Ini Ayat Alkitab yang Paling Banyak Dibaca di Tahun 2020, Apa Itu?

Ini Ayat Alkitab yang Paling Banyak Dibaca di Tahun 2020, Apa Itu?

Lori Official Writer
1283

Masa-masa sulit di tahun 2020 ini menyebabkan perubahan, termasuk lonjakan pencarian ayat Alkitab di internet. 

Dari jejak pencarian internet sepanjang tahun 2020, ditemukan bahwa bagian-bagian ayat Alkitab yang berbicara tentang ketakutan, kesembuhan dan keadilan menjadi ayat yang paling banyak dicari.

Aplikasi AAlkitab YouVersion sendiri mengalami peningkatan penggunaan mencapai 80 persen sepanjang tahun 2020 ini, dengan total pengguna hampir 600 juta orang dari seluruh dunia.

Lalu ayat apa saja yang paling banyak dicari di tahun ini?

Rupanya ayat yang paling banyak dicari, dibaca dan ditandai di aplikasi adalah bagian Yesaya 41: 10. Yang bunyinya, “…janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.”

Menurut Bobby Gruenewald, pendiri YouVersion, pandemi telah membuat banyak orang mencari kekuatan, kedamaian dan harapan di dalam Tuhan melalui Alkitab.

“Melalui setiap kesulitan, orang-orang terus mencari Tuhan dan kembali kepada Alkitab untuk mencari kekuatan, kedamaian dan harapan. Meskipun tahun 2020 adalah tahun yang ingin dilupakan oleh orang-orang, tapi kami memandangnya sebagai tahun yang mengingatkan bahwa Tuhan memakai aplikasi Alkitab untuk menolong banyak orang yang mencari jawaban,” kata Gruenewald.

Kata ‘ketakutan’ pun menjadi kata kunci yang paling banyak dicari di aplikasi Alkitab selama beberapa bulan pasca pandemi. Lalu disusul oleh kata kunci ‘keadilan’ dan ‘kesembuhan’ sebagai tren kata kunci sepanjang tahun ini.

Sementara website Bible Gateway menemukan pencarian terbanyaknya menggunakan kata kunci tentang bagaimana Tuhan memulihkan penyakit. Pencarian ini mendapat sekitar 90 kali lebih banyak sejak lockdown yang diberlakukan pada bulan Maret 2020.

 

Baca Juga: Sepanjang Tahun 2019, Ternyata Ini Ayat Alkitab yang Paling Banyak Dibaca

 

Selain itu diurutan kedua, topik rasisme, keadilan dan penindasan meningkat hingga mencapai 100 kali lipat dalam seminggu setelah kematian dari pria kulit hitam George Floyd. Menjelang Pemilu AS, ayat-ayat Alkitab terkait kekuasaan pemerintah juga meningkat sebanyak 50 kali dari biasanya.

Sementara Yohanes 3: 16 dan Yeremia 29: 11 menduduki posisi teratas di situs ini. Lalu disusul ayat 2 Tawarikh 7: 14. Ayat ini sendiri banyak dikutip dalam perkumpulan doa untuk Presiden Donald Trump. 

Kata ‘takut’ dan ‘jangan takut’ juga menduduki posisi keenam dalam pencarian di situs ini. Kata ‘jangan takut’ ini banyak diakses dari kitab Yesaya. 

Pandemi mengubah banyak hal dalam hidup kita, termasuk kehidupan rohani kita. Bahkan orang percaya sendiri banyak diingatkan untuk hanya bersandar kepada Tuhan saja. Karena hanya Tuhanlah sumber sukacita, damai sejahtera dan harapan kita.

Sumber : Christianitytoday.com
Halaman :
1

Ikuti Kami