Menjalani Hari dengan Baik dan Lebih Baik

Menjalani Hari dengan Baik dan Lebih Baik

Claudia Jessica Official Writer
      1159

1 Korintus 10: 23

“Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 148; Yohanes 8; 2 Samuel 23-24

Kita membuat banyak keputusan setiap hari. Bahkan banyak hal-hal yang tidak perlu dipikirkan seperti, membuat keputusan untuk menyikat gigi di pagi hari atau mengisi tangka bensin kendaraan Anda yang hampir kosong. Ada juga keputusan lain seperti memutuskan antara benar atau salah, dimana kita perlu berhikmat dan menggunakan hati nurani.

Namun terkadang, kita perlu memutuskan antara pilihan yang baik dan yang terbaik. Dalam situasi seperti ini, kita harus menggunakan Improvement Test atau Tes Peningkatan.

Tes peningkatan ini bertanya, “Apakah ini (hal yang Anda putuskan) membuat saja menjadi orang yang lebih baik?”

Alkitab berbicara tentang, “Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun. (1 Korintus 10: 23)

Perhatikan setiap kebebasan yang Anda meiliki dalam ayat itu. Namun sebagai seorang Kristen, sekalipun kita dapat melakukan segala sesuatu, tidak semua hal memiliki manfaat, tidak semua hal mampu membangun kepribadian kita.

Ada beberapa hal yang tidak salah, namun tidak perlu dilakukan.

Kebanyakan pilihan yang Anda buat dalam hidup, bukan tentang yang baik dan yang jahat.

Anda harus memiliki standar yang lebih tinggi daripada hanya ‘benar dan salah’. Anda perlu menggunakan Tes Peningkatan dan bertanya apa yang akan membuat dirimu menjadi orang yang lebih baik.

Apakah Anda lebih mengenal orang-orang yang muncul di layar kaca daripada tokoh Alkitab? Atau bahkan Anda lebih mengenal mereka disbanding dengan keluarga Anda sendiri? Mungkin Anda menghabiskan waktu berjam-jam untuk membaca buku atau majalah yang mengisi pikiranmu dengan hal-hal yang tidak penting. Di dunia sekarang ini banyak orang membuang waktu berjam-jam untuk menatap ponsel mereka.

Apakah hal seperti ini buruk? Tidak. Apakah hal ini membuang waktu? Bisa benar. Akankah mereka membuat Anda menjadi lebih baik? Hanya Anda yang bisa menjawabnya.

Jadi, ketika Anda hendak membuat pilihan setiap hari, jangan bertanya, “Apakah ada yang salah dengan ini?” Sebaliknya, tanyakan, “Apakah ini membuat saya menjadi orang yang lebih baik?”

 

Hak cipta oleh Rick Warren. Disadurkan dari crosswalk.com.

Ikuti Kami