10 Alasan Tetap Berharap Meski Harus Terluka

10 Alasan Tetap Berharap Meski Harus Terluka

Admin Spiritual Official Writer
9244

Menjalani hidup memang gak mudah. Ada kalanya kita harus terjatuh sampai di titik terendah dalam hidup. Ada kalanya kamu harus mengasihi orang lain sampai kamu terluka. 

Jangan pernah menyerah! Jangan kehilangan harapan! Biarkan Firman Tuhan menjadi sumber ketenangan ketika kamu memerlukannya.

Ada 10 firman kebenaran yang bisa menopangmu di masa-masa kamu harus menanggung segala beban dan luka hati yang semakin mendalam.

1. Tuhan Benar-benar Memegang Kendali

Jika Tuhan adalah Tuhan, maka tidak ada kejadian yang terlepas dari pengetahuan dan ijin Tuhan. Ketika sukar untuk membayangkan mengapa Tuhan membiarkan beberapa hal yang menyakitkan terjadi, karakter-Nya ditampakkan dalam Alkitab dan melalui ujian dari berbagai generasi membawa kita pada kesimpulan bahwa Tuhan dapat dan bersedia untuk menopangmu selama waktu-waktu yang paling buruk sekalipun.

"Bahkan kami merasa, seolah-olah kami telah dijatuhi hukuman mati. Tetapi hal itu terjadi, supaya kami jangan menaruh kepercayaan pada diri kami sendiri, tetapi hanya kepada Allah yang membangkitkan orang-orang mati." (2 Korintus 1: 9)

 

2. Ada Kehidupan Kekal Yang Datang

"Sebab aku yakin, bahwa penderitaan zaman sekarang ini tidak dapat dibandingkan dengan kemuliaan yang akan dinyatakan kepada kita". (Roma 8:18).

"Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus". (1Korintus 1:8)

 

3. Kisah Hidup Belum Berakhir

Waktu demi waktu, Alkitab telah merekam situasi tanpa harapan yang pada akhirnya berakhir dalam suatu kemenangan. Pikirkan tentang sakitnya Ayub, pengkhianatan Yusuf oleh saudara-saudaranya, perzinahan Daud dan banyak lagi yang disembuhkan di pikiran, tubuh dan roh.

Kitab Kejadian 50:19-20 mengisahkan tentang cerita Yusuf.

"Tetapi Yusuf berkata kepada mereka: "Janganlah takut, sebab aku inikah pengganti Allah? Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar."

 

4. Tuhan Sendiri Tidak Menyerah Untukmu!

Jangan menyerah mengikut Tuhan sebab Dia mempunyai rencana yang baik bagi setiap kita.

"Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan". (Yeremia 29:11)

 

Baca Juga: Sedang Merasa Putus Asa? Temukan Cara Menghadapinya dari 5 Pengalaman Yosua Ini…

 

5. Ada Tujuan Dalam Rasa Sakit

Mintalah Tuhan untuk menyatakan maksudNya waktu kamu diizinkan melewati kesulitan dalam hidup. Itu adalah pertanyaan masuk akal yang bisa diajukan. Seringkali, jawaban datang dalam proses ketika anda berurusan dengan keadaan sekelilingmu.

"Saudara-saudaraku, anggaplah sebagai suatu kebahagiaan, apabila kamu jatuh ke dalam berbagai-bagai pencobaan, sebab kamu tahu, bahwa ujian terhadap imanmu itu menghasilkan ketekunan. Dan biarkanlah ketekunan itu memperoleh buah yang matang, supaya kamu menjadi sempurna dan utuh dan tak kekurangan suatu apapun". (Yakobus 1:2-4)

 

6. Kamu Dicintai

Bahkan orang yang paling tidak dikasihi di dunia ini sesungguhnya amat dikasihi oleh Tuhan. Itulah sebabnya Allah membiarkan putra tunggalNya mati dengan mengerikan untuk memperbaiki hubungan manusia dan Tuhan. Tuhan begitu mengasihimu. Dia melihat rasa sakitmu dan Ia menangis untukmu.

"Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung, untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang menyebutkan mereka "pohon tarbantin kebenaran", "tanaman TUHAN" untuk memperlihatkan keagungan-Nya." (Yesaya 61:1-3).

 

7. Doamu Didengar Tuhan

"Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan? Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya." (Matius 7:9-10)

 

8. Kamu Gak Menghadapi Ini Semua Sendiri

"Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau." Sebab itu dengan yakin kita dapat berkata: "Tuhan adalah Penolongku. Aku tidak akan takut. Apakah yang dapat dilakukan manusia terhadap aku?" (Ibrani 13:5b-6)

 

Baca Juga: Vaginismus Bikin Aku Merasa Gak Layak Jadi Seorang Istri - Yuanita

 

9. Orang Lain Sudah Melaluinya - Kamu Juga Tentu Bisa

Cobalah untuk berhubungan dengan orang lain yang telah melalui situasi yng serupa. Kamu akan menemukan harapan, kekuatan dan semangat.

"Dan bilamana seorang dapat dialahkan, dua orang akan dapat bertahan. Tali tiga lembar tak mudah diputuskan." (Pengkhotbah 4:12)

 

10. Jangkau Orang Lain yang Juga Sedang Berjuang Untuk Masalah yang Sama

Letakkan fokusmu kepada orang lain dan investasikan hidupmu untuk mereka. Kamu mungkin menemukan bahwa kedamaian pikiran menjadi sumber pengharapan bagi orang lain.

"Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan, yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah. (2Korintus 1:3-4)

 


Kamu diberkati dengan artikel-artikel kami? Mari dukung kami untuk terus menghasilkan konten-konten terbaik di website ini dengan menjadi mitra Jawaban.com. 

Buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk.

DAFTAR DI SINI

Sumber : Sumber Kesaksian: Steve Arterburn and Mike Marino - NLM
Halaman :
1

Ikuti Kami