Jelang Imlek, Ini Anjuran Dari Menteri Agama Untuk Yang Merayakan

Jelang Imlek, Ini Anjuran Dari Menteri Agama Untuk Yang Merayakan

Puji Astuti Official Writer
316

Menjelang Tahun Baru Imlek yang akan dirayakan oleh masyarakat Tionghoa dan umat Konghucu pada 12 Februari 2021 nanti, Pemerintah Republik Indonesia memberikan himbauan untuk merayakannya secara sederhana dan melalui virtual karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Himbauan tersebut disampaikan dalam keterangan pers secara live oleh Menko PMK, Menteri Kesehatan, dan Menteri Agama melalui akun Youtube Sekretariat Presiden. 

Dalam himbauannya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas juga menceritakan secuplik pengalamannya saat perayaan Imlek bagaimana ia dan para santri sangat senang karena mendapatkan ang pao, karena lokasi pesantrennya yang dekat dengan pemukiman masyarakat Tionghoa. 

"Nah, tentu karena sekarang situasinya berbeda, Indonesia dan dunia sedang mengalami pandemi Covid-19 saya kira umat Konghucu juga harus mawas diri. Bahwa perayaan Imlek itu bisa dirayakan dengan cara yang sangat sederhana. Karena pada prinsipnya seperti yang saya sampaikan tadi, perayaan Imlek ini adalah ungkapan syukur kepada Tuhan," demikian ungkap Menag Yaqut, Kamis (4/2/2021) lalu.

Untuk itu, Menag Yaqut meminta agar acara silaturahmi saat Imlek bisa dilakukan dengan cara yang bisa menjaga satu sama lain, seperti melakukannya secara virtual. Dirinya mengaku sudah melakukan koordinasi dengan para pemuka agama Konghucu dan tokoh-tokoh masyarakat Tionghoa tentang pelaksanaan Imlek 2021 ini dilakukan secara sederhana dan virtual tanpa mengurangi makna dari perayaan tersebut. Selain itu Menag juga mengajak untuk mereka yang akan mengadakan ibadah Imlek untuk berdoa agar Bangsa Indonesia dan umat manusia terbebas dari pandemi Covid-19.

Pemerintah saat ini sedang bekerja keras untuk mengatasi pandemi Covid-19 ini, mulai dari  vaksinasi hingga memperketat kegiatan masyarakat. Semua itu tentunya dengan tujuan untuk segera keluar dari kondisi pandemi ini. Untuk itu mari dukung usaha pemerintah ini, dengan mentaati anjuran di atas dan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan. Walau sederhana, perayaan Imlek tetap akan bermakna. Selamat mempersiapkan Tahun Baru Imlek untuk para pengunjung Jawaban yang merayakannya.

Baca juga : 

Maknai Imlek Dengan Cara Berbeda, Yuk Bawa Kabar Injil Di Tahun Baru China Ini

Bolehkah Orang Kristen Rayakan Imlek? 

Sumber : Youtube Sekretariat Presiden

Ikuti Kami