Sulit Putuskan Pilihan, Minta Tuntunan Tuhan Dengan Cara Ini

Sulit Putuskan Pilihan, Minta Tuntunan Tuhan Dengan Cara Ini

Lori Official Writer
490

Waktu kita mencari Tuhan, yang perlu kita lakukan adalah memeriksa dimana kita berada. Apa yang kita rasakan? Apa keinginan kita? Sudah pasti dimana kita berada akan mempengaruhi kemampuan kita untuk mendengar Tuhan. 

Kita perlu berhenti dan bertanya tentang keinginan kita. Barangkali Tuhan tidak setuju dengan hal itu. Karena seringnya keinginan Tuhan bertentangan dengan apa yang kita inginkan. Bahkan Tuhan bisa saja menyampaikan jawaban yang sangat bertentangan dengan apa yang kita minta.

Jujur saja, kadang kita mungkin ingin tahu masa depan yang bagaimana yang terbaik buat kita. Lalu kita mulai mencari tahu dengan semua kemampuan kita. Kita mencoba menguak semua rencana Tuhan. Tapi sayangnya, Tuhan berkata, “…rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.” (Yesaya 55: 8)

Tuhan lebih tahu apa yang ada di depan kita. Tuhan tahu apa yang kita perlukan. Karena itulah kita hanya perlu bertanya kepada Dia. Lewat doa dan merenungkan firman-Nya.

Bahkan di saat Anda berada dalam pilihan yang sulit, Tuhan peduli dengan Anda. Dia mau Anda mengambil keputusan yang tepat dan mau menunjukkan pilihan tepat tersebut untuk Anda. Dia dengan senang hati akan menuntun Anda.

Lalu bagaimana cara Tuhan menuntun kita? 

Pertama, Dia membimbing kita lewat firman-Nya – Alkitab. Di dalamnya, Dia memberi kita prinsip-prinsip hidup yang sangat lengkap. Banyak pertanyaan-pertanyaan tentang hidup yang bisa kita temukan jawabannya di sana. 

Karena itulah Anda perlu menjadikan Alkitab sebagai bagian dari hidup Anda setiap hari. Bagian terbaik untuk memulai adalah kitab Amsal, yang memberi kita kebijaksanaan yang sangat praktis dalam hidup kita sehari-hari. 

“Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.” (Mazmur 119: 105)

Kedua, Tuhan bisa membimbing kita lewat mentor rohani atau orang yang bertumbuh secara rohani. Apakah Anda punya seorang mentor rohani atau komunitas orang percaya? Alkitab berkata, “Dengarkanlah nasihat dan terimalah didikan, supaya engkau menjadi bijak di masa depan.” (Amsal 19: 20) 

Waktu kita berdoa dan meminta tuntunan-Nya, Dia akan mengirim Roh Kudus-Nya. Sering kali kita menemukan bahwa Roh Kudus bekerja melalui keadaan kita, membuka dan menutup pintu untuk menunjukkan jalan kepada kita.

Dia juga bekerja dalam hati dan pikiran kita, menunjukkan kepada kita jalan yang benar. 

“dan telingamu akan mendengar perkataan ini dari belakangmu: "Inilah jalan, berjalanlah mengikutinya," entah kamu menganan atau mengiri.” (Yesaya 30: 31)

Percayalah bahwa ketika Anda berada dalam pilihan yang sulit atau ketika Anda menginginkan sesuatu, Tuhan bisa menuntun Anda untuk mendapatkannya asal Anda percaya. 

“Dan apa saja yang kamu minta dalam doa dengan penuh kepercayaan, kamu akan menerimanya.” (Matius 21: 22)

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami