Sederhana Banget! Ini 5 Cara Ampuh Menghentikan Pembelian Impulsif

Sederhana Banget! Ini 5 Cara Ampuh Menghentikan Pembelian Impulsif

Claudia Jessica Official Writer
272

Berapa banyak uangmu yang habis tidak terkontrol? Checkout barang ini, jajan dari ojek online, lalu ketika mau nabung, uangnya sudah habis entah kemana. Terkadang, kemudahan yang ditawarkan era teknologi saat ini jadi bumerang bagi sebagian banyak orang dengan menjadi pembeli yang impulsif.

Impulsif artinya tindakan yang dilakukan secara tiba-tiba yang didorong oleh keinginan hati. Salah satu contohnya adalah belanja dengan berlebihan.

Misalnya, ketika pergi ke sebuah pusat perbelanjaan untuk membeli makanan namun tiba-tiba tergoda untuk membeli hal lain seperti baju, barang diskon, atau mungkin makanan jenis lain yang belum pernah Anda coba. Ketika Anda membeli dengan spontan mengikuti keinginan hati, hal itu bisa disebut sebagai pembelian secara impulsif.

Untuk mencegah pembelian yang impulsif terus-terusan, yuk cobain 5 hal berikut ini!

1. Hanya gunakan uang tunai

Menggunakan uang tunai akan membuat Anda lebih memperhatikan berapa banyak uang yang saat ini Anda miliki. Hal ini akan membantu Anda untuk menggunakan uang dengan lebih bijak.

Cobalah untuk mengambil sebagian uang Anda lalu gunakan untuk berbelanja bahan makanan, bahan bakar kendaraan, dan keperluan lainnya. Ketika Anda melihat banyaknya uang yang Anda habiskan mungkin dapat membantu Anda untuk mengurungkan niat berbelanja impulsif.

2. Jernihkan hati dan pikiran

Jangan pernah pergi berbelanja dengan keadaan hati yang lapar. Anda tidak akan bisa berpikir dengan jernih terutama ketika mendapat godaan seperti diskon yang terpampang di tempat belanja. Ingatlah tujuan Anda ketika pergi ke suatu tempat, jaga mata dan hati agar terhindar dari pembelian impulsif.

BACA JUGA: Sering Bangkrut Karena Belanja? Ini 4 Penyebab Kita Sering Berbelanja Secara Impulsif

3. Buat aturan waktu

Buat peraturan untuk dirimu sendiri. Misalnya seperti menggunakan peraturan 14 atau 30 hari. Artinya, ketika Anda melihat dan menginginkan suatu hal, Anda harus menunggu selama 14 hingga 30 hari sebelum membelinya.

Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa pembelian impulsif didorong oleh keinginan hati dan tindakan yang tiba-tiba. Artinya, jika Anda tidak lagi menginginkan hal yang Anda inginkan selama 14 hingga 30 hari, maka Anda tidak perlu membelinya.

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : crosswalk
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami