Mengenang Sosok Luis Palau, Penginjil Internasional yang Haus Akan Jiwa-jiwa
Sumber: christianpost

News / 23 March 2021

Kalangan Sendiri

Mengenang Sosok Luis Palau, Penginjil Internasional yang Haus Akan Jiwa-jiwa

Claudia Jessica Official Writer
2043

Keluarga dan teman dekat Luis Palau mengenang penginjil terkenal yang berfokus pada Yesus.

Rich McKinley, pendeta pendiri Komunitas Imago Dei di Portland, Oregon, berkata penginjil tersebut mengatakan kepadanya bahwa dia akan menggunakan setiap kesempatan yang diberikan oleh kanker yang dideritanya untuk berkhotbah tentang Surga. Dia berkata bahwa dia tahu ke mana dia pergi: “bersama Tuhan di surga.”

McKinley mengatakan Palau hanya mendapat waktu sekitar tiga bulan setelah dokter mendiagnosis dirinya menderita kanker paru-paru pada tahun 2018, namun ia berhasil hidup tiga tahun lebih lama. Dalam pidatonya, McKinley mengatakan bahwa Palau “memiliki catatan singkat tentang dosa” dan “dikenal karena mencintai dan merawat gereja lokal.”

“Dia memandang kekudusan dengan serius, bukan sekedar untuk dibicarakan saja,” kata McKinley kepada hadirin.

Upacara peringatan kematiannya dihadiri oleh sedikit orang namun disiarkan langsung di halaman Facebook Luis Palau dan situs pribadinya.

Penginjil itu meninggal pada pagi hari tanggal 11 Maret pada usia 86 tahun setelah pertempurannya dengan kanker.

Kevin Palau, salah satu putra penginjil kelahiran Argentina, mengenang bagaimana ayahnya mencintai dan merawat keluarganya dan memuji istrinya atas pelayanannya karena dia sering tinggal jauh dari rumah untuk membagikan Injil kepada orang-orang di seluruh dunia.

 

Baca juga: Divonis Derita Kanker Paru-Paru, Penginjil Luis Palau Dapat Kedamaian Seusai Baca Ayat Ini

 

Palau dikenal karena mengumpulkan banyak orang untuk acara kebangunan rohani dan ia sering kali bekerja sama dengan jemaat lokal. Misalnya, Palau mengumpulkan lebih dari 1.000 gereja di Kota New York untuk mengatur sekitar 60.000 orang di Central Park untuk acara penginjilan pada tahun 2015.

Keith Palau, seorang putra lainnya, mengenang bahwa ayahnya suka menulis surat kepada keluarga, teman, dan rekan pelayanan. Sang pengkhotbah yang akan mengakhiri suratnya dengan Mazmur 20.

Staf Palau dari Amerika Latin, tempat di mana dia sangat populer, juga membagikan pesan video untuk memberikan penghormatan.

Josh White, pendeta utama dari sebuah keluarga gereja yang berbasis di Oregon yang disebut Door of Hope, mengatakan “kemahirannya Palau mengalir dari kesederhanaan iman.”

White berkata Palau menjaga salib di pusat segalanya, yang membantunya dalam kekudusan. Dia mengatakan warisan Palau adalah “dia menunjukkan kepada dunia kesederhanaan Injil.”

Karena Palau memimpin lebih dari 1 juta orang kepada Kristus, White menekankan bahwa pelayanan Palau akan terus berlanjut.

Andrew Palau, putranya yang lain, berbagi bahwa ayahnya ingin keluarganya “hanya menunjuk kepada Yesus” pada upacara pemakamannya dan tidak menjadikannya “urusan besar”.

"Kami akan tidak mematuhinya untuk yang terakhir kalinya," kata putranya.

Andrew Palau berkata bahwa ayahnya ingin nisannya mengatakan: “Di sinilah letak Luis Palau. Dia tidak sempurna, tapi dia benar-benar mencintai Yesus.”

Andrew Palau yang belum lama ini berkhotbah di sebuah acara penginjilan di Florida membagikan Yohanes 10: 10 yang merupakan ayat Alkitab favorit ayahnya.

“Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan,” demikian bunyi ayat itu.

Wendy Palau, menantu penginjil, berkata bahwa dia belajar dari ayah mertuanya untuk “jangan pernah melupakan Injil” dan “selalu membagikannya.”

 

Baca juga: Haus Akan Jiwa-jiwa, Luis Palau Kunjungi Paraguay

 

Pada tahun 2018, tahun yang sama ketika film otobiografi “Palau the Movie” yang menggambarkan kisah hidup penginjil dirilis, Palau mengumumkan diagnosis kankernya.

“Bagi saya, hal pertama yang kamu lakukan adalah menangis,” kata Palau dalam pengumuman itu.

“Saya pikir, 'Oh wow, saya bisa pergi dalam beberapa bulan.' Dan satu pemikiran konyol yang muncul di benak saya adalah bahwa saya tidak akan bisa mengangkat telepon dan berbicara dengan anak laki-laki dan mendengar suara mereka dan berbicara dengan istri saya.”

“Jadi semuanya sudah siap, dan jika Tuhan ingin membawa saya pulang dalam dua bulan atau dua tahun ke depan, maka saya siap,” ucapnya yakin.

Palau terus berjuang selama beberapa tahun berikutnya. Penginjil itu melaporkan pada Februari 2020 bahwa dia merasa cukup sehat, dengan penyakit yang dideritanya. Namun pada akhir Februari 2021, Andrew Palau mengumumkan bahwa ayahnya memasuki perawatan rumah sakit karena kondisi kesehatannya semakin memburuk.

Lahir di Buenos Aires, Argentina, pada tahun 1934, Palau pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1960 untuk terlibat dalam pekerjaan pelayanan, yang akhirnya berkantor pusat di Asosiasi Luis Palau di Portland, Oregon.

Palau meninggalkan istrinya, Patricia; putra Kevin, Keith, Andrew dan Stephen; menantu perempuan Michelle, Gloria dan Wendy; saudaranya Matilde, Martha, Catalina, Margarita Ruth, dan Jorge; serta 12 orang cucu.

Palau telah memberikan dampak besar bagi orang percaya sebelum kepulangannya ke Surga. Bagaimana denganmu? Apakah kamu sudah membagikan kabar baik hari ini?

Sumber : christianpost
Halaman :
1

Ikuti Kami