Kunjungan Ke Irak, Paus Fransiskus Mampir Ke Kampung Halaman Abraham

Kunjungan Ke Irak, Paus Fransiskus Mampir Ke Kampung Halaman Abraham

Puji Astuti Official Writer
672

Dalam kunjungannya ke Irak, Paus Fransiskus mengunjungi kota kuno Ur, yang merupakan kampung halaman Abraham. Bersama dengan perwakilan Gereja Kristen, Muslim, Yahudi dan komunitas religius minoritas di kota Ur, Paus berdoa agar terjadinya rekonsiliasi, damai dan kekuatan untuk membangun kembali kerusak akibat perang yang lalu. 

Kunjungan Apastolik Paus Fransiskus dilakukan selama 4 hari, pada Jumat (5/3/2021) lalu mendarat di Bandara Internasional Baghdad dan disambut langsung oleh Perdana Menteri Irak Mustafa Al Kadhemi. 

Doa bersama dilakukan di sebuah tenda yang didirikan di samping rumah Abraham, dengan latar belakang kuil Sumeria berusia 4000 tahun yang masih terawat dan juga didekat komplek rumah tinggal dan istana yang dikenal dengan nama Great Zigurat of Ur. 

Dalam doanya Paus Fransiskus memohon, "Kami memohon kepada-Mu, Tuhan dari bapa kami Abraham dan Tuhan kami, untuk memberikan kami iman yang kuat, iman yang berlimpah dalam pekerjaan baik, iman yang membuka hati kami untuk-Mu dan untuk semua saudara dan saudari kami; dan harapan tak terbatas yang mampu membedakan dalam setiap situasi kesetiaan-Mu pada janji-janji-Mu."

"Jadikanlah kami masing-masing saksi tentang kepedulian-Mu yang penuh kasih bagi semua, terutama para pengungsi dan yang terlantar, para janda dan yatim piatu, yang miskin dan yang lemah," demikian tambahnya. 

Selain ke kota Ur, Paus Fransiskus juga mengunjungi Mosul, kota yang pernah dikuasai ISIS selama tiga tahun. Diantara reruntuhan gereja, Paus menyatakan bahwa, "Hari ini, bagaimanapun, kami menegaskan kembali keyakinan kami bahwa persaudaraan lebih kuat dibandingkan pembunuhan saudara, bahwa harapan lebih kuat dari kebencian, dan bahwa perdamaian lebih kuat daripada peperangan. "

Lawatan Paus ke Irak ini menjadi lawatan pertamanya sejak pandemi melanda dunia setahun lalu, dan menjadi kunjungan kepala negara pertama ke wilayah itu.


BACA JUGA :

FaktaAlkitab – Abraham, Bapak Orang Israel

Ikuti Jejaknya, Paus Fransiskus Mau Semua Orang Dapatkan Vaksin Karena Alasan Ini…


 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami