#KataAlkitab: Cara Meresponi Perlakuan Buruk Dengan Tepat Seperti Yusuf

#KataAlkitab: Cara Meresponi Perlakuan Buruk Dengan Tepat Seperti Yusuf

Lori Official Writer
560

Keinginan untuk membalaskan sakit hati, umumnya membutakan mata hati kita. Ujungnya tindakan kejam pun bisa terjadi.

“Saya merasakan dendam dan sakit hati kerena dari sejak kecil saya sering diejek. Mereka itu adalah tante saya dan adik perempuan saya,” ungkap Sutrisno.

Ejekan-ejekan yang kerap dilayangkan kepadanya pun tak tanggung-tanggung. Dia dikatai anak pungut. Tak jarang dia juga harus mendapatkan ancaman akan diusir dari rumah. 

Apakah kamu terbelenggu rasa sakit hati seperti yang dialami Sutrisno? Jika kamu ingin tahu bagaimana cara lepas dari sakit hati, yuk belajar dari Yusuf di Kata Alkitab episode ini.

Yusuf adalah salah satu tokoh di dalam Alkitab yang mengalami perlakuan jahat sejak dari kecilnnya. Dia dijual dan dijadikan budak di tanah Mesir hanya karena satu hal kakak-kakaknya iri terhadap Yusuf.

 

Baca Juga: 4 Tokoh Alkitab Ini Ajarkan Kita Soal Hidup Penuh Sukacita

 

Yusuf boleh saja menaruh dendam kepada mereka. Tapi Alkitab memperlihatkan bahwa Yusuf sama sekali tidak menyimpan dendam. Walaupun disakiti, Yusuf tetap memberi respon hati yang benar.

Dia sangat percaya kalau Tuhan berkuasa, dimana Tuhan bisa mengubah sesuatu yang buruk menjadi baik. Dan benar saja, pada akhirnya di negeri dimana dia dibuang, di Mesir, dia menjadi penguasa.

Tahukah kamu bahwa Tuhan juga begitu mengasihi kamu. Dia mau membebaskan kamu dari dendam yang selama ini kamu simpan. 

Kenapa demikian? Karena dendam adalah cara kerja si iblis. Iblis menaruh dendam tersebut di dalam pikiran dan jiwamu. Sehingga pada akhirnya kamu diseret masuk ke dalam penderitaan dan juga kesengsaraan yang lain. 

Sedangkan Tuhan datang kepada kita karena kasih-Nya. Ia yang benar dan tidak berdosa harus disiksa di kayu salib. Bahkan saat masa-masa sengsara-Nya, Ia tetap mengeluarkan kata-kata KASIH.

Yesus tidak menaruh dendam kepada mereka yang sudah menganiaya Dia. Tapi Ia berkata, “Ampunilah mereka.”

Tuhan Yesus datang memberikan kasih-Nya kepada dunia, kepada kamu dan aku. Dengan kasih-Nya hatimu yang terluka dapat disembuhkan. 

 

Baca Juga: Orang Kristen Kesurupan, Emang Bisa? Ngobrol Bareng Mantan Dukun, Pdt. Tony Mulia, Yuk!

 

Dendam menghancurkan, tapi kasih Yesus memberikan kehidupan. 

Melepaskan dendam dan sakit hati memang tidak mudah. Tapi dengan bantuan Tuhan, kamu pasti bisa melakukannya. 

 

 

Mari ceritakan keadaan yang kamu alami saat ini kepada tim konselor SAHABAT 24. Kami siap untuk mendengarkan dan berdoa untuk kamu. Klik link ini : bit.ly/InginDidoakan

 

Sumber : Jawaban
Halaman :
1

Ikuti Kami