Masih Muda Tapi Tekanan Hidupmu Terasa Berat Banget? Daripada Ditahan Mending Lakuin Ini
Sumber: unsplash

Single / 20 May 2021

Kalangan Sendiri

Masih Muda Tapi Tekanan Hidupmu Terasa Berat Banget? Daripada Ditahan Mending Lakuin Ini

Lori Official Writer
3503

Waktu tekanan datang, kita pasti bakal ngerasa berat ngejalani hidup. Tekanan muncul waktu kita merasa harus bertindak dengan cara tertentu karena kita mau menyesuaikan diri dan diterima oleh orang lain. Gak ada satupun dari kita yang mau dianggap bodoh atau ditertawakan bukan?

Tapi akibat tekanan ini, kita malah kehilangan jati diri kita sendiri. Karena menganggap kalau jadi orang yang penting atau bisa menyesuaikan diri, khususnya di masa-masa muda kita, akan jadi nilai tambah buat kita.

Tekanan yang kita rasakan juga bisa berasal dari kebiasaan-kebiasaan sederhana seperti bagaimana cara kita berpakaian supaya dianggap keren. Mau gak mau kita dipaksa untuk punya pakaian dan sepatu bermerk, yang pastinya harganya gak murah. Tekanan lain juga bisa dalam bentuk memaksa diri melakukan sesuatu yang dilakukan orang lain. Berapa banyak dari kita yang ikut-ikutan melakukan kebiasaan buruk seperti orang lain karena ingin bersaing dengan orang lain.

Inilah cara dunia menekan hidup kita dan membuat kita kehilangan tujuan yang lebih penting dari sekadar hanya menjadi pengikut. Bagi anak-anak muda, mudah sekali terjebak dalam tekanan saat dunia menetapkan standar sukses itu adalah kalau seseorang punya pekerjaan di perusahaan ternama dan punya mobil mahal.

Tapi tentu saja, sebagai anak muda menahan keinginan daging itu sulit. Namun bukan gak mungkin kamu bisa menang atas tekanan-tekanan yang kamu alami.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menolak tekanan dalam hidupmu, diantaranya:

1. Cari komunitas dimana kamu punya kebiasaan dan pemahaman yang sama soal hidup.

Habiskan waktu luangmu dengan mereka. Berbagi hal-hal penting yang menambah nilai bagi masing-masing. Alkitab sendiri menyampaikan bahwa pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yan baik (1 Korintus 15: 33).

 

Baca juga: Masih Muda Tapi Udah Ubanan? Mungkin Ini Penyebabnya…

 

2. Cari tahu kelemahanmu secara pribadi.

Jangan menempatkan dirimu dalam situasi dimana kamu terjerat dalam godaan yang membuat hidupmu dipenuhi tekanan. Misalnya, pacaran dengan berbaur bersama teman-teman. Sehingga kamu gak akan tergoda untuk melakukan hal-hal yang tak berkenan sebelum pernikahan.

“Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya.” (1 Petrus 5: 8

3. BERDOA setiap hari.

Mintalah kekuatan, kebijaksanaan, perlindungan dan bantuan Tuhan setiap hari.

Selama kita hidup, tekanan akan selalu ada. Percaya atau gak, bahkan orang-orang dewasa pun mengalaminya. Keluarga, teman, rekan kerja atau kenalan kita juga bisa membuat kita melakukan hal-hal yang tak sesuai dengan kebenaran firman Tuhan.

Selain itu, kita juga bisa meminta bantuan Roh Kudus untuk bisa mengalami kemenangan dari tekanan yang muncul dari sekitar kita.

Berikut beberapa kalimat yang bisa diucapkan untuk berkata ‘TIDAK’ kepada hal-hal itu.

Tidak

Aku tak terlalu suka dengan hal itu.

Terima kasih atas tawarannya. Tapi aku merasa gak nyaman dengan hal itu.

Aku lebih suka melakukan hal-hal lain daripada itu.

Aku harus menghormati Tuhan dengan tidak melakukan hal itu.

Aku tak ingin melakukan sesuatu yang bisa melukai orang lain dan juga diriku sendiri.

Tolong jangan memintaku melakukan hal-hal yang tak berkenan bagi Tuhan.

Masih ada banyak kata-kata yang bisa kita gunakan untuk menolak tekanan atas diri kita. Jadi, tetaplah semangat dan minta kekuatan dari Tuhan untuk memampukanmu melewatinya.

 

Baca Juga: Apa Kamu Takut Jatuh Cinta Lagi? Kenapa Gak Kalau Bareng Tuhan

 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami