3 Kesalahan Yang Tidak Boleh Dilakukan Karyawan Baru

3 Kesalahan Yang Tidak Boleh Dilakukan Karyawan Baru

Puji Astuti Official Writer
3552

Memasuki tempat kerja baru bukan hal yang mudah. Sebagai karyawan baru, mereka biasanya ingin memberikan impresi yang baik tentang dirinya, namun mereka juga merasakan bersemangat, senang dan juga gugup. Bagi Anda yang belum tahu, minggu pertama di tempat kerja merupakan masa kritis yang akan membentuk bagaimana pola kerja Anda selanjutnya. Berikut ini adalah tiga hal kesalahan karyawan baru yang tidak boleh dilakukan :

1. Melewatkan Makan Siang

Hari-hari pertama mungkin agak sulit untuk adaptasi dengan pekerjaan atau posisi yang baru. Terkadang memakan waktu lebih lama untuk menyelesaikan tugas, hingga Anda berhasil menguasainya dengan baik. 

Namun itu bukan alasan untuk melewatkan waktu makan siang atau bahkan makan siang di meja kerja Anda. Hal ini tidak sehat, walau faktanya banyak dilakukan oleh orang-orang. Menurut survei dari Right Management hanya 20% karyawan di Amerika yang secara teratur istirahat makan siang, sedangkan 39% karyawan makan di meja kerja dan  28% diantaranya bahkan tidak makan siang.

Pada hal makan siang bukan hanya baik untuk kesehatan saja loh, namun juga mampu meningkatkan produktifitas. Salah satunya adalah membuat orang memiliki gaya hidup yang lebih sehat. Mereka yang istirahat makan siang, biasanya memilih makanan yang lebih sehat daripada mereka yang makan di meja atau bahkan melewatkan makan siang. Selain itu duduk di meja selama berjam-jam juga membuat punggung dan otot sakit. Karenanya berapa menit berdiri dan bergerak saat waktu istirahat makan siang penting untuk menghindari rasa sakit itu.

Selain berdampak bagi kesehatan, makan siang penting untuk Anda bisa bersosialisasi dan membangun jaringan dengan karyawan lainnya. Jika Anda orang baru dan ada yang mengajak makan siang, maka terimalah ajakan itu dengan senang hati.

2. Kerja Lembur

Pikiran dan tubuh kita memiliki batas kemampuan. Bekerja selama delapan jam sehari dan masih kerja lembur dapat membahayakan kesehatan Anda. Menurut sebuah penelitian, mereka yang sering kerja lembur meningkatkan peluang  terjadinya serangan jantung. Selain itu hal tersebut berdampak negatif terhadap pola kerja Anda ke depan.

Sekalipun Anda baru di tempat kerja, bukan berarti anda harus kerja lembur setiap hari untuk mengejar karir Anda. Pertimbangkan untuk meningkatkan produktivitas tanpa harus memberikan waktu tambahan untuk mengerjakan tugas-tugas Anda.

 

Baca Juga: 4 Hal yang Wajib Dilakukan Jika Anda Karyawan Baru

 

3. Membawa Pekerjaan Pulang ke Rumah

Terkadang pekerjaan tidak dibawa pulang pun bisa sampai di rumah kita, bagaimana bisa? Dengan kecanggihan teknologi saat ini, email bisa kita terima di ponsel kita. Permintaan klien bisa datang kapan saja, jika kita tidak memiliki batasan kapan waktu mengerjakan pekerjaan, maka sekalipun sudah di rumah waktu yang seharusnya untuk keluarga akan tersita oleh pekerjaan.

Selain hal tersebut berdampak buruk terhadap hubungan dengan anggota keluarga, hal tersebut juga berdampak negatif terhadap kesehatan. Stres karena tekanan kerja itu akan semakin besar, karena pekerjaan datang kapan saja dan dimana saja. Sangat penting untuk memisahkan waktu untuk keluarga dan pekerjaan, terlebih saat sudah berada di rumah bersama dengan pasangan dan anak-anak.

 

Baca Juga: Minder karena jadi karyawan Baru? 5 Gesture ini Bikin Kamu Nggak Dianggap Sepele Lagi

 

Pindah kerja, berarti melakukan adaptasi dengan orang-orang baru, suasana baru dan juga tugas-tugas yang baru. Untuk itu dibutuhkan waktu dan kesabaran untuk bisa mengatasinya. Jangan terlalu terburu-buru, nikmatilah prosesnya. Jangan ijinkan tiga kesalahan di atas terjadi, sehingga Anda bisa memaksimalkan hidup dan karir Anda namun tetap dalam koridor yang benar.

 


Kamu diberkati dengan artikel-artikel kami? Mari dukung kami untuk terus menghasilkan konten-konten terbaik di website ini dengan menjadi mitra Jawaban.com. 

Buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk.

DAFTAR DI SINI

Sumber : Forbes.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami