Cara Mengumpulkan Uang Muka Untuk Rumah Pertama

Cara Mengumpulkan Uang Muka Untuk Rumah Pertama

Mega Permata Official Writer
2328

Memiliki rumah impian pribadi merupakan keingin semua orang. Terutama ketika membeli rumah dari hasil jerih keringat pribadi. Namun masalah uang muka adalah salah satu hambatannya. Itu rasakan bukan hanya seseorang pekerja baru, semua orang juga merasakannya.

Bagaimana tidak untuk membeli sebuah rumah, anda harus merogoh kocek untuk membayar uang muka sebesar 30 persen dari harga. Disisi lain, harga rumah terus menerus mengalami kenaikkan mau tak mau anda mengikuti harga yang baru. 

Berikut sedikit cara mengumpulkan pundi-pundi untuk membeli rumah pertama anda..

 

Pertama, Punya Target Rumah Yang Realistis

Ketika niat untuk memiliki rumah muncul bersikaplah realisitik. Sesuaikan dengan kantong dan dahulukan kebutuhan utama anda. 

 

Kedua, Menabung dari penghasilan

Saat menerima gaji, sisihkan langsung pendapatan anda untuk uang muka. Masukan uang tersebut ke dalam rekening yang tak bisa diambil dalam kurun waktu tertentu. 

 

Baca juga: Beli Rumah Kala Pandemi, Apakah Waktu yang Tepat?

 

Ketiga, Gunakan Aset Anda

Buat apa punya mobil tapi anda tidak memiliki tempat tinggal tetap. Gunakan aset anda ini dengan baik. Jika anda mempunyai mobil dengan harga Rp 500 juta, anda bisa tukar mobil dengan harga setengahnya. Hasil dari selisihnya tersebut bisa digunakan sebagai solusi untuk membayar uang muka rumah anda. 

 

Keempat, Pinjaman

Banyak cara untuk cepat memiliki rumah salah satunya dengan meminjam uang kepada bank. Tapi banyak, beberapa bank menambahkan bunga pinjaman. Jika anda tidak mau terbelit hutang dari bank, anda bisa meminjam uang dari kerabat atau sanak keluarga anda tanpa bunga pinjaman Nol Persen. Dengan begitu anda tidak perlu memikirkan bunga pinjaman.

Jika anda memang ingin memiliki rumah dan anda sudah mempunyai target untuk menempati rumah tersebut-untuk keluarga atau yang lain. Kuncinya adalah kerja keras dan rajin menabung. Dengan begitu target yang anda kerjakan akan segera terwujud.

 

Sumber : Idntimes.com/Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami