan ini CBN sedang mengadakan kompetisi pencarian bakat Church Talent Festival, papa mama bisa memakai kesempatan ini untuk mengarahkan anak untuk memakai bakatnya di dalam pelayanan gereja. 

Jadi yuk buruan daftarkan anak Anda dengan klik link di bawah ya.

 

DAFTAR

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami