#FaktaAlkitab: Asyer, Suku Paling Kaya dan Bahagia di Israel Dalam Sejarah Alkitab (8/12)

#FaktaAlkitab: Asyer, Suku Paling Kaya dan Bahagia di Israel Dalam Sejarah Alkitab (8/12)

Claudia Jessica Official Writer
310

Salah satu putra Yakub yang menjadi satu dari 12 suku Israel ialah Asyer. Nama Asyer berasal dari bahasa Ibrani yaitu Osyer yang berarti "bahagia."

Latar Belakang Keluarga Asyer

Asyer adalah Putra Yakub yang ke-8, dan yang ke-2 dari Zilpa (Kej 30:13; 35:26). Tidak disebutkan siapa nama istri Asyer, namun Kejadian 46:17 mencatat keseluruhan anak-anak Asyer, yakni Yimna, Yiswa, Yiswi, dan Beria, serta Serah yang adalah satu-satunya anak perempuan Asyer, dan juga satu-satunya cucu perempuan Yakub yang disebutkan dalam Alkitab.

Arti nama Asyer

Tidak cukup dengan hadirnya Gad, anak pertama Zilpa dari Yakub, Lea kemudian memberikan Zilpa untuk kedua kalinya agar tidur dengan Yakub. Zilpa lalu mengandung dan melahirkan. Ketika anak kedua Zilpa lahir, Lea memberi nama anak itu Asyer. Nama Asyer berarti ‘berbahagia’ atau ‘diberkati’, bahkan Lea menyebutkan kata berhagia sebanyak dua kali dalam satu ayat, seperti yang tertulis dalam Kejadian 30:13 “Aku berbahagia, perempuan-perempuan akan menyebutkan aku berbahagia.”

Nubuat Untuk Asyer

Kitab Kejadian pasal 49 berisi nubuatan, berkat atau wasiat Yakub kepada anak-anaknya. Nubuatan Yakub untuk Asyer tertulis dalam Kejadian 49: 20, "Asyer, makanannya akan limpah mewah dan ia akan memberikan santapan raja-raja."

Matthew Henry, penulis Tafsiran Alkitab dari Matthew Henry, menyatakan bahwa suku Asyer akan menjadi suku yang sangat kaya, bukan hanya diperlengkapi dengan makanan kebutuhan sehari-hari, melainkan juga dengan makanan yang mewah, santapan raja-raja.

Sementara itu Tafsiran Alkitab Wycliffe yang ditulis oleh Kyle M. Yates dan Philip C. Johnson, mengartikan nubuatan Yakub sebagai berikut: Asyer berada di tanah yang subur di mana gandum dan anggur serta minyak akan dihasilkan dengan berkelimpahan. Asyer akan makmur dan memperoleh kekayaan.


Baca juga: #FaktaAlkitab: Gad, Panglima Perang Suku Israel Yang Tidak Pernah Kalah (7/12)


Pada tahun 2010 perusahaan pengeboran minyak Amerika Serikat Noble Energy menemukan ladang gas yang sangat luas di lepas pantai wilayah Israel. Menurut juru bicara Noble Energy, penemuan ini dapat menjadi keuntungan Israel jika pihaknya memutuskan untuk mengekspor gas yang berasal dari ladang raksasa tersebut.

Seperti dilansir NHK (30/12/2010), ladang gas yang diberi sebutan Leviathan itu diperkirakan berisi 450 miliar meter kubik gas. Angka yang fantastis tersebut juga lima kali lebih besar dari persyaratan ladang gas yang bisa disebut besar. Leviathan terletak di utara Kota Haifa yang sangat dekat dengan Lebanon. Kota Haifa di Israel kuno adalah daerah pusaka untuk suku Asyer.

Bukan hanya Yakub, Musa pun menubuatkan berkat atas Asyer dalam Ulangan 33:24-25. Tentang Asyer ia berkata: "Diberkatilah Asyer di antara anak-anak lelaki; biarlah ia disukai oleh saudara-saudaranya, dan biarlah ia mencelupkan kakinya ke dalam minyak. Biarlah dari besi dan dari tembaga palang pintumu, selama umurmu kiranya kekuatanmu."

Kekuatan Bani Asyer waktu meninggalkan Mesir

Bilangan pasal 1-4 menuliskan peristiwa sensus pertama yang dilakukan Musa di Gunung Sinai. Dituliskan bahwa jumlah pria Bani Asyer yang sanggup berperang yang usianya di atas dua puluh tahun berjumlah 41.500 orang (Bilangan 1:41).

Pemimpim Bani Asyer ketika itu ialah Pagiel bin Okhran. Sementara itu salah satu perwakilan Bani Asyer dari 12 orang pengintai Tanah Kanaan ialah Setur bin Mikhael.

Sementara itu Kekuatan Suku Asyer pada waktu masuk ke negeri Kanaan berjumlah 53.400 orang, mereka adalah orang-orang gagah yang siap berperang.

Wilayah Suku Asyer di Kanaan

Suku Asyer mendapatkan undian ke-5 dalam pembagian wilayah yang dilakukan oleh Yosua. Wilayah Asyer berbatasan dengan Zebulon, Naftali dan Manasye.

Wilayah Asyer juga merupakan satu dari empat wilayah suku Israel yang berbatasan dengan laut.  Rincian wilayah Asyer dapat kita temukan dalam Yosua 19:24-31.

Suku Asyer dari masa ke masa

Suku Asyer atau dalam bahasa Ibrani disebut Shevet Asher (שֵׁבֶט אָשֵׁר) adalah salah satu dari suku-suku Israel. Pada zaman Para Hakim, Asyer gagal membantu Debora namun berkumpul pada pihak Gideon, mereka datang membantu Gideon untuk berperang melawan Midian (Hak 5:17; 6:35; 7:23).

Suku Asyer dari masa ke masa

Suku Asyer atau dalam bahasa Ibrani disebut Shevet Asher (שֵׁבֶט אָשֵׁר) adalah salah satu dari suku-suku Israel. Pada zaman Para Hakim, Asyer gagal membantu Debora namun berkumpul pada pihak Gideon, mereka datang membantu Gideon untuk berperang melawan Midian (Hak 5:17; 6:35; 7:23).

Di masa Raja-raja, Daud memiliki tentara dari Suku Asyer sebanyak 40.000 orang (1 Taw. 12:36).

Ketika Kerajaan Israel pecah pada zaman raja Rehabeam, Suku Asyer bergabung dengan Kerajaan Israel Utara bersama 9 suku lainnya. Sewaktu kerajaan utara dikalahkan oleh Asyur, maka semua penduduknya dibuang ke tempat lain, suku ini ikut tersebar dan terhitung dalam sejarah sebagai 10 suku terhilang dari Israel.

Di masa Perjanjian Baru ada seorang wanita bernama Hana, seorang perempuan yang sudah lanjut usia yang gembira melihat bayi Yesus, ia berasal dari suku Asyer (Luk 2:36).

Itulah fakta Alkitab tentang perjalanan bangsa Israel, Suku Asyer, satu dari dua belas suku Israel.

Fakta Alkitab lainnya dan video inspiratif lainnya bisa kamu temukan langsung di YouTube Jawaban. KLIK DISINI.

Apakah JCers merasa termotivasi dengan Fakta Alkitab mengenai GAD? Yuk jadi bagian dari kami untuk memberitakan Injil kepada dengan bergabung bersama kami sebagi mitra CBN! Caranya, klik DI SINI!

Sumber : jawaban.com

Ikuti Kami