Pengkhotbah T.B Joshua Meninggal Mendadak, Warga Nigeria Kaget dan Terpukul

Pengkhotbah T.B Joshua Meninggal Mendadak, Warga Nigeria Kaget dan Terpukul

Lori Official Writer
1335

Temitope Balogun Joshua atau T.B Joshua, pengkhotbah asal Nigeria yang dikenal sebagai nabi oleh para pengikutnya, meninggal secara mendadak pada Sabtu, 5 Juni 2021 lalu.

Kematiannya secara mendadak membuat warga Nigeria kaget dan terpukul. Bukan hanya di negaranya, tetapi para pengikutnya di seluruh dunia juga ikut terpukul. Pasalnya, pemimpin Synagogue Church of All Nations (SCOAN) ini meninggal di usia 57 tahun. 

Berita duka ini didapatkan dari postingan akun Facebook pribadinya yang menuliskan. “Tuhan sudah memanggil hamba-Nya.”

Dari berita yang didapat, Joshua meninggal sesaat setelah menghadiri acara gereja pada Sabtu (5/6). 

Sang istri, Evelyn Joshua sendiri membenarkan berita tersebut lewat postingan sosial medianya. Dari kata-kata yang disampaikan, dia tampak tegar menerima kematian suaminya. 

“Kehilangan orang yang dicintai tidak pernah mudah, entah tiba-tiba atau diramalkan, selalu memilukan. Kesedihan bisa mendatangkan malapetaka pada kesejahteraan kita secara keseluruhan. Karena itulah penting untuk tetap berakar pada Yang Mahakuasa,” tulis Evelyn.

Para pelayat pun berkumpul di Synagogue Church of All Nations (SCOAN), tempat persemayaman terakhir T.B Joshua sebelum dimakamkan. 

 

Baca Juga: Rahasia Cepat Kaya Dari Prophet T.B Joshua

 

Perjalanan Pelayanan T.B Joshua

T.B Joshua mulai dikenal luas di Afrika pada tahun 1990-an. Karena karisma dan semangatnya, banyak orang yang berduyun-duyun menghadiri layanannya di Nigeria maupun di seluruh belahan negara.

Dia dijuluki nabi oleh pengikutnya karena kisah spiritual yang dibagikannya kepada para pengikutnya. Dia mengaku punya penglihatan ilahi tentang Tuhan. Kemampuan inipun banyak dipercaya oleh pengikutnya.

Lalu dia mendirikan gereja The Synagogue Church of All Natiosn pada tahun 1987. Setelah berkembang pesat, dia lalu mendirikan stasiun televisi Kristen Emmanuel TV dan secara intens melakukan perjalanan pelayanan melintasi Afrika, Amerika dan Eropa. 

 

Pernah Dikritik

Selama perjalanan pelayanan TB, Joshua, dia juga tak lepas dari kritikan. Majalah Forbes menjulukinya dengan ‘pendeta paling kontroversial asal Nigeria’ karena mengklaim bisa menyembuhkan HIV/AIDS dan homoseksual.

Pada tahun 2014 silam, salah satu bangunan gerejanya runtuh dan menewaskan sedikitnya 116 orang. Dia juga pernah menampar seorang wanita karena diyakini kemasukan roh halus. Meski begitu, dia sudah menyebarkan pengaruh besar bagi Nigeria dan dunia.

Presiden Nigeria Muhammadu Buhari juga turut menyampaikan ucapan bela sungkawanya atas kematian sang pengkhotbah. “Presiden Buhari meminta para pengikut Pastor Joshua untuk menghibur diri karena secara pengetahuan hidup tidak diukur dari berapa lama kita hidup. Tapi dengan warisan yang bertahan lama dan kehidupan yang menyentuh secara positif,” demikian disampaikan oleh Buhari.

 

Baca Juga: Empat Jemaat Tewas Saat Rebutan Air Suci di Dalam Gereja

 

Sementara mantan Presiden Jonathan Dey mengungkapkan kehilangan yang mendalam. Di matanya, Joshua adalah pemimpin yang menunjukkan teladan Kristus dalam iman dan kasih. Dia juga mengakui tindakan kemanusiaan yang sudah dilakukan oleh T.B Joshua kepada jutaan orang di seluruh dunia.

“Saya turut berduka cita bersama keluarga saya, gereja saya dan jutaan pengikut saya di seluruh dunia. Semoga Tuhan memberi mereka kedamaian dan kekuatan untuk mengatasi kehilangan ini,” ucapnya.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami