Makanan Haram di Perjanjian Lama Ternyata Untuk Jaga Kesehatan Kita? Benarkah?

Makanan Haram di Perjanjian Lama Ternyata Untuk Jaga Kesehatan Kita? Benarkah?

Claudia Jessica Official Writer
688

Kamu tahu gak sih kalau unggas itu ternyata termasuk dalam makanan haram di perjanjian lama? Apa aja sih yang termasuk makanan haram? Kenapa Tuhan menyebut makanan itu haram dan melarang kita untuk memakannya?

Perjanjian Lama mencatat beberapa makanan yang dikategorikan haram, di antaranya ada unta, kelinci, binatang tidak bersirip dan bersisik, unggas (jenis burung), binatang merayap, binatang yang berjalan dengan telapak kaki, dan masih banyak lagi.

Apakah Tuhan melarang kita makan makanan tersebut karena kurang sehat ya? Mari kita bahas!

Kerang. Hewan ini termasuk ke dalam golongan hewan tidak bersirip dan tidak bersisik. JCers tahu gak? Kerang itu menyedot segala hal yang ada disekitarnya supaya bisa bertahan hidup. Kerang tidak punya organ hati seperti manusia yang berfungsi untuk menghancurkan benda asing yang masuk ke tubuhnya termasuk racun. Artinya, semua benda asing dapat berada di dalam dagingnya. Selain itu, kerang juga mengandung vitamin B12 dan zat besi. Kalau mengonsumsi kerang secara berlebihan bisa menyebabkan dampak buruk lho. Pada dasarnya, tubuh kita memang membutuhkan zat besi. Namun,  kalau tubuh mendapatkan zat besi terlalu banyak, dapat meningkatkan resiko penyakit berbahaya. Hm, hati-hati ya JCers!

Babi. Hewan ini mengandung protein, tapi kandungan lemak jenuh dalam daging babi sangat tinggi. Maka dari itu, kalau terlalu sering mengonsumsi daging babi, bisa membuat endapan lemak dalam tubuh jadi meningkat. Kalau endapan lemak ini semakin tinggi, maka kadar kolesterol jahat di dalam tubuh juga meningkat. Nah, ini bisa berisiko jadi penyakit jantung. Selain itu, daging babi juga berisiko menyebabkan infeksi parasit (cacingan), kanker hati dan sirosis, hepatitis E, multiple sclerosis, dan masih banyak lagi. Tapi jangan salah! Daging babi ini punya manfaat baik juga seperti membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, serta bagus untuk membantu pembentukan otot! Makanya penting banget buat JCers untuk memilih daging babi yang bagus sebelum makan ya!

Kelinci memiliki kadar lemak yang cenderung lebih rendah, dan mengandung protein yang tinggi. Tapi, kalau hanya mengkonsumsi daging kelinci tanpa diimbangi lemak dan karbohidrat, dapat menyebabkan keracunan protein lho. Keracunan protein adalah keadaan dimana tubuh kelebihan protein, tapi tidak ada cukup lemak dan karbohidrat. Dampak buruknya, kamu bisa kehilangan kalsium, bau mulut, hingga membuat ginjal rusak. Jadi, alangkah baiknya kalau mengonsumsi daging kelinci ini diimbangi dengan makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat ya JCers.

 

Baca juga: #FaktaAlkitab Tentang Makanan Haram

 

Anjing. Badan Kesehatan Dunia (WHO) menduga bahwa daging anjing merupakan penyebab rabies yang pernah terjadi di Indonesia. Rabies adalah penyakit akibat infeksi virus yang menyerang sistem saraf pusat. Kondisi ini dapat menyebabkan peradangan di otak hingga mengancam keselamatan jiwa pengidapnya.

Ular. Dikutip dari alodokter, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengkonsumsi ular dapat menyebabkan berbagai infeksi parasit seperti trichinosis, pentastomiasis, gnathostomiasis, dan sparganosis. Infeksi-infeksi ini tidak bisa disepelekan karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang serius seperti kista, menigitis, hematuria, dan masih banyak lagi.

Namun dalam Perjanjian Baru, Tuhan Yesus menekankan bahwa semua makanan adalah halal (markus 7). Meski demikian, JCers perlu ingat bahwa tidak semua makanan itu sehat terutama ketika kita mengkonsumsinya secara berlebihan. Ingatlah untuk makan makanan yang bergizi seimbang agar kamu tetap sehat!

Sayangi tubuhmu karena tubuhmu adalah Bait Allah!

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami