Obat Cacing Ivermectin Ampuh Lawan Covid-19? Tapi, Aman Gak Ya?

Obat Cacing Ivermectin Ampuh Lawan Covid-19? Tapi, Aman Gak Ya?

Claudia Jessica Official Writer
423

Beberapa hari terakhir ini, obat invermectin digadang-gadang ampuh dalam mengobati covid-19. Termasuk Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pujiastuti telah mengalaminya melalui beberapa karyawannya.

8 Orang karyawan Susi terpapar virus corona. 3 Orang diantaranya melakukan isolasi mandiri di tempat Susi dan 5 orang lainnya di rumah masing-masing.

Selama masa isolasi, Susi memberikan bantuan berupa obat-obatan dan multivitamin. Obat cacing Invermectin, termasuk salah satu obat yang Susi berikan kepada para karyawannya.

“Saya tidak meyakinkan karena saya juga bukan seorang dokter. Tapi, dalam keputusasaan dan kesulitan penuhnya RS dan lain-lain, saya pikir apa pun patut dicoba,” kata Susi Pudjiastuti sebagaimana dikutip dari kompas.com.

Namun sebelum memberikan obat tersebut, Susi telah membaca berbagai riset dan berita serta berkonsultasi kepada Menteri BUMN Erick Thohir terlebih dahulu.

“Di tengah kegalauan, akhirnya saya harus menghubungi Pak Erick Thohir atas beberapa riset dan artikel yang muncul. Saya mencoba memadukan (obat) sesuai anjuran dokter yang ada di Pangandaran untuk isolasi mandiri memakai Paracetamol, Ivermectin, dan beberapa multivitamin,” tuturnya.

Meski sempat ragu dan bimbang, Susi akhirnya bernapas lega karena karyawannya sudah dinyatakan negative Covid-19.

 

BACA JUGA: Resep Obat Covid-19 yang Beredar di Adalah HOAX! Simak Faktanya Disini!

“Dan alhamdulillah hari ketujuh semua sudah negatif. Kadang memang kita membuat satu keputusan yang akhirnya harus kita lakukan. Saya berharap ilmuwan, dokter, medical Indonesia, bisa segera menjadikan risetnya untuk memastikan apa yang dipakai untuk terapis Covid-19,” ucapnya Susi.

Saat ini, Badan Pengawas Obat Makanan (BPOM) menyetujui pelaksanaan uji klinis obat cacing Invermectin untuk obat Covid-19.

Kepala BPOM Penny K Lukito juga mengatakan persetujuan uji klinis Invermectin sebagai obat untuk Covid-19 telah ditetapkan berdasarkan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Ada juga guideline dari WHO, dikaitkan dengan Covid-19 treatment yang merekomendasikan Ivermectin dapat digunakan dalam kerangka uji klinik,” terang Penny saat siaran pers yang ditayangkan melalui YouTube BPOM, Senin (28/6/2021).

Berdasarkan dara epidemiologi dan publikasi global telah menunjukkan Invermectin berpotensi untuk digunakan sebagai penanggulangan Covid-19.

Penny menyatakan saat ini uji klinis terhadap Invermectin tengah dilakukan di 8 rumah sakit, yaitu S Persahabatan, RSPI Sulianti Saroso, RS Soedarso Pontianak, RS Adam Malik Medan, RSPAD Gatot Soebroto, RSAU Esnawan Antariksa, RS Suyoto, dan RSD Wisma Atlet.

Akan sangat baik apabila obat Covid-19 segera ditemukan sehingga setiap masyarakat yang terpapar dapat segera diobati. Mari kita mendukung usaha pemerintah dalam doa agar uji klinis dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

Jika Anda salah satu orang yang ingin mencoba obat Invermectin dalam mengatasi Covid-19, konsultasikan dulu kepada dokter ya. Karena setiap obat memiliki efek samping yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Selalu gunakan masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas ya!

BACA JUGA: Ini Panduan Cara Isolasi Mandiri Pasien OTG Hingga Sedang Dari Satgas Covid-19

Sumber : kompas.com
Halaman :
1

Ikuti Kami