Tetap Waspada dan Berdoa Ya, Varian Virus Baru Ini Sudah Masuk Indonesia Lho!

Tetap Waspada dan Berdoa Ya, Varian Virus Baru Ini Sudah Masuk Indonesia Lho!

Lori Official Writer
579

Vaksinasi nasional memang sudah dilakukan di berbagai instansi dan juga masyarakat. Meski begitu bukan berarti kewaspadaan terhadap virus Covid-19 surut. 

Justru di masa-masa ini, masyarakat dihimbau untuk semakin waspada terhadap kesehatan diri, baik saat berada di ruang publik maupun di tempat-tempat tertentu. Pasalnya, tiga varian virus baru ditemukan telah masuk Indonesia.

Penyebaran varian-varian virus yang baru ini tergolong berbeda dengan virus sebelumnya. Baik dari cara penyebaran hingga gejala yang dialami oleh penderita. Jadi, untuk lebih waspada kamu perlu tahu informasi dari tiga varian virus ini:

1. Varian Alfa atau B117

Varian Alfa adalah varian virus Covid-19 yang bersifat lebih mudah menular daripada tipe virus yang muncul sebelumnya. 

Virus ini pertama kali muncul di Kent, Inggris pada November 2020 silam. Penyebarannya terbilang sangat cepat hingga ke berbagai negara.

Berdasarkan sifatnya, virus yang satu ini menimbulkan gejala yang tidak jauh berbeda dengan infeksi Covid-19, di antaranya:

1. Batuk dan sakit tenggorokan

2. Demam

3. Kelelahan dan nyeri otot

4. Hilang rasa dan indra penciuman

5. Sesak napas

6. Sulit berpikir jernih 

7. Pusing, malaise dan mual

Menurut laporan Kementerian Kesehatan, ada sebanyak 36 sekuens varian alfa (B117) yang terdeteksi di Indonesia dan paling banyak berlokasi di Jakarta yaitu 24 sekuens.

 

Baca Juga: Seberapa Ganas Varian Baru Virus Corona B117? Yuk Cari Tahu di Sini...

 

2. Varian Beta atau E484K

Varian beta diyakini menyebabkan lebih banyak perubahan pada struktur protein spike dari virus corona. Karena itulah varian virus ini dianggap bisa menurunkan efektivitas vaksin Covid-19. 

Saat seseorang terkena virus ini, virus akan menghindari sistem kekebalan tubuhnya sehingga virus berkembang dengan lebih cepat.

Sama halnya dengan varian Alfa, virus yang satu ini juga mempunyai kemampuan penularan yang lebih cepat. Gejala yang ditimbulkan juga tidak jauh berbeda dengan virus Covid-19.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami