Sambut Natal Besok, Ini 4 Doa Malam Natal yang Bisa Jadi Inspirasi Kamu

Sambut Natal Besok, Ini 4 Doa Malam Natal yang Bisa Jadi Inspirasi Kamu

Claudia Jessica Official Writer
1043

Malam Natal adalah salah satu peristiwa bersejarah terutama bagi umat Kristen dimana Sang Juruselamat datang ke dunia untuk menyelamatkan umat-Nya. Cintanya yang begitu besar pada manusia membuat-Nya menjadi Imanuel, yang berarti Tuhan bersama kita.

Doa malam Natal dapat membantu kita mengalami kedamaian dan kegembiraan atas kehadiran Tuhan bersama kita. Kita bisa menikmati hadiah yang Tuhan berikan sepenuhnya.

Luangkan waktumu untuk doa pada malam Natal agar makna Natal yang sebenarnya akan menjadi hidup bagi kita. Inilah 4 doa malam Natal yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk berdoa bersama keluargamu.

1. Menerima Keajaiban Natal

Ya Tuhan, bantu aku untuk mengalami keajaiban Natal di malam yang suci ini. Biarkan aku merasakan kekaguman atas hadiah yang telah Engkau berikan kepada umat manusia. Bantu aku untuk melihat kehadiran-Mu yang indah dan melihat keajaiban setiap hari dari pekerjaan yang Engkau lakukan. Kiranya cahaya harapan yang Engkau tawarkan membantuku mengatasi kekhawatiranku.

Bintang-bintang yang kulihat di malam hari, biarlah itu dapat membantuku merenungkan Bintang Betlehem yang menakjubkan dan membing orang-orang kepada-Mu. Pada malam Natal ini izinkan aku untuk mengecap dan melihat bahwa Tuhan itu baik.

Aku bersyukur untuk orang-orang yang bersamaku pada malam suci ini. Berkati kami semua yang merayakan malam Natal ini bersama.


Baca juga: 15 Gambar dan Ucapan Natal Lengkap dengan Ayat Alkitab


2. Doa Malam Natal untuk Diucapkan Sebagai Keluarga sebelum Tidur

Selamat ulang tahun, Yesus! Terima kasih telah datang dari surga ke bumi untuk menyelamatkan dunia. Terima kasih telah bersama kami melalui Roh Kudus-Mu. Cinta-Mu membawa Engkau bersama kami saat ini. Bantu kami untuk menanggapi cinta besar yang Engkau berikan pada kami ya Tuhan.

Tunjukkan cara mencintai diri sendiri, satu sama lain, dan banyak lagi, ya Tuhan. Jadilah inspirasi kami untuk memilih kata-kata dan tindakan yang mencerminkan kebijaksanaan-Mu.

Saat kami melakukan kesalahan, bantu kami belajar untuk meminta maaf dari-Mu dan orang yang telah kami sakiti. Dan apabila orang lain menyakiti kami, semoga kami tidak membiarkan kepahitan mengakar dalam diri kami, namun sebaliknya untuk memaafkan mereka dengan bantuan-Mu, seperti yang Engkau mau.

Berikan kami kedamaian di rumah kami dan dalam semua hubungan kami. Bimbing kami agar kami dapat membuat pilihan yang terbaik untuk hidup kami.

Kami bersiap untuk tidur pada malam yang suci ini, kami pecaya Engkau dengan semua kekhawatiran kami dan meminta perdamaian-Mu sebagai balasannya. Saat kami bangun besok di pagi hari Natal, kiranya kami mengalami kegembiraan yang luar biasa.

3. Doa untuk Melepaskan Stres dan Memikat Karunia Tuhan di Hari Natal

Tuhan Yesus, mohon hapus kekhawatiran dari pikiranki dan tenangkan hatiku. Saat aku menarik dan membuang napas, biarkanlah napasku mengingatkanku untuk menghargai anugerah kehidupan yang telah Engkau berikan kepadaku. Bantu aku untuk menghembuskan stress yang kurasakan dan menghirup belas kasihan dan anugerah-Mu.

Melalui Roh Kudus, perbarui pikiranku sehingga aku dapat mengalihkan fokusku dari komersialisme Natal menjadi menyembah-Mu. Kira aku dapat beristirahat di hadapan-Mu dan menikmati waktu tanpa gangguan dalam doa dan saat terduh bersama Engkau, ya Tuhan.

Terima kasih untuk janji yang Engkau berikan dalam Yohanes 14: 27: “Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.”

Kehadiranmu bersamaku adalah anugerah tertinggi, yang membawaku ke kedamaian dan kegembiraan sejati.


Baca juga: Paus Fransiskus: Pandemi Tak Bisa Padamkan Cahaya Natal


4. Doa Terimakasih pada Malam Natal untuk Kristus, Juruselamat Kita

Juruselamat yang luar biasa, terima kasih telah lahir di bumi untuk menyelamatkan dunia. Melalui kehidupan duniawi penebusan-Mu yang dimulai pada Malam Natal dan selesai di kayu salib. Emgkau telah membiarkan aku, dan seluruh umat manusia untuk terhubung dengan Tuhan untuk selamanya. Seperti yang dinyatakan dalam 2 Korintus 9: 15, “Syukur kepada Allah karena karunia-Nya yang tak terkatakan itu!”

Berkat-Mu, aku telah bebas untuk hidup dalam iman daripada dengan rasa takut. Aku sangat bersyukur, bahkan tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata. Engkau telah menyelamatkan jiwaku dari kematiandan memberiku kehidupan yang kekal.

Terima kasih telah mencintaiku, memaafkanku, dan membimbingku.

Pada malam Natal ini, aku merayakan kabari baik tentang kelahiran-Mu. Sama seperti yang dilakukan oleh ibu duniawi-Mu, aku mencari-Mu dan menyembah-Mu seperti yang dilakukan oleh orang benar.

Terimakasih atas kasih-Mu yang menyeleamatkan kami.

Sumber : crosswalk.com
Halaman :
1

Ikuti Kami