Wajib Tahu! Ini Loh 7 Jenis Rasa Lapar yang Sering Kita Alami

Wajib Tahu! Ini Loh 7 Jenis Rasa Lapar yang Sering Kita Alami

Lori Official Writer
404

Rasa lapar yang biasanya kita alami biasanya mengidentifikasikan kalau kita butuh mengisi perut dengan makanan atau minum. Bahkan saat seseorang mulai merasa lapar, akan muncul keinginan kuat untuk mencari makanan yang sesuai dengan keinginannya. 

Tapi tahukah kamu, bahwa ternyata rasa lapar tidak selamanya dipicu karena perut memang sedang dalam keadaan kosong loh. Tetapi rasa lapar ini bisa dipicu oleh pikiran, emosi dan keinginan kita.

Berdasarkan pola makan yang kita terapkan, ada 7 jenis rasa lapar yang bisa muncul dan keseluruhannya terkait dengan berbagai organ tubuh kita, baik pikiran, jantung, mata, hidung, mulut, sel dan perut. Karena itu penting untuk mengetahui jenis-jenis rasa lapar ini supaya kita bisa mengatasi masalah lapar yang sering kita alami.

1. Rasa Lapar Dari Pikiran

Rasa lapar dari pikiran biasanya akan membuat kita terdorong untuk ‘harus’ memakan sesuatu yang kita inginkan. 

Misalnya, ‘Hari ini adalah hari keberuntunganku jadi aku harus membeli kue’. Atau ‘Aku sedih sekali, jadi aku harus makan es krim.’

Jenis rasa lapar ini satu ini biasanya dikendalikan oleh suasana hati dan pikiran kita. 

Suasana hati manusia memang sangat mudah berubah. Karena itulah kita perlu mengendalikannya dengan cara yang tepat. 

Bagaimana mengatasi rasa lapar ini? 

Cobalah untuk bertanya ke diri sendiri sebelum makan. Apakah kamu makan karena lapar? Apakah kamu harus memakan makanan yang kamu inginkan karena anjuran kesehatan? Apakah makanan itu akan memuaskanmu? Jadi cobalah untuk waspada dengan rasa lapar dari pikiran.

2. Rasa Lapar Karena Emosi

Rasa lapar emosi ini bisa positif dan bisa negatif. Sering kali, kita akan makan sebagai respon dari emosi negatif karena mengira makanan akan membantu mengisi kekosongan di dalam diri kita atau membuat suasana hati kita lebih tenang.

Sementara dari sisi positifnya, seseorang ingin makan sesuatu yang mengingatkannya sebagai kenangan. Misalnya, kamu mungkin rindu menikmati masakan ibu atau jenis makanan enak yang pernah kamu makan. Akibatnya, kamu terdorong untuk menemukan makanan tersebut dan mulai bernostalgia dengan cita rasa yang pernah kamu rasakan.

Bagaimana cara mengatasi rasa lapar jenis ini? 

Atasi keinginan lapar ini dengan cara yang sehat. Cobalah mencari orang lain untuk membangun interaksi yang mengalihkan kenangan di memorimu tentang makanan tersebut. Hal ini akan menahanmu untuk memikirkannya.

3. Rasa Lapar Mata

Menyaksikan video mukbang di sosial media atau Youtube bisa jadi salah satu pemicu rasa lapar mata. 

Saat menyaksikan orang lain menyantap makanan dengan lahap, kita akan tersugesti untuk melakukannya juga. Saat mata melihat makanan yang menggoda, maka respon tersebut akan dikirimkan oleh mata ke pikiran yang kemudian akan dikirimkan ke perut dan tubuh. 

Saat kamu tidak bisa menahan keinginan ini, cobalah untuk segera mengalihkan perhatianmu kepada hal-hal lain yang jauh dari makanan. Misalnya, berhenti memutar video mukbang dan beralih ke jenis tontonan yang lain.

 

Baca Juga: Lapar Bikin Cepat Emosi, Kenapa Ya? Ini Alasan Ilmiahnya…

 

4. Rasa Lapar dari Penciuman

Hidung membantu kita mencium aroma di sekitar. Sama halnya dengan rasa sensitive penciuman terhadap wangi parfum, hidung juga melakukan tugas yang sama dalam hal makanan.

Saat hidung mulai mengendus aroma makanan yang lezat, maka aroma itu akan dikirimkan ke otak lalu diproses dengan memberi rasa ingin makan di dalam pikiran dan perut. 

Aroma kopi, mentega meleleh atau roti panggang biasanya akan membuat seseorang lapar dan berniat untuk memenuhi keinginan itu dengan makan. Jadi, tak heran jika penciuman berperan besar meningkatkan selera makan. Saat seseorang mengalami flu atau hidung mampet, biasanya mereka akan mengalami gangguan makan. 

Bagaimana cara mencegah makan berlebih akibat penciuman?

Sebelum makan, dekatkan piring makanmu ke hidung dan dengan sabar ciumlah setiap aromanya. Kemudian mulailah makan secara perlahan. Hal ini membantu untuk makan lebih sedikit karena saat kamu sudah setengah kenyang dengan aromanya, maka kamu hanya akan makan sebagian kecil saja.

 

Baca Juga: Mulut Gak Berhenti Ngemil Seharian? Buat Perutmu Lebih Kenyang Pakai Cara Jitu Ini

 

5. Rasa Lapar Karena Mulut

Lapar karena keinginan mulut disebut juga dengan perasaan atau keinginan untuk mencicipi berbagai rasa atau tekstur makanan. 

Rasa lapar akibat mulut terjadi karena mudahnya mulut menjadi bosan dengan jenis makanan tertentu.

Untuk mencegahnya, para ahli menyarankan memakan lebih banyak protein dan biji-bijian yang kaya serat. Sehingga perut akan merasa kenyang lebih lama dan mencegah mulut untuk makan berlebihan.

6. Rasa Lapar Karena Keinginan Tubuh

Apa maksud dari lapar karena keinginan tubuh?

Rasa lapar yang satu ini rupanya dipicu oleh keinginan tubuh sendiri. Misalnya, saat tubuh tidak mengkonsumsi nutrisi tertentu, maka tubuh akan memberikan dorongan untuk mengkonsumsi makaan yang kaya nutrisi.

Misalnya, dorongan ingin makan ikan dan daging sebagai sumber vitamin B12 yang baik. Biasanya rasa lapar ini membuat seseorang tak peduli dengan batas makanan yang harus dikonsumsi.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk mendengar alarm tubuh. Fokuslah kepada kebiasaan makanan yang seimbang. Jangan biarkan satu makanan tertentu mendominasi dan malah menyebabkan masalah bagi kesehatan.

7. Rasa Lapar Karena Perut Kosong 

Lapar karena perut kosong disebut dengan rasa lapar yang biologis. 

Saat perut lapar, kita akan mengalami perut keroncongan. Dan para ahli menyampaikan bahwa perut hanya mengingatkan kita untuk makan sesuai dengan jadwalnya. 

Misalnya, kita terbiasa makan tiga kali sehari. Jadi, perut akan mengingatkan kita dengan mengeluarkan suara keroncongan di jam makanan yang kita tetapkan. Hal ini membuat kita harus makan karena sudah waktunya makan.

Jadi, kapanpun perut menunjukkan peringatan lapar usahakanlah untuk memasukkan makanan dengan porsi yang kecil. Hal ini membantu untuk memuaskan perasaan bahwa kamu sudah memakan sesuatu. Namun jika memang harus, segeralah mengisi perut dengan makanan sesaat setelah suara keroncongan muncul.

 

Kesimpulan

Mungkin ada banyak dari kita yang mengalami masalah lapar dengan jenis yang berbeda-beda. 

Jika kamu sudah mengidentifikasi kenapa rasa lapar yang kamu alami muncul, segeralah mengatasinya dengan saran yang sudah diberikan di artikel ini. Dan jangan lupa supaya tetap menjaga pola makan yang sehat ya!

Sumber : Boldsky.com
Halaman :
1

Ikuti Kami