Bagaimana Yusuf Bisa Menolak Godaan Istri Potifar?

Bagaimana Yusuf Bisa Menolak Godaan Istri Potifar?

Claudia Jessica Official Writer
948

Bukan satu dua kali, namun berkali-kali Yusuf muda dan tampan digoda oleh seorang wanita untuk berhubungan intim. Wanita itu terus mendesak dan memaksa Yusuf. Meski sering ditolak, namun sesering itu juga sang wanita mengulangi permintaannya yang hina. Bagaimana Yusuf bisa menahan godaan tersebut?

 

Jika kamu lebih suka menonton, saksikan: FaktaAlkitab: Kenapa Yusuf Menolak Godaan Istri Bosnya Untuk Berhubungan Badan?

 

Latar belakang Yusuf

Yusuf adalah putra ke-11 Yakub dari istrinya yang bernama Rahel. Alkitab memberikan 2 penjelasan mengenai nama Yusuf yang keluar langsung dari mulut Rahel, ibunya yakni, “Allah telah menghapuskan aibku” dan “Mudah-mudahan Tuhan menambah seorang anak laki-laki lagi bagiku.” (Kejadian 30:23-24).

Kita semua tahu bahwa Yusuf mendapatkan visi dari Tuhan dua kali melalui mimpi. Ia akan menjadi pemimpin dalam keluarganya. Hal tersebut membuat orangtua dan kakak-kakaknya memarahi dia. Selain itu kakak-kakaknya juga iri padanya karena ia menjadi anak kesayangan Ayahnya, dan berujung hampir dibunuh oleh saudara-saudaranya. Namun, karena intervensi Ruben, akhirnya Yusuf di jual kepada orang Ismael dan menjadi budak di Mesir.

 

Digoda berkali-kali untuk berbuat mesum

Di Mesir Yusuf dijual menjadi budak pada seorang pegawai istana bernama Potifar. Di sana ia bekerja dengan sangat baik sehingga dipercaya penuh oleh majikannya.

Kejadian 39:6b mengatakan, “Yusuf itu manis sikapnya dan elok parasnya.” Alkitab New International Version (NIV) dan Alkitab New American Standard Bible, menterjemahkan bahwa Yusuf pria yang tampan dan memiliki postur tubuh yang bagus.

Karena hal itu, istri Potifar tertarik kepada Yusuf dan mengajaknya untuk melakukan hubungan intim dengan dirinya. Kejadian ini diperkirakan sekitar 10 tahun setelah Yusuf dijual oleh saudara-saudaranya.

 

Baca juga: #KataAlkitab: Respon Yusuf Ketika Dikhianati Ini Menyenangkan Hati Tuhan

 

Yusuf menolak meskipun ia tahu bahwa menolak perintah bos bisa berbahaya. Di rumah Potifar, Yusuf bukan pegawai tetapi budak yang bisa diperlakukan semaunya oleh Sang Tuan. Jadi, Yusuf sangat tahu jelas bahwa penolakan ini memiliki resiko tinggi.

Namun dari hari ke hari istri Potifar terus menggoda Yusuf (Kej. 39:10). Meskipun terus digoda dan dipaksa, Yusuf terus menolaknya. Bahkan ia memilih lari hingga bajunya robek dan diambil istri Potifar yang kemudian dijadikan bukti tuduhan palsu sebagai pelecehan.

Penolakan Yusuf didasari bahwa kepercayaan dan kebaikan Potifar kepadanya tidak layak dibalas dengan pengkhianatan kepada tuannya. Lebih dari, itu Yusuf menyadari bahwa perbuatan zinah dengan istri tuannya merupakan dosa terhadap Allah (Kej. 39:9).

 

Menjadi narapidana dan menafsirkan mimpi

 

Baca halaman selanjutnya -->

Sumber : jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami