Gak Banyak yang Tahu, Ini Loh Sosok yang Amat Berjasa Saat Kematian Yesus

Gak Banyak yang Tahu, Ini Loh Sosok yang Amat Berjasa Saat Kematian Yesus

Lori Official Writer
499

Saat kematian Yesus, kita tahu ada satu sosok yang yang mengenal Yesus semasa hidupnya dan mau membantu semua urusan pemakaman Yesus. Dia adalah Yusuf Arimatea.

Kehadiran Yusuf Arimatea sendiri dituliskan di kitab Matius, Markus, Lukas dan Yohanes. Masing-masing menjelaskan peran Yusuf setelah Yesus disalibkan hingga penguburannya.

Jadi, mari mempelajari peran penting apa yang dilakukan Yusuf Arimatea untuk Yesus.

 

Berikut informasi soal siapa Yusuf Arimatea

1. Dia adalah seorang pria asal kota Yahudi Arimatea (Lukas 23: 50). Arimatea sendiri merupakan kota yang terletak sekitar 20 mil dari Barat Laut Yerusalem. Nama Arimatea berarti ‘ketinggian’. 

Sedangkan Yusuf adalah nama yang umum diberikan kepada anak laki-laki di kota itu. Dan Arimatea menjadi nama belakang yang disematkan sebagai pengenal.

2. Yusuf Arimatea dikenal sebagai pria kaya (Matius 27: 57). Seseorang yang disebut kaya waktu itu adalah mereka yang taraf hidupnya lebih tinggi dibanding orang-orang pada umumnya. 

3. Dia adalah salah seorang murid Yesus (Matius 27: 57; Yohanes 19: 38). Saat ditelusuri rupanya Yusuf adalah salah seorang murid Yesus atau pengikut-Nya yang sudah mengenal Yesus dan mulai percaya kepada prinsip dan pengajaran yang Yesus sampaikan. Karena itulah, Yusuf percaya kepada Yesus.

4. Ternyata Yusuf memiliki ketakutan kepada orang Yahudi (Yohanes 19: 38). Karena itulah, saat Yesus disiksa para pengikut Yesus, Yusuf sendiri tidak bisa berbuat apa-apa selain menyaksikan peristiwa tersebut. 

5. Dia dikenal sebagai anggota dewan yang dihormati (Markus 15: 23; Lukas 23: 50). Dia adalah seorang anggota dewan Sanhedrin, yang bertindak sebagai badan penguasa religius bagi orang Yahudi. 

Karena dia adalah orang yang dihormati, dia diberi akses kepada Pilatus karena tuduhan yang dibuat oleh orang Yahudi, yang waktu itu berusaha untuk menggantikan pemerintahan Kaisar.

6. Yusuf Arimatea adalah orang yang haus akan kebenaran. Karena itu dia sangat tekun belajar dari Yesus. 

 

Baca Juga: #FaktaAlkitab : Yusuf Arimatea, Orang Ini Pemilik Kuburan Yesus

 

Bagaimana Yusuf Arimatea berjasa saat kematian Yesus?

Yusuf datang di malam penyaliban dan kematian Yesus. Waktu itu tepatnya disebut hari persiapan sebelum Sabat (Markus 15: 42-43).

Dia berprofesi sebagai anggota dewan yang dihormati. Tapi diam-diam dia mengikuti pengajaran Yesus karena dia takut kepada orang Yahudi. Dia sendiri tidak menyetujui keputusan yang diambil oleh pemimpin agama dan Herodes saat itu.

Tapi dengan dorongan keberanian, Yusuf meminta kepada Pilatus supaya dia mengurus jasad Yesus setelah mati di kayu salib (Matius 27:58; Markus 15: 43; Lukas 23: 52; Yohanes 19: 38). 

Yusuf yang saat itu dibantu oleh Nikodemus menurunkan tubuh Yesus. Lalu mereka membersihkan dan membungkusnya dengan kain kafan yang bersih dan melumurinya dengan 75 pon mur dan gaharu, seperti tradisi penguburan orang Yahudi (Yohanes 19: 39). 

Yang paling mengesankannya adalah Yusuf bahkan sudah menyediakan kuburan untuk Yesus. Dia membeli dan mempersiapkan sendiri kuburan tersebut (Matius 27: 57). Setelah memasukkan Jasad Yesus dalam kubur, dia dan Nikodemus menutup pintu kubur yang cukup besar tersebut dan meninggalkannya (Matius 27: 60; Markus 15: 46).

 

Kenapa Yusuf Arimatea Penting Saat Paskah

Yusuf Arimatea jadi pribadi yang penting karena rasa hormatnya kepada Yesus. Dia tidak membiarkan Yesus begitu saja setelah kematiann-Nya. Dan dia bahkan menyangkali keyakinan Yahudinya demi Yesus sendiri. 

Bahkan sebagai orang yang memiliki kedudukan dan terpandang, dia mau menjadi pengikut Yesus yang banyak ditentang oleh para pemimpin Yahudi.

Seandainya Yusuf tidak mengurus jasad Yesus, bisa jadi orang Romawi akan membuangnya dan menyerahan tubuhnya sebagai santapan para binatang.

Fakta lain tentang Yusuf Arimatea adalah bahwa ternyata dia jadi bagian penting penggenapan nubuatan Yesus (Mazmur 16: 10, Kisah Para Rasul 2: 25-28). 

Di Matius 27: 62-66, dikisahkan tentang bagaimana para pemimpin agama Yahudi menghadap Pilatus dan mengingatkan dia tentang apa yang Yesus katakan. Bahwa Dia akan bangkit setelah hari yang ketiga. Mereka meminta supaya kuburan itu disegel dan dijaga.

 

Baca Juga: 4 Tempat Penting Kehidupan Sampai Kematian Yesus

 

Jadi Yusuf Arimatea adalah salah satu sosok yang paling berjasa di detik-detik terakhir hidup Yesus. Walaupun kisah hidupnya tidak banyak ditulis di dalam Alkitab, tapi apa yang dilakukan Yusuf berperan sangat penting dalam sejarah kematian dan kebangkitan Yesus.

Apakah kamu ingin menjadi sosok yang dianggap penting bagi Yesus? Mari kabarkan kebaikan-Nya bagi orang-orang di sekitarmu dan biar mereka mengenal kasih Tuhan sepertimu.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami