Sadar Gak Sih, 3 Kebiasaan Saat WFH Ini Bikin Berat Badan Naik

Sadar Gak Sih, 3 Kebiasaan Saat WFH Ini Bikin Berat Badan Naik

Claudia Jessica Official Writer
335

Banyak banget dampak yang harus kita rasakan di tengah pandemi Covid-19, salah satunya perubahan aktivitas sehari-hari yang diiringi dengan bertambahnya berat badan.

Biasanya, kita cenderung lebih banyak bergerak Ketika melakukan aktivitas normal. Misalnya berjalan dari parkiran menuju ke gedung kantor, berjalan untuk mengambil air atau sekedar ke toilet. Sedangkan selama WFH kita cenderung lebih banyak duduk dan diam lalu tiba-tiba timbangan naik tidak karuan.

Nah, supaya karantina ini nggak hanya mengurangi penyebaran Covid-19 aja, coba deh hindari 3 kebiasaan ini supaya berat badanmu nggak semakin naik serta tubuh tetap terasa sehat dan bugar!

1. Kurang tidur

Kondisi pandemi yang tidak memiliki kepastian kapan hal ini akan berakhir membuat beberapa orang merasa stres. Namun selain itu, stres juga dapat disebabkan karena masalah kesehatan, ataupun masalah keuangan.

Keadaan ini dapat berimbas pada pola makan seseorang yang lebih banyak dari biasanya dan memicu kenaikan berat badan.

2. Jarang olahraga

Stay at home kerap kali membuat kita merasa tidak ada yang bisa dilakukan. Padahal, ada begitu banyak olahraga yang bisa kita lakukan di rumah untuk mengurangi stres lho. Misalnya senam, skipping, push up, jalan-jalan, naik turun tangga, dan lain-lain.

Selain membantu menjaga berat badan, olahraga dapat membuat Anda merasa lebih sehat dan bugar lho. Anda bisa coba olahraga di rumah mulai dengan 15 menit sehari.

3. Gaya hidup sendentari

Gaya hidup sedentari adalah kondisi dimana seseorang tidak aktif melakukan kegiatan fisik. Terutama saat PPKM sedang berlangsung seperti sekarang ini membuat kita tidak bisa melakukan banyak kegiatan di luar, membuat kita jadi lebih banyak diam di rumah tanpa melakukan apapun. Tidur, makan, main ponsel, dan rebahan menjadi kegiatan banyak orang pada hari-hari ini.

Akibatnya, kebosanan seringkali melanda setiap orang lantara gaya hidup sedentari seperti ini. Lalu, berakhir dengan “sedikit-sedikit” makan dan berat badan pun bertambah.

Tidak ada yang salah dengan makan banyak. Namun jika mengonsumsi makanan secara berlebihan tidak hanya membuat berat bertambah. Makan berlebih juga dapat kita menjadi lebih lambat, atau mudah lelah, diabetes jika terlalu banyak mengonsumsi gula, gangguan pencernaan dan lain-lain.

Jika kamu tidak ingin mengalami hal-hal tersebut, cobalah untuk melakukan aktivitas lain yang dapat membuat tubuh Anda jadi lebih sehat.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami