Kenapa Mengenali Latar Belakang Pasangan Itu Penting Dalam Pernikahan?

Kenapa Mengenali Latar Belakang Pasangan Itu Penting Dalam Pernikahan?

Lori Official Writer
849

Kita menikah dengan pasangan yang punya latar belakang berbeda. Jadi penting untuk mengenali latar belakang pasanganmu.

Kalau ternyata sebelumnya kamu sudah tahu ada hal-hal sensitif yang dialami pasanganmu di masa lalu, jangan coba-coba pencet tombol itu.

Mungkin istrimu pendiam. Mungkin suamimu pendiam. Omongan kasarmu ditelan sama pasanganmu begitu saja. Dia juga terima setiap bentakan-bentakanmu. Tapi tahukah kamu, waktu hal itu terjadi makin lama kamu hanya akan menunggu bom waktu meledak.

Setiap rumah tangga yang bahagia tidak pernah saling menuntut dan saling menyakiti. Melainkan saling melayani, menghargai dan menghormati. Jadi ambillah komitmen hari ini bahwa, ‘Aku mau bahagia dan aku mau membahagiakan pasanganku.’

Memiliki pernikahan yang bahagia adalah keputusan berdua. Dan hal ini bisa terwujud kalau kamu memilih pasangan yang tepat atau apakah kamu sudah tepat untuk pasanganmu?

Apakah kamu adalah pasangan yang menyenangkan untuk diajak mengarungi perjalanan pernikahan bersama? Apakah pasanganmu bahagia mengarungi perjalanan hidupnya bersama denganmu?

 

Cinta dan Kebahagiaan Kunci Pernikahan Bahagia

Cinta adalah dasar pernikahan yang kuat. Tapi kebahagiaan adalah kunci keberhasilan sebuah pernikahan.

“Orang yang beristeri memusatkan perhatiannya pada perkara duniawi, bagaimana ia dapat menyenangkan isterinya, dan dengan demikian perhatiannya terbagi-bagi. Perempuan yang tidak bersuami dan anak-anak gadis memusatkan perhatian mereka pada perkara Tuhan, supaya tubuh dan jiwa mereka kudus. Tetapi perempuan yang bersuami memusatkan perhatiannya pada perkara duniawi, bagaimana ia dapat menyenangkan suaminya.” (1 Korintus 7: 33-34)

Dari ayat ini dituliskan bahwa tanggung jawab suami adalah menyenangkan istrinya. Begitu pula dengan istri yang harus menyenangkan suaminya. Jadi, dalam pernikahan berusaha menyenangkan suami atau istri adalah sebuah keharusan.

Kebahagiaan pernikahan adalah upah dari usaha terbaik yang dilakukan pasangan menikah kepada suami atau istrinya. Tuhan sendiri menjanjikan hal ini.

“Nikmatilah hidup dengan isteri yang kaukasihi seumur hidupmu yang sia-sia, yang dikaruniakan TUHAN kepadamu di bawah matahari, karena itulah bahagianmu dalam hidup dan dalam usaha yang engkau lakukan dengan jerih payah di bawah matahari.” (Pengkhotbah 9: 9) 

Kalau ternyata selama pernikahan kamu tidak menikmati kebahagiaan bersama pasanganmu, berarti kamu sudah kehilangan upah yang sudah Tuhan sampaikan di ayat yang di atas. Jadi, kebahagiaan dalam rumah tangga harus kita upayakan.

Jangan pernah tuntut pasangan kita untuk membahagiakanmu. Tapi kita sendirilah yang berusaha untuk membahagiakannya.

 

Baca Juga: 7 Ayat Alkitab Tuntunan Untuk Pernikahan Yang Bahagia

 

Ada 3 hal yang harus kita lakukan untuk menyenangkan pasangan:

1. Saling Melayani

“Hendaklah suami memenuhi kewajibannya terhadap isterinya, demikian pula isteri terhadap suaminya. Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya.” (1 Korintus 7: 3-4)

Melayani pasangan bukan berarti hanya seputar perkara kehidupan seksual. Tapi lebih dari itu, melayani pasangan bisa dilakukan lewat hal-hal yang sederhana.

Tanyakanlah apa yang bisa membuat pasanganmu bahagia.

- Apakah itu berbagi hobi yang sama

- Mempelajari dunianya 

- Memperlakukan pasangan dengan bahasa kasih baik dengan kata-kata cinta, waktu berkualitas, sentuhan, hadiah atau pelayanan.

Kalau kamu tahu tombol yang tepat untuk dipencet, maka membahagiakan pasangan akan terasa sangat mudah.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA -->

Sumber : Youtube.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami