STOP FORWARD! Terapi Hirup Uap Air Panas Bunuh Virus Corona Ternyata SALAH
Sumber: Kompas.com

Health / 23 June 2021

Kalangan Sendiri

STOP FORWARD! Terapi Hirup Uap Air Panas Bunuh Virus Corona Ternyata SALAH

Lori Official Writer
3439

Sementara dikutip dari pernyataan Dr. Jason McKnight, Asisten Profesor Klinis di Departemen Perawatan dan Population Health di Texas A&M University, terapi uap air panas justru dinilai berpotensi menyebabkan kerusakan pada wajah seperti luka bakar bagian kulit wajah, mata dan saluran pernapasan. Parahnya, jika cukup parah bisa menyebabkan komplikasi serius dalam jangka panjang.

Dia juga menambahkan bahwa sampai saat ini, satu-satunya cara untuk membunuh virus adalah melalui saluran pembersihan antimikroba yang tidak bisa dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara apapun .

Sementara klaim menambahkan minyak Eucalyptus ke dalam air panas bisa membunuh virus corona dinilai kurang tepat. Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), DR dr Inggrid Tania MSI, mengatakan Eucalyptus memang memiliki sejumlah zat aktif yang bersifat anti bakteri, anti virus, dan anti jamur. Eucalyptus memang mampu membunuh virus betacorona, namun bukan virus Covid-19 yaitu SARS-CoV-2.

Banyak ahli yang beranggapan jika terapi uap air panas ini sebagai informasi yang belum sepenuhnya bisa dipercaya karena tidak didukung oleh penelitian lebih lanjut oleh para ahli. 

 

Baca Juga: Pecahkan Rekor Kasus Tertinggi Selama Pandemic, Kapan Waktu yang Tepat untuk Tes Covid-19?

 

Jadi bisa dikatakan jika informasi ini adalah hoaks. Karena kebenarannya tidak bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan klinis. 

Jadi bagi kamu yang membaca artikel ini, yuk berhenti menyebarluaskan informasi ini. Karena akibatnya bisa fatal jika dilakukan tanpa mengetahui akibat yang akan dialami.

Akan jauh lebih baik berkonsultasi secara langsung kepada dokter atau sumber informasi terpercaya. 

Bagi kamu yang sedang berjuang melawan virus Covid-19 saat ini, tetap semangat. Stay positive dan andalkan Tuhan. Tetaplah mengarahkan pandangan kepada Tuhan sebagai sumber pertolongan kita.

Bacalah Mazmur 91 sebagai ayat perlindungan atas hidupmu dan katakana tidak pada rasa takut.

Sumber : Jawaban
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami