Biden - Harris Resmi Dilantik, Serukan Amerika Untuk Bersatu Dengan Warna Ungu

Biden - Harris Resmi Dilantik, Serukan Amerika Untuk Bersatu Dengan Warna Ungu

Puji Astuti Official Writer
573

Joe Biden akhirnya resmi dilantik menjadi Presiden ke 46 Amerika Serikat pada Rabu pagi waktu Washington DC. Dalam pelantikannya itu ia menyerukan kepada masyarakat Amerika untuk mengakhiri perang antara merah (Partai Republik) dan biru (Partai Demokrat) dan bersatu untuk membangun kembali negara mereka. 

“Banyak yang harus kita lakukan di musim dingin yang penuh bahaya ini, dan kemungkinan yang signifikan: banyak yang harus diperbaiki, banyak yang harus dipulihkan, banyak yang harus disembuhkan, banyak yang harus dibangun, dan banyak yang harus diraih,” demikian pernyataan Biden yang dikutip CBN.com.

Joe Biden diambil sumpah sebagai presiden menggunakan Alkitab warisan keluarganya dari tahun 1893 yang pernah ia gunakan saat pelantikan wakil presiden pada tahun 2009 dan 2013, dan juga saat ia disumpah menjadi senator Amerika. 

Kamala Harris torehkan sejarah jadi wapres wanita pertama Amerika

Untuk pelantikan Kamala Harris,  ia membuat sejarah sebagai keturunan Afrika-Amerika, Asia Selatan dan wanita pertama yang menjadi wakil presiden negeri Paman Sam. Yang unik, Harris disumpah menggunakan dua Alkitab. Yang pertama adalah Alkitab milik Regina Sheldon, seorang figur ibu bagi Harris, dan yang kedua adalah Alkitab miliki Thurgood Marshall, Hakim Agung kulit hitam pertama di Amerika.

Beberapa waktu lalu Harris pernah mengatakan bahwa dirinya dan Biden akan bekerja bersama dan mendukung para pemimpin agama, gereja dan organisasi keagamaan mengenai  pekerjaan penting yang mereka lakukan di seluruh komunitas mereka, demikian rilis dari Interfaith America.

"Tuhan yang selalu saya percayai adalah Tuhan yang penuh kasih, Tuhan yang meminta kita untuk melayani orang lain dan berbicara untuk orang lain, terutama mereka yang tidak kaya atau berkuasa dan tidak dapat berbicara untuk diri mereka sendiri," demikian ungkap Harris saat itu. 

Warna ungu jadi simbol persatuan 

Pada saat pelantikan terlihat banyak orang menggunakan baju berwarna ungu, termasuk Wakil Presiden AS Kamala Harris, sedangkan Ibu Negara Jill Biden memakai gaun berwarna ungu pada Selasa lalu di Lincoln Memorial. 

Terlihat mantan Ibu Negara Amerika Michelle Obama dan Hillary Clinton juga menggunakan pakaian warna ungu. Hillary Clinton bahkan menjelaskan arti warna ungu yang ia pakai saat itu. 

"Saya memang memakai ungu dengan suatu tujuan karena saya tahu tema yang ditekankan oleh Presiden Biden adalah persatuan. Saya pikir ketika Anda menggabungkan merah dan biru, cara kita terbagi secara politik di negara kita, Anda menjadi ungu," demikian penjelasan Hillary yang dikutip USA Today. 

Selamat kepada Presiden Amerika Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris, dan seperti harapan mereka mari berdoa juga untuk pemulihan Amerika, baik secara kondisi ekonomi, dalam mengatasi pandemi, dan juga sosial politik. 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami