Sambut Hari Doa Nasional, Greg Laurie: Jadilah Seperti Nehemia Berdoa Baru Bertindak

Sambut Hari Doa Nasional, Greg Laurie: Jadilah Seperti Nehemia Berdoa Baru Bertindak

Lori Official Writer
188

Bertepatan dengan Hari Doa Nasional pada Kamis, 6 Mei 2021, gereja-gereja di Amerika rencananya akan bergabung untuk memberikan dukungan terkait pandemi Covid-19. 

Karena itulah momen ini diharapkan bisa menggerakkan seluruh gereja untuk mencari wajah Tuhan dengan sungguh sama seperti yang dilakukan Nehemia.

“Kita bisa mencontoh sosok di Alkitab, Nehemia yang artinya ‘dihiburkan oleh Tuhan’,” kata Greg Laurie, pemimpin dari Gereja Harvest Christian Fellowship di Riverside, California. 

Dia menjelaskan, Nehemia dikenal sebagai juru minum Raja Artaxerxes Persia. Suatu kali dia menerima berita dari orang Yahudi bahwa tembok Yerusalem telah hancur dan kota itu telah rata dengan tanah. Mendengar kabar itu hancurlah hati Nehemia. Dia pun berkabung dan mulai berpuasa selama beberapa hari.

Sebenarnya dia tahu apa yang harus dilakukan, tetapi dia memilih berdoa lebih dulu. 

“Kadang saat kita melihat masalah kita, kita hanya menginginkan solusi spiritual: kita berdoa tapi kita tidak mau bertindak. Di lain waktu, kita ingin bertindak, tapi kita tidak berdoa lebih dulu,” terangnya.

Dia menyampaikan bahwa dari Nehemia kita bisa memetik pelajaran kehidupan yang berharga yaitu:

1. Nehemia mengakui kebesaran Tuhan

Dia memulai untuk berdoa atas bangsanya dengan pengakuan akan kebesaran Tuhan.

“Ya, TUHAN, Allah semesta langit, Allah yang maha besar dan dahsyat, yang berpegang pada perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya dan tetap mengikuti perintah-perintah-Nya…” (Nehemia 1: 5)

Kata ‘mengagumi’ adalah kata yang sering diucapkan tanpa terlalu memikirkan maknanya. Tapi tahukah kamu kalau kata ini sebenarnya mengandung makna yang sangat penting. 

Dengan kata ini, Nehemia memulai doanya. Dia mulai memandang masalah dari kaca mata Tuhan. Karena dia mengakui kuasa Tuhan yang besar, karena itulah dia menantikan Tuhan bekerja mendatangkan pemulihan atas bangsanya. Di tengah duka citanya, dia memilih untuk memuji dan memuliakan Tuhan.

2. Nehemia mengingat janji-janji Tuhan

Perhatikan bagaimana Nehemia menyampaikan doanya kepada Tuhan. Dia berkata, “Tuhan… yang berpegang pada perjanjian dan kasih setia-Nya terhadap orang yang kasih kepada-Nya..”

Mungkin kita berpikir, apa penting Nehemia mengingatkan Tuhan akan janji-Nya? Tuhan itu Maha Tahu dan setia sama janji-Nya. Jadi bisa saja Nehemia gak perlu melakukan hal itu. 

Tapi dia melakukannya justru untuk mengingatkan dirinya sendiri bahwa Tuhan punya janji dan percaya kalau Dia akan menepati janji-Nya.

“Akulah Allah Yang Mahakuasa, hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela. Aku akan mengadakan perjanjian antara Aku dan engkau, dan Aku akan membuat engkau sangat banyak.” (Kejadian 17: 1-2)

Jadi doa Nehemia bertujuan seperti ini, “Tuhan, Engkau berjanji memenuhi semua kebutuhan kami, jadi aku berdoa untuk itu.”

 

Baca Juga: Greg Laurie Sampaikan Pesan Yesus Soal Israel di Akhir Zaman

 

3. Nehemia mengakui dosanya

Nehemia berkata, “…dengan mengaku segala dosa yang kami orang Israel telah lakukan terhadap-Mu. Juga aku dan kaum keluargaku telah berbuat dosa. Kami telah sangat bersalah terhadap-Mu dan tidak mengikuti perintah-perintah, ketetapan-ketetapan dan peraturan-peraturan yang telah Kauperintahkan kepada Musa, hamba-Mu itu.” (Nehemia 1: 6-7)

Kadang kita berdoa supaya orang lain berubah. Tapi sebenarnya kita harus berdoa dan mengakui dosa kita sendiri dan meminta Tuhan untuk mengubah kita lebih dulu.

4. Nehemia mengalami kebangunan rohani

Greg menyampaikan bahwa Amerika juga membutuhkan kebangunan rohani yang sejati. 

Kebangunan ini bicara tentang pemulihan pada kondisi semula, mengalai transformasi supaya kita bisa jadi orang yang berkenan bagi Tuhan. Kita dipanggil untuk berdoa bagi para pemimpin dan bangsa kita secara keseluruhan. Sementara kita berdoa supaya orang lain berubah, kita harus berdoa supaya Tuhan mengubah kita. 

 

Baca Juga: Tak Ada Pengecualian, Pendeta Greg Laurie: Semua Orang Kristen Dipanggil Untuk Memuridkan

 

Greg menutup ajakannya di Hari Doa Nasional ini dengan mengingatkan supaya seperti doa Nehemia yang dijawab Tuhan, doa-doa dari gereja juga diharapkan akan mendapatkan perubahan bagi Amerika. 

“Jika kita mau supaya Tuhan campur tangan dalam hidup kita dan bangsa kita, mari berdoa mengakui kebesaran Tuhan, merenungkan janji-janji-Nya dan mengaku dosa kita,” pungkasnya merangkum setiap langkah yang perlu dilakukan di momen Hari Doa Nasional ini.

 


Kamu diberkati dengan artikel-artikel kami? Mari dukung kami untuk terus menghasilkan konten-konten terbaik di website ini dengan menjadi mitra Jawaban.com. 

Buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk.

DAFTAR DI SINI

Sumber : Cbn News | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami