Orang Kristen Harus Tahu, Ini Loh Nama-nama Bukit dan Gunung Bersejarah dalam Alkitab

Orang Kristen Harus Tahu, Ini Loh Nama-nama Bukit dan Gunung Bersejarah dalam Alkitab

Lori Official Writer
585

Ada banyak bagian dalam Alkitab yang menyebutkan tentang bukit dan gunung. Di banyak ayat, Allah sendiri merepresentasikan gunung sebagai tempat persemayaman-Nya yang Maha Tinggi. 

“Akan terjadi pada hari-hari yang terakhir: gunung tempat rumah TUHAN akan berdiri tegak di hulu gunung-gunung dan menjulang tinggi di atas bukit-bukit; segala bangsa akan berduyun-duyun ke sana…” (Yesaya 2: 2)

Menurut artinya bukit dalam bahasa Ibrani Har atau Herer merupakan tumpukan tanah yang lebih tinggi daripada tempat sekelilingnya dan lebih rendah daripada gunung. Sedangkan gunung merupakan bukit yang sangat besar dan tinggi (bisa mencapai ketinggian lebih dari 600 meter).

Sejak penciptaan, Allah sendiri menciptakan bukit dan gunung ini untuk satu alasan penting. Salah satunya adalah simbol dari Tuhan itu sendiri. Di lain sisi ada banyak ritual dan perayaan yang digelar oleh satu suku atau bangsa tertentu. Seperti halnya saat Abraham mempersembahkan Ishak di Gunung Moria. Atau saat Elia mengadakan mujizat di Gunung Karmel.

Banyak peristiwa penting lainnya di dalam Alkitab yang terjadi di pebukitan dan juga gunung, diantaranya:

Gunung Abarim

“TUHAN berfirman kepada Musa: "Naiklah ke gunung Abarim ini, dan pandanglah negeri yang Kuberikan kepada orang Israel.” (Bilangan 27: 12)

“Mereka berangkat dari pegunungan Abarim, lalu berkemah di dataran Moab di tepi sungai Yordan dekat Yerikho.” (Bilangan 33: 48)

“Sebab perkataan ini bukanlah perkataan hampa bagimu, tetapi itulah hidupmu, dan dengan perkataan ini akan lanjut umurmu di tanah, ke mana kamu pergi, menyeberangi sungai Yordan untuk mendudukinya.” (Ulangan 32: 47)

Bukit Ararat 

“Dalam bulan yang ketujuh, pada hari yang ketujuh belas bulan itu, terkandaslah bahtera itu pada pegunungan Ararat.” (Kejadian 8: 4)

“Angkatlah panji-panji di bumi, tiuplah sangkakala di antara bangsa-bangsa, persiapkanlah bangsa-bangsa berperang melawan Babel, kerahkanlah kerajaan-kerajaan melawannya--Ararat, Mini dan Askenas--angkatlah seorang panglima melawannya, tampilkanlah kuda seperti kawanan belalang!” (Yeremia 51: 27)

Gunung Bashan

“Gunung Allah gunung Basan itu, gunung yang berpuncak banyak gunung Basan itu!” (Mazmur 68: 15)

Bukit Betel

“Saul memilih tiga ribu orang dari antara orang Israel; dua ribu orang ada bersama-sama dengan Saul di Mikhmas dan di pegunungan Betel, sedang seribu orang ada bersama-sama dengan Yonatan di Gibea Benyamin, tetapi selebihnya dari rakyat itu disuruhnya pulang, masing-masing ke kemahnya.” (1 Samuel 13: 2)

Gunung Karmel

“Sebab itu, suruhlah mengumpulkan seluruh Israel ke gunung Karmel, juga nabi-nabi Baal yang empat ratus lima puluh orang itu dan nabi-nabi Asyera yang empat ratus itu, yang mendapat makan dari meja istana Izebel.” (1 Raja-raja 18: 19)

“Dari sana pergilah ia ke gunung Karmel dan dari sana pula kembalilah ia ke Samaria.” (2Raja-raja 2: 25)

“Berkatalah ia: "TUHAN mengaum dari Sion dan dari Yerusalem Ia memperdengarkan suara-Nya; keringlah padang-padang penggembalaan dan layulah puncak gunung Karmel."” (Amos 1: 2)

 

Baca Juga: 6 Gunung Paling Bersejarah dalam Alkitab

 

Gunung Ebal

 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami