Hari Kanker Sedunia : Biar Sehat, Yuk Hindari 10 Kebiasaan Penyebab Kanker Ini!

Hari Kanker Sedunia : Biar Sehat, Yuk Hindari 10 Kebiasaan Penyebab Kanker Ini!

Lori Official Writer
701

Di peringatan Hari Kanker Sedunia 4 Februari 2021 ini, mengajak semua masyarakat Internasional untuk lebih sadar akan kesehatan. Sehingga risiko kanker yang menjadi penyakit paling mematikan di duna ini bisa diminimalisir. Apalagi mengingat masa-masa dimana semua orang ikut berjuang menghadapi gempuran virus Covid-19.

Karena itu, banyak organisasi penggiat kanker kerap menyuarakan pola hidup sehat dan seimbang kepada masyarakat dunia.  Sebab salah satu penyebab utama munculnya kanker adalah kebiasaan hidup yang buruk. Parahnya, tubuh bisa terpapar berbagai jenis sel kanker. Mulai dari yang ringan, sedang hingga yang paling kronis. 

Seperti dikutip dari Yayasan Kanker Indonesia, terdapat 12 jenis kanker yang paling mematikan yang bisa muncul di dalam tubuh diantaranya:

- Kanker Darah atau Leukemia

- Kanker Hati

- Kanker Payudara

- Kanker Kulit Melanoma

- Kanker Lambung

- Kanker Lidah

- Kanker Mata

- Kanker Serviks

- Kanker Tiroid

- Kanker Paru dan

- Kanker Otak

Kanker adalah salah satu kondisi kesehatan yang paling parah. Kanker muncul ketika perubahan genetic menganggu proses pembelahan sel normal dalam tubuh dan menyebabkan sel-sel abnormal tumbuh tak terkendali dan berkembang biak. Pertumbuhan sel ini disebut tumor.

2 Tipe Tumor

Tumor bisa bersifat ganas atau jinak. Tumor kanker yang bersifat ganas artinya bisa tumbuh dan menyebar ke bagian organ tubuh lain. Sementara tumor jinak adalah tumor yang tumbuh dalam tubuh tetapi tidak akan menyebar. Tapi ada beberapa jenis kanker yang bahkan tidak membentuk tumor diantaranya kanker leukemia, limfoma dan mieloma.

Pada tahun 2014, tercatat jumlah penderita kanker di seluruh dunia mencapai 14.5 juta orang. Diperkirakan akan meningkat menjadi 19 juta pada tahun 2024 mendatang.  Tentu saja hal ini menjadi pengingat bagi kita bahwa kanker sendiri adalah penyakit yang sudah banyak menyebabkan kematian di seluruh dunia dan jumlah penderita kanker baru akan terus meningkat jika masyarakat sama sekali tidak menerapkan pola hidup sehat sehari-hari.

Penyebab Kanker

Kanker bisa muncul sebagai akibat dari pola makan yang tidak sehat, seperti indeks massa tubuh yang berlebih, asupan buah dan sayuran yang rendah, kurang akitivitas fisik, merokok dan konsumsi alkohol berlebihan.

Mari mencatat sejumlah kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan kanker berikut:

1# Alkohol

Mengkonsumsi alkohol sudah telah teruji sebagai salah satu penyebab kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi alkohol sebanyak dua gelas dalam sehari bisa meningkatkan risiko kanker esophagus, kanker usus besar, kanker rectum dan kanker payudara. 

Alkohol juga bisa meningkatkan produksi asam lambung yang menjadi faktor penyebab kerusakan lapisan saluran pencernaan.

2# Pengharum Ruangan

Pengharum ruangan menjadi alat yang banyak dipakai rumah tangga dalam kehidupan sehari-hari. 

Jika kita berpikir pengharum ruangan akan menggantikan udara yang buruk menjadi segar kembali, maka kita salah besar. 

Kebenarannya adalah pengharum ruangan tidak bisa mengubah kualitas udara menjadi lebih bersih. Sebaliknya hanya mengusir bau ruangan saja. Sementara kandungan dalam pengharum ruangan terbuat dari zat berbahaya yang bisa menyebabkan kanker saat terhirup melalui penciuman kita.

3# Asap Kendaraan

Mereka yang setiap hari terpapar bahan bakar diesel atau asap kendaraan memiliki risiko tinggi terkena kanker paru-paru dan gangguan pernapasan lainnya. Bahan bakar kendaraan (baik diesel maupun bensin) melepaskan karbon monoksida dan hidrokarbon yang beracun. Sehingga saat seseorang menghirup asap kendaraan ini, maka besar kemungkinan zat beracun akan masuk ke dalam paru-paru dan merusaknya.

4# Konsumsi Makanan Dibakar

Waktu kita membakar makanan seperti ikan, ayam dan daging, makanan tersebut menjadi sedikit gosong dan menghitam. 

Walaupun aroma asap daging atau makanan yang dibakar cukup menggoda, tapi senyawa seperti amina heterosiklik atau disebut dengan hidrokarbon aromatik polisiklik (PAH) bisa meningkatkan risiko kanker perut, usus besar dan pankreas.

5# Konsumsi Makanan Kalengan

Makanan kalengan sama sekali tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatan. Karena makanan ini sudah disegel di dalam wadah yang terbuat dari logam yang dilapisi lapisan plastik yang penuh dengan bahan kimia berbahaya.

Waktu kita mengkonsumsi makanan kalengan ini, maka tubuh akan mengalami gangguan hormonal dan perubahan DNA yang bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

 

Baca Juga: Kezia Christine, Mujizat Kesembuhan Seorang Pengidap Kanker Lidah

 

6# Minum Minuman Berkarbonasi

Sebuah studi terbaru menemukan bahwa ada begitu banyak jenis minuman bersoda dari merek-merek tertentu yang mengandung 4 methylimidazole yang sangat tinggi. Kandungan ini juga dikenal dengan karsinogen hewan. Minuman bersoda atau berkarbonasi biasanya mengandung pemanis buatan yang terbukti sebagai penyebab kanker pankreas dan jenis kanker lainnya.

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa mengkonsumsi minuman bersoda bisa menyebabkan kanker kandung kemih dan tumor otak.

7# Pemakaian Tabir Surya

Untuk mencegah kanker kulit dan kerusakan kulit lainnya, kita biasanya memakai tabir surya bukan?

Tapi kita pasti akan terkejut mendengar bahwa tabir surya mengandung zat yang disebut dengan zat besi oksida yang menghasilkan radikal bebas penyebab kerusakan DNA dan memicu pertumbuhan sel kanker.

8# Menggunakan lilin beraroma

Studi teraru menemukan bahwa asap yang dilepaskan dari lilin paraffin mengandung karsinogen dan kompoen bahan bakar fosil lainnya. Lilin paafin bisa membunuh kita jika keseringan menghirupnya.

Bukan berarti kita tidak bisa menggunakan aromatherapy lilin loh! Justru kita sangat disarankan untuk menggunakan lilin lebah murni yang jelas-jelas aman bagi kesehatan. 

 

Baca Juga: Jane Idris, Tetap Kuat Di Dalam Tuhan Walau Vonis Kanker Menggoncang Kehidupannya

 

9# Kerja shift malam

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh British Medical Journal, kebiasaan kerja shift malam bisa  meningkatkan risiko seseorang terkena kanker payudara. 

10# Konsumsi Daging Berlebih

Mengkonsumsi daging merah (seperti babi, sapi dan domba) serta daging olahan (seperti bacon, ham, dendeng, hot dog, salami dan produk olahan daging yang diawetkan) lebih dari 18 ons per minggu bisa jadi pemicu kanker. 

Di hari peringatan kanker sedunia ini, mari lebih sadar dan peduli terhadap kesehatan kita. Jangan biarkan sel kanker merenggut seluruh kebahagiaan dan kebebasan kita melakukan banyak hal yang lebih berarti dalam hidup ini karena sikap abai kita.

Dan jika kamu memiliki seseorang yang kamu kenal atau keluarga yang sedang berjuang melawan kanker, pastikan mereka tetap mendapatkan dukungan baik secara spiritual maupun emosional.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami