Resmi Jadi Laki-laki,  Mantan Atlet Voli Putri Aprilia Manganang Ucap Syukur ‘Puji Tuhan'

Resmi Jadi Laki-laki, Mantan Atlet Voli Putri Aprilia Manganang Ucap Syukur ‘Puji Tuhan'

Lori Official Writer
417

Mantan atlet voli putri Indonesia, Aprilia Manganang secara mengejutkan mengumumkan transformasi dirinya berstatus laki-laki. 

Hal ini diungkapkan Aprilia dalam konferensi pers bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI, Jenderal Andika Perkasa, yang dilakukan secara virtual dari RSPAD Gatot Subroto pada Selasa, 9 Maret 2021 kemarin.

Rupanya diketahui bahwa Aprilia tengah menjalani operasi perbaikan jenis kelamin tahap pertama, setelah tim medis menyatakan bahwa Aprilia Manganang mengidap kelainan sistem reproduksi yang disebut dengan Hipospadia

Meskipun Aprilia sejak kecil sudah diidentifikasi sebagai perempuan. Namun tim medis memastikan jika mantan atlet voli Indonesia ini sebenarnya terlahir sebagai laki-laki. Karena itu, Aprilia dipastikan menjalani operasi perbaikan organ reproduksi secara serius.

Sementara Aprilia sendiri mengaku bersyukur atas momen ini. Apalagi mengingat bahwa tindak medis ini juga mendapat dukungan penuh dari para petinggi TNI yang memimpinnya.

Dia juga tak lupa mengucap syukur kepada Tuhan karena sudah mengirimkan orang-orang yang mendukungnya untuk mengatasi masalah kelainan yang selama ini dia hadapi.

“Ini momen yang sangat saya tunggu Bapak. Saya bahagia banget. Puji Tuhan Yesus saya bisa lewati ini dan saya sangat bersyukur Tuhan pakai Bapak dan Ibu untuk mempertemukan saya,” kata Aprilia.

Dia mengaku bahagia karena keputusannya untuk mengubah status menjadi laki-laki sudah ada sejak lama. Bahkan sejak kecil, kedua orangtuanya sudah mengetahui kelainan yang dialami Aprilia. Namun lantaran tidak kondisi ekonomi yang tidak memungkinkan membuat rencana operasi tersebut tak kunjung terjadi.

“Saya berterima kasih kepada dokter yang sudah membantu saya. Saya sangat bahagia selama 28 tahun, saya menunggu keinginan saya, dan akhirnya tahun ini bisa tercapai,” ungkapnya.

 

Baca Juga: Keluarga Kurang Mampu, Pevoli Putri Aprilia Manganang Ceritakan Nasib Jadi Anak Asisten Rumah Tangga

 

Perubahan gender yang tengah dijalani Aprilia sendiri dipastikan bukan termasuk dalam kategori transgender. Hal ini ditegaskan oleh Jenderal Andika Perkasa kepada publik, karena kasus Aprilia sendiri disebabkan oleh penyakit langka.

Setelah proses operasi tahap dua, yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini selesai, Aprilia akan resmi berganti nama. Nama baru ini nantinya akan diputuskan bersama dengan kedua orangtuanya dan akan diproses melalui jalur hukum. Bahkan TNI akan membantu Aprilia untuk mengurus dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk perubahan identitasnya menjadi laki-laki, termasuk jabatan baru yang akan diterima oleh anggota TNI wanita berpangkat Sersan Dua ini.

Setelah menorehkan segudang prestasi di dunia olahraga Voli Putri, seperti meraih juara Proliga pada tahun 2015, 2016, 2017 dan 2019 serta pernah memperkuat TIMNAS Voli Putri Indonesia di SEA Games dan ASEAN Games, Aprilia Manganang akhirnya memutuskan untuk pesiun dari Voli pada tahun 2020 yang lalu.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami