Memahami Jalan Berkat yang Tak Terduga Dari Tuhan

Memahami Jalan Berkat yang Tak Terduga Dari Tuhan

Lori Official Writer
1710

Yang namanya berkat Tuhan sering datang tanpa diundang. Yang jelas apa yang belum pernah kita lihat, dengar atau pikirkan ternyata sudah disediakan oleh Allah bagi yang dikasihinya. Tuhan punya banyak cara untuk memberkati Anda. Yang namanya berkat atau rejeki dari sorga biasanya tidak pernah salah alamat dan datang pada waktu yang tepat.

 

BERKAT DATANG WAKTU TIDUR

“Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah – sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur.’’ (Mazmur 127:2)

Percayakah Anda bahwa Allah bisa mengirim berkat saat Anda sedang tidur pulas. Bangun pagi buka pintu sudah ada satu kantong sembako di depan pintu. Umat Israel penasaran, waktu bangun pagi melihat embun mengering berubah menjadi roti berwarna putih. Mereka tidak pernah menyangka bahwa Allah telah mengirimkan Manna untuk sarapan tiap hari selama bertahun tahun.

 

Baca Juga: Jadilah Pahlawan Iman Bagi Indonesia, Taburlah Doamu

 

BERKAT LEWAT KETAATAN

Janda dengan satu anak yang tinggal di desa Sarfat itu pernal menolak permintssn nabi Elia dengan alasan yang sangat masuk akal.

“Demi TUHAN, Allahmu, yang hidup, sesungguhnya tidak ada roti padaku sedikit pun, kecuali segenggam tepung dalam tempayan dan sedikit minyak dalam buli-buli. Dan sekarang aku sedang mengumpulkan dua tiga potong kayu api, kemudian aku mau pulang dan mengolahnya bagiku dan bagi anakku, dan setelah kami memakannya, maka kami akan mati.” (I Raja 17:12)

Singkat cerita, Janda itu akhirnya berani mengorbankan roti dan airnya untuk makan siang sang nabi. Hasilanya luar biasa. Berkat Allah mengalir tiada habisnya sampai mereka melewati musim kemarau. Tuhan memberkati ibu yang kelaparan. Berkat ketaatan menjalankan perintah Tuhan lewat nabi mereka berdua bisa bertahan hidup melalui masa kemarau panjang.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

BERKAT LEWAT MUSUH

Ini benar-benar menakjubkan. Kisah empat orang kusta yang sedang menunggu kematian karena kelaparan, benar benar menginspirasi saya. Dalam wacana tidak pernah menyebut nama Allah. Tidak ada doa sfaat atau teriak minta tolong. Namun ternyata Tuhan telah menyiapkan ‘pesta’ khusus buat keempat orang tersebut. Bukan hanya itu mereka dapat bonus emas, perak dan kain yang mahal.

“Ketika orang-orang yang sakit kusta itu sampai ke pinggir tempat perkemahan, masuklah mereka ke dalam sebuah kemah, lalu makan dan minum. Sesudah itu mereka mengangkut dari sana emas dan perak dan pakaian, kemudian pergilah mereka menyembunyikannya. Lalu datanglah mereka kembali, masuk ke dalam kemah yang lain dan mengangkut juga barang-barang dari sana, kemudian pergilah mereka menyembunyikannya.”

 

BERKAT LEWAT BINATANG HARAM

Nabi Elia tidak pernah menyangka jika Tuhan akan memberkati dia melalui ‘binatang haram’ yang namanya Gagak. Bisa dibayangkan betapa bingung sang nabi waktu mendengar bahwa Allah akan mengirim roti dan daging lewat burung gagak bukan lewat GoFood. Masakah Tuhan memakai binatang ‘haram’ untuk memelihara seorang nabi yang sedang retreat sendirian di tepi sungai Kerit? Sekali lagi kita dibuat tertegun, bahwa Allah bisa memberkati kita melalui cara yang tidak masuk di akal atau dalam keyakinan kita.

”Pergilah dari sini, berjalanlah ke timur dan bersembunyilah di tepi sungai Kerit di sebelah timur sungai Yordan. Engkau dapat minum dari sungai itu, dan burung-burung gagak telah Kuperintahkan untuk memberi makan engkau di sana.” Lalu ia pergi dan ia melakukan seperti firman TUHAN; ia pergi dan diam di tepi sungai Kerit di sebelah timur sungai Yordan. Pada waktu pagi dan petang burung-burung gagak membawa roti dan daging kepadanya, dan ia minum dari sungai itu. (I Raja 17:3-6)

 

Baca Juga: Kasih Mula-mula Hadir dari Satu Orang yang Mau Berlutut dan Berdoa

 

BERKAT PADANG GURUN

Apa yang bisa dimakan saat berada di padang gurun? Bisakah anda melihat tanaman sayuran atau buah buahan di atas tanah gersang. Jangan kaget jika sebagian umat Israel mulai bersungut, ngambek bahkan marah kepada Tuhan dan hamba Tuhan. Meski Tuhan marah terhadap persungutan mereka, tetapi Allah tetap memelihara mereka sampai masuk Tanah Perjanjian.

“Aku telah mendengar sungut-sungut orang Israel; katakanlah kepada mereka: Pada waktu senja kamu akan makan daging dan pada waktu pagi kamu akan kenyang makan roti; maka kamu akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN, Allahmu.” (Keluaran 16:11-15)

Jangan pernah kuatir akan hidup Anda, asalkan Anda taat, bekerja keras dan selalu berharap kepada Tuhan maka Ia akan bertindak memelihara hidup Anda. Tuhan itu setia, dulu, sekarang dan selama-lamanya.

 

Artikel ini ditulis oleh Paulus Wiratno, kunjungi https://pauluswiratno.com/

 

Sumber : Paulus Wiratno
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami