Dari 12 Murid Yesus, Kamu Lebih Mirip Siapa Sih? Yuk Periksa di Sini…

Dari 12 Murid Yesus, Kamu Lebih Mirip Siapa Sih? Yuk Periksa di Sini…

Lori Official Writer
2414

Di akhir pelayananNya, Yesus memilih 12 murid untuk diajar dan dipersiapkan membangun gerejaNya di dunia setelah naik ke surga.

Dari sekian banyak orang, Yesus memilih diantaranya Simon Petrus, Andreas, Yakobus (anak Zebedeus), Yohanes, Filipus, Bartolomeus, Tomas, Matius, Yakobus (anak Alfeus), Tadeus, Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot (Matius 10: 1-4; Lukas 6: 12-16).

Yuk lebih dekat mengenal latar belakang dan karater masing-masing murid Yesus dan cari tahu kamu lebih mirip siapa.

1. Petrus

Simon Petrus, anak Yusuf adalah seorang nelayan yang tinggal di Betsaida dan Kapernaum. Dia melakukan pekerjaan penginjilan dan misionaris di antara orang-orang Yahudi sampai ke Babel.

Dia adalah anggita Lingkaran Dalam dan menulis dua surat Perjanjian Baru. 

Petrus punya nama lain. Di zaman Yesus, namanya disebut Simon dalam bahasa Yunani (Markus 1: 16; Yohanes 1: 40-41) dan Kefas dalam Bahasa Ibrani (1 Korintus 1: 12; 3: 22; 9: 5 dan Galatia 2: 9). Kedua nama ini memiliki arti yang sama yaitu batu.

Petrus adalah seorang nelayan dan sudah menikah (1 Korintus 9: 5). Secara karakter, Petrus yang merupakan orang Galilea dianggap memiliki karakter yang unik seperti menyukai inovasi, berani memulai kegerakan, cepat marah dan suka bertengkar. Tapi di sisi lain, orang Galilea juga dikenal dengan sikapnya yang sopan dan setia.

Dari semua murid, Petrus adalah murid yang dekat dengan Yesus. Bahkan dia adalah pemimpin setelah Yesus terangkat ke surge. Dia menonjol sebagai juru bicara dan suka berdiskusi. 

Di akhir hidupnya, Petrus mati disalibkan dengan kepala di bawah karena dia merasa tidak pantas mati karena Yesus. Simbol apostoliknya adalah salib terbalik dengan kunci yang disilangkan.

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus dan Kematian Mereka, Rasul Petrus

 

2. Yakobus

Yakobus, anak Zebedeus adalah saudara dari Yohanes, seorang nelayan yang tinggal di Betsaida, Kapernaum dan Yerusalem.

Perjanjian Baru sangat sedikit mencatat tentang Yakobus. Tapi kedekatannya dengan Yohanes tidak terpisahkan (Markus 1: 19-20; Matius 4: 21; Lukas 5: 1-11).

Dia adalah seorang pria pemberani dan pemaaf, seorang pria yang tidak pernah cemburu karena hidup dalam bayang-bayang ketenaran Yohanes. Dia adalah murid pertama dari 12 orang lainnya yang mati martir. Simbolnya adalah tiga cangkang, tanda ziarahnya di laut.

3. Yohanes 

Yohanes, anak Zebedeus dikenal sebagai murid yang terkasih. Dia bekerja sebagai nelayan di Betsaida, Kapernaum dan Yerusalem. 

Dia adalah penulis kitab Yohanes, 1, 2 dan 3 Yohanes serta Wahyu.

Dia berkhotbah bagi gereja-gereja di Asia kecil, diasingkan ke Pulau Patmos, dibebaskan dan meninggal secara wajar. 

Yohanes adalah salah satu rasul yang terkemuka. Namanya banyak disebut di Perjanjian Baru. Dia adalah seorang pria yang mengutamakan tindakan, ambisius dan temperamen (meledak-ledak) dan memiliki hati yang tidak toleran. 

Nama keduanya adalah Boanerges yang berarti anak guruh. Dia dikenal sebagai saudara Yakobus dan di masa itu, mereka adalah murid yang lebih kaya daripada 12 rasul lainnya. 

Di akhir-akhir hidupnya, Yohanes mulai berubah. Dia tidak lagi ambisius dan temperamen. Tetapi benar-benar rendah hati dan hanya melakukan apa yang Tuhan kehendak.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1234Tampilkan Semua

Ikuti Kami