Bukan Dengan Kembang Api, Ini Cara Unik 5 Negara Rayakan Tahun Baru

Bukan Dengan Kembang Api, Ini Cara Unik 5 Negara Rayakan Tahun Baru

Claudia Jessica Official Writer
646

Pesta kembang api sudah menjadi salah satu tradisi yang umum di berbagai belahan dunia dalam menyambut tahun baru. Namun, di beberapa negara memiliki tradisi yang unik dalam menyambut perayaan tahun baru.

Kira-kira seperti apa ya perayaan tahun baru di negara mereka?

1. Chiang Mai, Thailand

Meski tidak seterkenal Bangkok, Chiang Mai merupakan kota terbesar kedua di Thailand yang terletak di bagian utara. Pada perayaan tahun baru, biasanya penduduk setempat akan melakukan tradisi menerbangkan lampu lentera. Tradisi ini dipercaya dapat mendatangkan keuntungan pada tahun baru.

Berbeda kebanyakan negara, langit malam Chiang Mai akan dihiasi remang ratusan lampu lentera yang diterbangkan. Selain itu, ada juga pertunjukan musik dan tarian khas Thailand yang akan memeriahkan suasana tahun baru.

2. Jepang, membunyikan lonceng 108 kali

Jyona no Kane (Joya no Kane) adalah festival perayaan tahun baru terbesar dan paling meriah di Jepang. Para penduduk akan berkumpul bersama di kuil Buddha bersama pasa Bhikku yang akan membunyikan lonceng sebanyak 108 kali.

Mereka percaya bahwa angka 108 adalah simbol roh jahat yang hidup di bumi menurut kepercayaan umat Buddha. Dengan membunyikan lonceng tersebut, mereka percaya bahwa roh jahat aka diusir dari kehidupan manusia selama satu tahun ke depan.

3. China, mengecat pintu rumah menjadi warna merah

Masyarakat China percaya bahwa mengecat pintu rumah menjadi warna merah saat tahun baru dapat membawa keberuntungan.

Bahkan warna merah juga identik dengan berbagai perayaan seperti pernikahan dan imlek.

4. Myanmar, festival ait Thingyan

Perayaan tahun baru di Myanmar diramaikan dengan festival air Thingyan. Festival ini dimeriahkan dengan saling menyiram antar warga baik itu melalui selang air ataupun baskom.

Mereka percaya bahwa air ini dimaksudkan untuk membersihkan nasib buruk dan dosa dari tahun sebelumnya.

5. Filipina

Di Filipina, semua yang berbentuk bulat dianggap sebagai kemakmuran. Termasuk baju dengan motif polkadot, uang koin, tempat makan, dan lain-lain. Bahkan beberapa orang akan menaruh koin mereka di berbagai sudut di rumah mereka, di dalam laci, di mejad dan dimana pun karena koin yang berbentuk bulat ini dipercaya akan membawa tahun penuh keberuntungan bagi mereka.

Itu dia perayaan tahun baru yang unik di negara-negara asia. Terlihat menyenangkan dan menarik bukan? Meski begitu, dalam keadaan pandemi seperti saat ini, kita harus menjaga jarak dan menghindari kerumunan demi kebaikan bersama.

Semoga pada tahun selanjutnya kita bisa kembali merayakan tahun baru dengan normal ya!

Selamat tahun baru!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami