3 Sosok Ini Didaulat Sebagai Perempuan Terkaya di Indonesia Loh! Siapa Aja Ya?
Sumber: Magazine Job Like

Finance / 21 April 2021

Kalangan Sendiri

3 Sosok Ini Didaulat Sebagai Perempuan Terkaya di Indonesia Loh! Siapa Aja Ya?

Lori Official Writer
7117

Di masa sekarang ini, peran perempuan sudah sangat diperhitungkan. Hal ini terlihat dari banyaknya kaum wanita yang lihai dalam bidang bisnis dan usaha. 

Tak sedikit diantaranya bahkan menjadi pengusaha besar yang memiliki pengaruh besar. Jika di masa lalu speran perempuan masih dipandang sebelah mata, maka cara pandang ini telah berubah berkat perjuangan dan kerja keras kaum perempuan untuk menjadi setara dengan kaum laki-laki di segala lini, termasuk dalam hal keuangan. 

Di Indonesia sendiri, kita mengenal banyak perempuan yang membuktikan bahwa mereka juga lihai dalam membangun bisnis dan menjadi sukses. 

Berikut 3 sosok perempuan terkaya di Indonesia:

1. Arini Subianto

Arini Subianto merupakan pengusaha perempuan terkaya nomor satu Indonesia. Harta kekayaannya mencapai Rp 11.4 triliun per tahun 2020. 

Wanita bernama lengkap Arini Saraswaty Subianto ini adalah Presiden Direktur dari Persada Capital Investama yang merupakan perusahaan pengolahan kayu dan minyak sawit, karet dan batu bara.

Setelah kehilangan suami dan ayahnya, Arini yang merupakan putri sulung dari pengusaha besar Indonesia Benny Subianto ini terus bekerja keras membesarkan Persada Group dan telah aktif berinvestasi di sejumlah perusahaan-perusahaan rintisan sejak tahun 2017.

 

2. Kartini Muljadi

Majalah Forbes menobatkan pemilik perusahaan raksasa Tempo Scan Pasific ini  sebagai pengusaha...

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

perempuan terkaya ke-42 pada tahun 2020 silam. 

Gak heran nama Kartini Muljadi masuk dalam daftar karena jumlah kekayaan yang dihasilkannya mencapai sekitar Rp 8.82 triliun. 

Mantan pengacara dan hakim ini sendiri berhasil mengembangkan Tempo Scan Group sebagai bisnis yang mayoritas bergerak di bidang farmasi. Karena kerja kerasnya, Kartini berhasil membangkitkan sektor keuangan Indonesia khususnya di bidang pasar modal. Hal inilah yang bahkan membawanya mendapatkan penghargaan Capital Market Life Time Achievement Award dari Megawati Soekarno Putri pada tahun 2004 silam.

 Di usianya yang hampir mencapai 1 abad, Kartini memberi waktunya lebih banyak untuk kegiatan-kegiatan sosial. Baginya hidup yang diberikan Tuhan haruslah dipakai untuk melakukan hal-hal baik.

“Tuhan menciptakan manusia dengan tujuan yang baik. Maka kita, manusia harus melakukan hal-hal yang baik,” katanya.

3. Elizabeth Sindoro

Elizabeth Sindoro adalah pengusaha perempuan yang masuk jajaran lima besar perempuan terkaya di Indonesia. Dia sendiri adalah pemilik usaha di bidang tekstil Dan Liris dan properti Paramount Group.

Adapun kekayaan Elizabeth mencapai Rp 3.7 triliun. 

 

Baca Juga: 2 Kebiasaan Wanita Sukses Yang Bikin Para Cowok Mundur Seribu Langkah!

 

Pesan Sukses

Kartini adalah tokoh perempuan Indonesia yang memperjuangkan kebebasan wanita untuk melakukan apapun yang mereka bisa di tengah lingkungan sosial. 

Dengan perjuangan ini, wanita-wanita Indonesia pun mendapat kedudukannya setara dengan para pria. Kalau dulu kita diberikan pemahaman bahwa yang pantas meraih kesuksesan adalah pria, maka di masa ini wanita juga memiliki hak yang sama. 

Dari Kartini Muljadi, Arini Subianto dan Elizabeth Sindoro kita belajar bahwa wanita punya kesempatan untuk mengembangkan kemampuan terbaiknya, termasuk dalam hal membangun bisnis. 

Sebagian wanita percaya bahwa dengan menjadi mandiri dan mencapai kebebasan finansial, hidup mereka akan jauh lebih berarti dan berdampak. Hal inilah yang juga disampaikan oleh Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia Bursa Efek Indonesia (BEI), Risa E Rustam, wanita sukses yang sudah malang melintang berkarir di dunia keuangan pasar modal.

"Kebebasan finansial adalah kebutuhan bagi seorang perempuan. Hal itu memungkinkan kita untuk menjalani hidup dengan cara kita sendiri. Salah satu hadiah terbaik yang bisa kita berikan kepada anak-anak kita adalah untuk membesarkan dan menginspirasi anak perempuan kita untuk menjadi wanita yang mandiri secara finansial dan mengajarkan anak laki-laki kita untuk menghargai dan mendukung wanita untuk memperjuangkannya," pesan Risa di peringatan Hari Kartini Rabu, 21 April 2021.

Semoga sosok-sosok perempuan ini bisa jadi inspirasi bagi semua wanita Indonesia untuk terus berkarya dan berkembang.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
Tampilkan per Halaman

Ikuti Kami