4 Pengusaha Dalam Alkitab yang Sukses Berkat Kerja Keras dan Ketekunan

4 Pengusaha Dalam Alkitab yang Sukses Berkat Kerja Keras dan Ketekunan

Lori Official Writer
999

Sebagai orang Kristen, kadang kita suka heran kenapa di zaman ini orang-orang yang tampaknya hidup berkelimpahan kebanyakan bukanlah orang-orang yang mengenal Tuhan.

Lalu kita mulai bertanya, apakah menjadi Kristen tidak perlu jadi kaya atau sukses?

Alkitab mencatat sejak dari zaman Tuhan menciptakan Taman Eden, Tuhan memberkati manusia dengan berbagai kelimpahan. Tapi Tuhan mengingatkan supaya mausia juga mengusahakan kebutuhan untuk dirinya. 

Karena Alkitab dengan jelas menyampaikan, “Barang siapa tidak bekerja maka dia tidak boleh makan.” (2 Tesalonika 3: 10)

Jadi kita perlu mengusahakan apa yang hendak kita makan hari ini dengan tangan kita dan mengerjakan ladang untuk menghasilkan tuaian. 

Hidup dalam kelimpahan juga adalah pemberian Allah. Tapi Dia tidak pernah menutup mata untuk memberkati orang-orang yang mau bekerja keras dan tekun.

Dari Alkitab, kita bisa belajar tentang menjadi pengusaha sukses yang diberkati Tuhan. 4 pengusaha ini mengajarkan kita tentang apa itu bekerja dan bertekun.

#1 Abraham

Di Kejadian 13 dituliskan kalau Abraham adalah orang yang sangat kaya. Dia punya banyak ternak, emas dan perak. Saat dia menyelamatkan Lot (Kejadian 14), dia bahkan punya lebih dari 300 pasukan yang mungkin mereka juga dipersenjatai dengan pedang yang terbaik.

Setelah berpisah dari Lot, mereka memilih bagian wilayah masing-masing. Abraham malah mendapat tanah yang tidak subur dan cukup kecil. Tapi siapa sangka, dia bisa mengelola tanah tersebut sehingga menghasilkan dan dia semakin bertambah kaya.

Sebagai seorang pengusaha ternak, Abraham terus menjalankan bisnisnya dengan tetap bersandar kepada Tuhan.

 

#2 Salomo

Dengan kebijaksanaan yang dimiliki Salomo, dia bisa membangun bangsa Israel sebagai negara adidaya ekonomi melalui perdagangan.

Dia sangat ahli dalam hal bisnis manajemen. Dia pintar melobi mitra kerja dari bangsa lain. Dengan modal inilah dia mengembangkan dua jalur perdagangan di Israel. Dia membangun armada kapal dagang dan kapal-kapal berlayar di sepanjang jalur perdagangan ini. 

Salomo membuat sistem administrasi yang baik dan mengorganisir tenaga kerja secara teratur (1 Raja-raja 5: 13-18).

Bisa dibilang, Salomo menjadi sangat kaya karena kerja keras dan ketekunannya mengusahakan apa yang bisa dia kembangkan dari bangsanya. Jadi tak heran jika Salomo adalah salah satu pengusaha paling kaya yang ada di Alkitab.

 

Baca Juga: 10 Ayat Alkitab Buat Panduan Raih Kesuksesan

 

#3 Lidya dari Tiratira

Lidya adalah seorang pedagang kain ungu di Tiratira. 

Sembari menjalankan usaha kainnya, dia juga membangun bisnis properti. Jadi bisa dibilang, Lidya adalah pengusaha dari kalangan perempuan yang cukup berada dan dikenal di daerahnya.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami