Arkeolog Israel Temukan Bukti Gempa yang Ditulis Dalam Kitab Amos dan Zakharia

Arkeolog Israel Temukan Bukti Gempa yang Ditulis Dalam Kitab Amos dan Zakharia

Claudia Jessica Official Writer
903

Kitab Amos dan Zakharia menyebut gempa bumi besar mengguncang Israel “pada zaman Uzia, raja Yehuda.”

Sekitar 2.800 tahun kemudian, para peneliti Israel percaya bahwa mereka akhirnya berhasil mengidentifikasi sisa-sisa kehancuran akibat gempa di Yerusalem, ibu kota kuno Yehuda.

Arkeolog dari Israel Antiquities Authority baru-baru ini menemukan lapisan kehancuran di Kota Daud. Mereka menemukan kapal pecah, lampu, peralatan masak, mangkuk, dan wadah penyimpanan yang rusak Ketika dindin bangunan kuno runtuh.

Kapal penyimpanan setelah restorasi- Foto: Ortal Chalaf The Israel Antiquities Authority. Obat: Joseph Bocangolz

Mereka percaya barang-barang ini berasal dari abad ke-8 SM, dan mungkin hancur akibat gempa karena tidak ada bukti kebakaran ataupun peristiwa lain yang mungkin disengaja dan dapat menjelaskan mengapa struktur runtuh dan kapal menjadi hancur.

“Kami bertanya pada diri sendiri tentang apa yang menyebabkan lapisan yang hancur dramatis yang kami temukan,” kata direktur penggalian, Dr. Joe Uziel dan Ortal Chalaf.

BACA JUGA: Gulungan Kitab dan Mumi Ditemukan di Laut Mati, Yudea Dalam Operasi Arkeologi Menantang

“Meneliti temuan penggalian, kami mencoba untuk memeriksa apakah ada referensi untuk (menjelaskan) apa yang terjadi dalam teks Alkitab. Menariknya, gempa yang dicatat dalam kitab Amos dan kitab Zakharia, terjadi pada saat bangunan yang kami gali di Kota Daud runtuh. Kombinasi antara temuan di lapangan dan yang tertulis di Alkitab membawa kita pada kesimpulan bahwa gempa bumi yang melanda Tanah Israel pada masa pemerintahan Uzia raja Yehuda, juga melanda ibu kota kerajaan, Yerusalem.”

Dr Joe Uziel dan Ortal Chalaf dari Israel Antiquities Authority. Kredit Foto: Yani Berman, Otoritas Barang Antik Israel

Bukti gempa sebelumnya telah ditemukan di situs lain di Israel.

“Gempa bumi yang terjadi pada pertengahan abad ke-8 SM mungkin merupakan salah satu gempa bumi terkuat dan paling merusak di zaman kuno. Bukti kejadiannya telah ditemukan di masa lalu dalam penggalian yang dilakukan di berbagai situs di seluruh Israel, seperti Hazor, Gezer, Tel Agol, dan Tell es-Safi/Gath,” jelas para peneliti.

Para arkeolog percaya penemuan di Kota Daud ini merupakan gempa yang disebutkan dalam Alkitab ini pasti juga melanda Yerusalem.

Temuan arkeologis akan dipresentasikan pada konferensi "City of David Research" bulan depan.

BACA JUGA: Arkeolog Temukan Koin Tertua di Zaman Herodes, Ini Dia Buktinya…

 

Sumber : CBN
Halaman :
1

Ikuti Kami