3 Kisah Pengampunan Ekstrem di Alkitab Perjanjian Lama

3 Kisah Pengampunan Ekstrem di Alkitab Perjanjian Lama

Claudia Jessica Official Writer
5976

2. Esau dan Yakub

Esau adalah adalah anak Ishak yang yang memiliki saudara kembar bernama Yakub. Esau memiliki bulu di seluruh tubuhnya seperti jubah berbulu. Esau juga seorang yang pandai berburu dan suka tinggal di padang. Sedangkan Yakub adalah seorang yang tenang dan suka tinggal di kemah.

Ishak menyayangi Esau karena ia menyukai makan daging buruan, sedangkan Ribka, istri Ishak mengasihi Yakub. Ketika Ishak sudah tua, ia tidak dapat melihat lagi dan meminta Esau memburu binatang baginya sebelum mati dan Ishak akan memberkati Esau. Setelah itu, Esau pergi ke padang untuk berburu

Tetapi, Ribka mendengarkan percakapan Ishak dan Esau sehingga ia memberitahukannya kepada Yakub dan menyuruhnya untuk mengambil dua ekor domba dari tempatnya. Kemudian Ribka memasaknya sesuai dengan kesukaan Ishak dan Yakub akan mengantar daging itu serta diberkati oleh Ishak.

Dengan berbagai cara untuk menyerupai Esau, Yakub menyediakan makanan itu kepada Ishak dan diberkatinyalah Yakub oleh Ishak untuk menjadi tuan atas Esau, serta membekalinya dengan gandum dan anggur.

Kemudian, setelah Yakub selesai dengan Ishak datanglah Esau untuk mempersembahkan hasil buruannya kepada Ishak. Mengetahui berkatnya direbut oleh Yakub, Esau menjadi marah dan berniat untuk membunuh Yakub.

Ribka yang mendengar hal tersebut pun menyuruh Yakub untuk pergi dan melarikan diri (Kej. 27).


Baca juga: 4 Tokoh Alkitab yang Paling Taat Sama Tuhan, Belajar dari Mereka Yuk!


Sekitar 20 tahun kemudian, Allah menyuruh Yakub untuk kembali ke rumah ayahnya di Kanaan. Karena takut bertemu Esau yang mungkin masih memiliki dendam kepadanya dan akan membunuhnya, Yakub berdoa kepada Tuhan.

Yakub bertemu dengan Esau dan bersujud ke tanah tujuh kali sampai dekat kepada Esau. Tetapi Esau berlari, mendekap Yakub dan memeluknya serta menciumnya lalu mereka menangis.

 

Esau tidak lagi marah kepada Yakub, ia memilih untuk mengampuni saudara kembarnya yang telah merebut hak kesulungan dan berkatn yang peruntukan baginya.

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami