Kehabisan Tabung Oksigen, Lakukan Teknik Proning Buat Tolong Pasien Covid yang Sesak Napas

Kehabisan Tabung Oksigen, Lakukan Teknik Proning Buat Tolong Pasien Covid yang Sesak Napas

Lori Official Writer
2120

Di tengah lonjakan kasus covid-19, ada banyak pasien yang memilih menjalani isolasi mandiri (isoman). 

Sayangnya, tak sedikit dari mereka yang rupanya mengalami kadar saturasi oksigen di bawah 95% atau dengan kata lain mengalami sesak napas. Sehingga membutuhkan alat bantu oksigen dari rumah sakit.

Namun kondisi di lapangan berkata lain. Ada banyak pasien yang mengalami kondisi ini justru tidak kebagian tabung oksigen untuk mengatasi kondisi tersebut. 

Tapi belakangan ini, muncul satu teknik baru yang berusaha dikembangkan oleh para tim medis untuk sebisa mungkin menolong nyawa pasien Covid-19 yang bergejala sesak napas. Teknik ini disebut dengan proning.

 

Apa itu Proning?

Proning adalah posisi tengkurap yang disetujui secara medis sebagai teknik pertolongan pertama pada pasien yang mengalami gangguan pernapasan.

Teknik ini sendiri berfungsi untuk meningkatkan kadar oksigen pada pasien yang mulai kesulitan bernapas.

Teknik proning telah terbukti membantu pasien dengan Gangguan Pernapasan Akut meningkatkan kembali kadar saturasi oksigen kembali normal jika alat bantu ventilator tidak memadai.

 

Baca Juga: Ini Panduan Cara Isolasi Mandiri Pasien OTG Hingga Sedang Dari Satgas Covid-19

 

Cara melakukan teknik proning

Langkah-langkah yang dilakukan dalam teknik proning pada pasien covid-19 adalah:

1. Membaring pasien dengan posisi tengkurap.

Gunakan bantal sebagai penyangga. Satu bantal di bagian bawah leher, satu di bawah perut dan satunya di pergelangan kedua kaki.

Lakukan posisi tengkurap selama minimal 30 menit dan maksimal 2 jam.

“Teknik ini membantu meningkatkan ventilasi ke paru-paru dan karena itu kadar oksigen akan mulai membaik,” kata dr. Surendra Gupta,seorang dokter asal Ludhiana.

2. Membaringkan pasien dengan posisi menyamping ke kiri atau kanan.

Sama seperti posisi tengkurap ke bawah, pasien juga bisa mengambil posisi menyamping dengan bantuan bantal. Satu di kepala, satu di bagian tengah perut dan apit satu bantak di antara paha bagian kaki kiri dan kanan.

Ganti posisi jika sudah mencapai durasi minimal 30 menit.

3. Buat pasien dalam posisi duduk.

Pasien yang mengalami sesak napas juga bisa melakukan teknik proning dengan posisi duduk. Gunakan dua atau tiga bantal sebagai peyangga di bagian belakang. Lakukan posisi ini selama 30 menit.

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

Sumber : Jawaban
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami