Ini Pentingnya Gereja Dukung Vaksin Menurut Pusat Klinik Nasional Skotlandia

Ini Pentingnya Gereja Dukung Vaksin Menurut Pusat Klinik Nasional Skotlandia

Lori Official Writer
287

Gereja memiliki peran penting dalam mendorong orang-orang Kristen untuk mendapatkan vaksin dalam upaya pencegahan virus Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Profesor Jason Leitch, pemimpin klinis nasional Skotlandia dalam acarau Kuliah Beckley 2021 yang diselenggarakan oleh Tim Isu Publik Gabungan, kemitraan antara Persatuan Baptis Inggris Raya, Gereja Metodis dan Gereja Reformasi Bersatu.

Lewat kuliah yang diberi tajuk ‘Faith and Leadership in a Global Pandemic’ ini, Profesor Leitch menyinggung dampak berkelanjutan dari pandemi dan tantangan yang ditimbulkannya bagi banyak orang di Skotlandia.

“Kami menutup sekolah untuk pertama kalinya dalam sejarah. Kami menutup gedung layanan sipil untuk pertama kalinya dalam sejarah. Kami menutup hotel dan pub dan kami melakukannya karena kami tidak tahu harus berbuat apa lagi. Maret lalu tidak ada yang tahu apa yang harus dilakukan. Bahkan sekarang, sudah 15 bulan, virus baru, yang kita pelajari terus meningkat setiap harinya. Kita masih belum sepenuhnya yakin apa yang harus dilakukan,” terangnya.

 

Baca Juga: Masih Ragu Soal Vaksinasi? PGI Imbau Gereja Lakukan Ini…

 

Dia mengakui bahwa pandemi ini telah menimbulkan banyak penderitaan bagi setiap orang dan keluarga selama setahun belakangan. Bahkan pandemi menyebabkan dampak yang signifikan terhadap bisnis.

“Sulit untuk menjadi pemilik bisnis dan melihat tabungan Anda harus dihabiskan di restoran itu atau bar atau toko souvenir. Sejujurnya, sulit untuk berada di kasir supermarket atau meja layanan pelanggan saat orang meneriaki Anda karena tidak pakai masker,” lanjutnya.

Ada banyak orang yang mengeluh karena kehilangan bisnis mereka. Namun dia hanya bisa membantu dengan memberikan saran terbaik untuk keluar dari jurang kebangkrutan itu.

Sementara sekolah, gereja dan bisnis ditutup selama pandemi, Profesor Leitch memilih untuk tetap hadir di ibadah Gereja Baptis Airdrie untuk bisa membantu orang-orang yang memutuhkan makanan.

“Itu adalah satu-satunya hal yang berfungsi selama pandemi. Kami memindahkan semuanya secara online dan sekarang kami kembali ke layanan tatap muka pada Minggu pagi dengan jumlah orang yang terbatas,” katanya.

Karena itu, saat pemerintah Skotlandia baru-baru ini mengumumkan peluncuran vaksin dia berpikir untuk mendorong gereja-gereja ikut berpartisipasi mendukung kegiatan tersebut.

“Mereka harus ikut vaksin dan belajar tentang vaksin. Mereka harus mendorong orang-orang yang mereka layani untuk divaksinasi,” ungkapnya.

 

Baca Juga: Kok Orang Kristen Takut Sama Vaksinasi Covid-19?

 

Dia menegaskan bahwa, bagi sebagian orang vaksin mungkin dianggap konyol dan menolak menerimanya. Tapi menurut Profesor Leitch, vaksin adalah cara terbaik untuk melindungi setiap orang dari serangan virus mematikan tersebut.

“Saya pikir itu adalah tindakan tanpa pamrih untuk melindungi bukan hanya diri Anda tetapi juga orang-orang di sekitar Anda dan karena itu, gereja harus terlibat di dalamnya,” katanya.

Tidak jauh berbeda dengan Skotlandia, lembaga-lembaga gereja di Indonesia juga berpendapat senada. Bahwa umat Kristen turut mendukung program ini demi mengakhiri pandemic virus Covid-19 yang sudah hampir 2 tahun ini berlangsung. 

Bagi yang sudah menjalani vaksin saat ini, Anda bisa memastikan orang-orang terdekat dan yang Anda kenal untuk ikut berpartisipasi. 

Semoga kita selalu dalam lindungan Tuhan dan diberikan kesehatan senantiasa.

 

Baca Juga: Kabar Baik Buat Anda yang Mau Vaksinasi Covid-19 Tapi Masih Belum Kebagian Sampai Sekarang

Sumber : Christiantoday.com
Halaman :
1

Ikuti Kami