Ini yang Perlu Diketahui Soal Tema, Logo dan Acara HUT RI ke-76

Ini yang Perlu Diketahui Soal Tema, Logo dan Acara HUT RI ke-76

Lori Official Writer
2498

Tinggal seminggu lagi Indonesia akan merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan yang ke-76. Terkait peringatan penyambutan hari besar ini, Sekretariat Negara (Setneg) mengeluarkan pengumuman berisi pedoman yang harus diperhatikan oleh seluruh masyarakat, mulai dari tema, logo hingga acara perayaan.

Berikut hal-hal yang perlu diketahui:

Tema

Tahun ini tema yang diusung di peringatan HUT RI ke-76 adalah ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’. 

Tema ini mendeskripsikan semangat bangsa yang pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan yang dihadapi, khususnya dalam dua tahun belakangan menyusul pandemi Covid-19, bencana alam dan persoalan-persoalan lainnya, demi mencapai masa depan yang lebih baik.

 

Baca Juga: Cetak Sejarah! Ganda Putri Indonesia, Greysia/Apriyani Raih Emas!

 

Filosofi Logo

Logo HUT RI ke-76 ini diseleraskan dengan tema yang diangkat, dimana angka 76 digambarkan dalam komposisi yang dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh dan mengandung energy yang lincah.

Logo ini sendiri dibuat dalam dua bentuk berbeda dimana masing-masing dibuat dalam dua jenis kombinasi warna yang berbeda.

Sementara berdasarkan filosofinya, setiap bentuk angka dan huruf memiliki makna khusus, diantaranya:

- Stabilitas

Bentuk angka ‘7’ memiliki arti bagian dari tiang pancang infrastruktur yang sedang dikerjakan oleh pemerintah sebagai upaya untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia.

- Gerak dan Pertumbuhan

Bentuk angka ‘6’ memiliki arti sebagai ‘orang dan roda yang sedang bergerak’ terus maju ke depan sebagai perwujudan harapan dari pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

- Ruang Kebersamaan

Di dalam logo terdapat ruang kosong diantara angka ‘7’. Ruang ini melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

- Persatuan dan Harapan

Sementara lingkaran dibagian angka ‘6’ melambangkan bentuk sempurna yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. 

Bentuk lingkaran ini juga bisa jadi gambaran dari persatuan Indonesia.

 

Sementara Setneg juga sudah melengkapi logo ‘Bangga Buatan Indonesia’ khusus dipakai untuk instansi tertentu. Logo ini sendiri dibuat dalam bentuk ‘love’ dengan kombinasi warna merah putih dan dua tangan mengacungkan jempol. 

Logo ini digunakan untuk menunjukkan kecintaan terhadap produk lokal Indonesia. Juga menggambarkan perasaan bangga terhadap produk local Indonesia, sekaligus menunjukkan kesatuan sebagai satu Indonesia. 

 

Bagi Anda yang ingin mendesain logo untuk keperluan instansi tertentu bisa akses di sini.

 

Baca Juga: Isak Tangis Komentator di Detik Gresya-Apri Menang, ‘Bagi Tuhan Tak Ada yang Tak Mungkin'

 

Acara Peringatan HUT RI KE-76

Seperti diterbitkan oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), pemerintah mengajak semua warga negara mulai serempak mengibarkan bendera Merah Putih di lingkungan masing-masing mulai 1-31 Agustus 2021.

Setiap lingkungan juga diharapkan untuk memasang dekorasi, umbul-umbul, poster, spanduk, baliho dan hiasan lainnya. 

Namun berhubung karena masih dalam suasana pandemic Covid-19, pemerintah mmenghimbau untuk tidak melakukan kegiatan apapun dan hanya merayakan peringatan HUT RI secara daring, baik yang diselenggarakan oleh instansi tertentu, lingkungan tempat tinggal maupun pemerintah.

Sama halnya seperti tahun lalu, pemerintah juga membuka pendaftaran untuk mengikuti peringatan HUT RI ke-76 secara online lewat aplikasi Zoom. Untuk informasi selengkapnya bisa ditemukan di sosial media Setneg.

Bagi yang mendaftar untuk mengikuti upacara peringatan HUT RI ke-76, akan disuguhi dengan berbagai hiburan dan juga perlombaan online berhadiah.

Sementara ini, persiapan menyambut peringatan HUT RI tahun ini terus berlangsung. 

Mari berdoa supaya di tengah masa-masa sulit ini, semua warga negara Indonesia tetap memiliki semangat yang sama untuk mengenang kembali perjalanan bangsa hingga sampai saat ini. Mari panjatkan harapan terbaik bagi bangsa ini.

Sumber : Setneg.go.id | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami