5 Cara Bijak Susun Resolusi Realistis Untuk Tahun 2021

5 Cara Bijak Susun Resolusi Realistis Untuk Tahun 2021

Lori Official Writer
738

“Jangan biarkan pintu menghantammu keluar. Bersiaplah untuk menyambut tahun 2021 dengan tangan terbuka,” demikian disampaikan pakar pengelolaan keuangan Kristen asal Amerika, Dave Ramsey.

Menyambut tahun 2021, Ramsey mengingatkan bahwa masih ada harapan baru yang bisa kita gapai ke depan setelah melewati situasi yang cukup sulit sepanjang tahun 2020 kemarin.

Lebih lanjut, dia mengingatkan supaya kita selalu siap sedia untuk menyambut Tahun Baru dengan harapan yang baru. 

Tapi tentu saja harapan itu akan terwujud jika kita menyusun tujuan yang jelas dan realistis. Karena dengan memiliki tujuan, akan membuat kita termotivasi untuk berjuang lebih keras lagi. Bukan saja sekadar bertahan.

Menurut Ramsey membuat resolusi itu memang penting. Tapi resolusi tanpa tujuan dan rencana hanyalah angan-angan belaka. Karena itulah dia menyarankan supaya kita benar-benar membuat resolusi yang realistis dan punya tujuan yang jelas.

Berikut 5 tips menyusun resolusi tahun 2021 yang realistis menurut Dave Ramsey.

Tips #1 Buat Resolusi yang Spesifik

Apa hal yang ingin dicapai tahun 2021? Tulislah dengan spesifik. 

Hanya menuliskan bahwa kamu akan menurunkan berat badan tidak membuat resolusi tersebut tercapai. Cobalah mengubah kalimatnya dengan ‘Aku akan menurunkan berat badan sebanyak 20 kg dan konsisten melakukan olahraga sit-up sebanyak 20 kali setiap hari’. Resolusi ini jelas terdengar jauh lebih realistis bukan?

Waspadalah hal-hal yang bisa menghalangi tujuan itu tercapai dan cari solusinya.

Tips #2 Buat Tujuan yang Terukur

Kalau tujuan akhirnya adalah untuk melunasi semua utang di tahun 2021, itu artinya kamu harus menyisihkan sejumlah uang setiap bulan untuk mencapai tujuan itu. Pecahlah tujuan-tujuan itu menjadi bagian-bagian kecil baik harian, mingguan maupun bulanan. 

Fokuslah mencapai tujuan ini setahap demi setahap hingga hasilnya benar-benar kelihatan.

Tips #3 Buat Deadline

Deadline jadi hal yang penting untuk dibuat. Karena hal ini sangat menentukan bagaimana kita bisa mengukur keberhasilan resolusi kita.

Jadi, setelah menetapkan tujuan spesifik, susun rencana pelaksanaannya lalu mulailah melakukannya secara konsisten setiap hari.

Berilah tenggat waktu untuk diri sendiri untuk menyelesaikannya. Misalnya, kalau tujuanmu adalah untuk menurunkan berat badan 20 kg selama bulan Januari 2021, maka ukurlah berapa banyak kalori yang harus kamu bakar setiap hari, olahraga apa yang tepat untuk mencapainya dan gaya hidup yang bagaimana yang harus kamu jalani untuk mencapai tujuan tersebut.

Tips #4 Pastikan Tujuan yang Kamu Tulis Adalah Untuk Dirimu Sendiri

Jujur saja, berjuang untuk mencapai tujuan orang lain tidak akan pernah membuat kita berhasil. Misalnya, anak yang berlatih piano hanya karena orangtuanya memintanya demikian. Kalau tujuan untuk bisa bermain piano tidak lahir dari keinginan kuat dari dalam diri, anak pasti akan sulit mengembangkan permainan pianonya. Karena dorongan itu tidak muncul dari dalam dirinya.

Jadi, tujuan yang kamu tetapkan harus sesuatu yang benar-benar kamu inginkan. Kamu sendiri yang harus berjuang untk mewujudkannya.

Tips #5 Tulis Daftar Resolusimu

Percaya atau tidak, menuliskan rencana resolusi dalam secarik kertas jauh lebih baik daripada hanya menyusunnya di dalam pikiran.

Dengan catatan itu, kita bisa diingatkan setiap saat. Bahkan saat kita mulai kehilangan semangat, daftar resolusi tertulis ini bisa jadi sumber motivasi baru untuk terus berjuang mewujudkan tujuan yang sudah kita tulis.

 

Baca Juga: Agar Resolusi Kamu Tercapai Tahun Ini. Beginilah Kata Alkitab Memulainya!

 

Buat kamu yang masih kesulitan menentukan tujuan spesifik untuk resolusi 2021 ini, cobalah untuk memiliki 7 bidang kehidupan di bawah ini.

1. Tujuan rohani. Misalnya, konsisten saat teduh, membuat jurnal harian atau bergabung dalam pelayanan atau komunitas gereja.

2. Tujuan kesehatan. Jadi member di pusat kebugaran, naik turun tangga setiap hari dan lebih rajin makan sayuran.

3. Tujuan pendidikan. Melanjutkan pendidikan Magister, dapat gelar Doktor atau membaca 1 buku yang bagus setiap bulan.

4. Tujuan keluarga. Meluangkan waktu berdua sekali seminggu dengan pasangan, menyempatkan waktu bermain dengan anak sepulang kerja, menghubungi orangtua tiga kali seminggu.

5. Tujuan karir. Mendapatkan promosi atau kenaikan gaji, belajar skill baru, atau mulai menemukan pekerjaan baru.

6. Tujuan sosial. Membangun komunitas baru, lebih banyak mengenal orang baru dan menjalin komunikasi yang baik dengan rekan-rekan kerja maupun tetangga.

7. Tujuan keuangan. Mulai menabung untuk masa pensiun, berinvestasi untuk masa depan atau melunasi utang kredit. 

Apapun yang akan terjadi di tahun 2021, tetaplah mempersiapkan sederet resolusimu yang penuh tujuan. Jangan pernah lupa dengan semua hal yang terjadi di tahun 2020 lalu. Akan ada masanya kita akan menghadapi rintangan saat akan mewujudkan daftar-daftar tujuan tersebut. Tapi, tidak apa-apa. Hal itu normal terjadi dalam kehidupan. Selama kita tetap fokus dengan tujuan dan tetap berkomitmen untuk mengambil langkah kecil untuk mencapainya, akan ada hasil yang kita petik pada akhirnya.

Jadi, sudahkah kamu siap menghadapi tahun ini dengan semangat?

Sumber : Daveramsey.com
Halaman :
1

Ikuti Kami