Buat Pernikahan Anda Bahagia dengan Menghidupi 10 Prinsip Alkitabiah Ini

Relationship / 10 June 2022

Buat Pernikahan Anda Bahagia dengan Menghidupi 10 Prinsip Alkitabiah Ini

Claudia Jessica Official Writer
2216

Pernikahan yang bahagia tentu menjadi impian semua pasangan suami istri. Pada dasarnya, pernikahan adalah milik Allah. Hal ini dapat kita temukan ketika Allah memberkati dan mempersatukan Adam dan Hawa di taman Eden.  Maka dari itu, pernikahan yang bahagia harus dibawa kepada Allah.

Standar hidup pengikut Kristus tentunya berdasar pada Firman Tuhan. Firman Tuhan membawa kita kepada pernikahan dan kehidupan yang bahagia. Mari kita lihat 10 prinsip Alkitab untuk membawa pernikahan yang bahagia.

 

1. Jangan mengungkit kesalahan di masa lalu

Lukas 6:37 - Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.

Hukum tabur tuai juga berlaku dalam hal pengampunan.

 

2. Abaikan seluruh dunia, dan pedulilah satu sama lain

Markus 8:36Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia, tetapi ia kehilangan nyawanya.

Anda harus bisa membuat daftar prioritas dengan benar. Ada begitu banyak orang yang sukses secara finansial, namun mereka mengorbankan keluarganya dan mendatangkan kehancuran keluarga. Berusahalah untuk menjaga keluarga Anda.

 

3. Segera selesaikan perselisihan yang ada

Efesus 4:26 - Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu.

Salah satu selebriti yang mengalami perceraian mengatakan bahwa penyebab perpisahan mereka ialah perselisihan yang dibiarkan menumpuk dan tidak pernah terselesaikan hingga akhirnya terlupakan. Namun permasalahan yang tidak diselesaikan dengan baik, dan justru malah terlupakan adalah salah sumber pertikaian lainnya di masa depan. Oleh karena itu, jangan biarkan permasalahan kalian berlarut-larut bahkan hingga merusak hubungan.

 

 

BACA JUGA: Ayat Alkitab tentang Pernikahan, Yuk Suami Istri Renungkan Bersama

 

4. Pujilah pasangan Anda sesekali

Amsal 15:4 - Lidah lembut adalah pohon kehidupan, tetapi lidah curang melukai hati.

Pujian menjadi bumbu pernikahan yang bahagia. Tentu semua orang menyukai pujian. Anda bisa mengatakan terimakasih kepada istri Anda yang telah bekerja keras mengurus anak-anak dan seisi rumah. Atau Anda bisa mengatakan terimakasih kepada suami Anda karena telah bekerja keras memenuhi kebutuhan keluarga kalian. Pujian akan membuat orang lain merasa lebih dihargai, termasuk pasangan Anda.

 

 5. Jangan pernah bertemu tanpa kasih sayang

Kidung Agung 1:2 Kiranya ia mencium aku dengan kecupan! Karena cintamu lebih nikmat dari pada anggur.

Kasih sayang tidak selalu ditunjukkan melalui kata-kata. Anda bisa menunjukkan kasih sayang Anda melalui tindakan seperti memeluk, atau mencium pasangan Anda. Anda juga bisa menunjukkan kasih sayang Anda dengan melakukan quality time Bersama pasangan.

 

 

6. Bersukacita dalam keadaan kaya ataupun miskin karena Tuhan telah menyatukan Anda dan pasangan

Amsal 15:17 - Lebih baik sepiring sayur dengan kasih dari pada lembu tambun dengan kebencian.

Tuhan tidak akan pernah diam ketika Anda menghadapi pencobaan, termasuk dalam kehidupan pernikahan Anda. Namun, jika keadaan buruk menimpa Anda dan pasangan, bertahanlah karena apapun masalahnya, Tuhan akan campur tangan.

 

7. Jika harus memilih antara keinginan Anda atau pilihan yang baik dari pasangan Anda, pilihlah pendapat pasangan Anda

Amsal 3:27 Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya.

Ada kemenangan dari suatu tindakan mengalah. Ada tuaian setelah anda selesai menabur, tunggulah waktunya dan selalulah menabur hal baik.

 

8. Pasangan mungkin menyakiti Anda, belajarlah untuk mengampuni

Lukas 17:3,4 - Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia. Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia.

Kita tahu bahwa Tuhan adalah Maha Pengampun dan kita harus hidup serupa dengan Dia. Selain itu, Tuhan juga tidak mengindahkan perceraian apapun masalahnya.

Mengampuni seseorang yang telah menyakiti kita tidak mudah, namun ketika Anda telah membuat keputusan untuk mengampuni, Tuhan akan memberikan kasih karunia-Nya dan memampukan Anda untuk mengampuni.

 

9. Jangan gunakan Firman Tuhan, Iman, bahkan nama Tuhan sebagai alat penghancur

Yohanes 3:17 - Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya oleh Dia.

Jangan pernah mengatasnamakan Tuhan untuk menghancurkan hidup atau untuk melawan pasangan Anda. Firman Tuhan ada untuk membimbing hidup kita dalam kebenaran.

 

10. Jadikan kasih sebagai pedoman

1 Korintus 13:4,5 - Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain.

Kasih adalah landasan dari segala kebaikan.

Sumber : CBN
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami