Hasil Sinode Godang ke 65, Ini Wajah Ephorus dan Kepemimpinan Baru HKBP

Hasil Sinode Godang ke 65, Ini Wajah Ephorus dan Kepemimpinan Baru HKBP

Puji Astuti Official Writer
634

Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) menjalankan perhelatan Sinode Godang ke-65 pada 9-13 Desember 2020 lalu di Seminarium, Sipoholon Kabupaten Tapanuli Utara. Pada perhelatan empat tahunan tersebut, Gereja HKBP melakukan pemilihan untuk menentukan pimpinan sinode salah satu gereja terbesar di Indonesia tersebut, yaitu Ephorus, Sekjen, Kepala Departemen Marturia, Diakonia, Koinonia dan 32 praeses pemimpin distrik. 

Siapa saja wajah baru pimpinan sinode HKBP?

Pdt. Dr. Robinson Butarbutar MA, terpilih sebagai Ephorus HKBP Periode 2020-2024. Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, sebelumnya menjabat sebagai Ketua Rapat Pendeta HKBP 2017-2021, dan Ketua Ikatan Alumni STT-HKBP 2017-2021. Pria kelahiran Bah Jambi, Kabupaten Simalungun, 1 Januari 1961 pernah pula memimpin satu Departemen Program Internasional United Evangelical Mission berkantor di Jerman, sejak sejak Januari 2009-Juli 2013. 

Sedangkan  untuk  posisi Sekjen HKBP, ditempati oleh Pdt Dr Victor Tinambunan dan untuk Kepala Departemen Koinonia adalah Pdt Deonald Sinaga, Kepala Departemen Marturia adalah Pdt Kardi Simanjuntak serta Kepala Departemen Diakonia adalah Pdt Debora Sinaga.

Ketua Umum PGI Pdt. Gomar Gultom yang menghadiri acara pelantikan Ephorus dan Pengurus HKBP tersebut menyatakan bahwa, usaha manusia saja tidak cukup dalam hidup ini, apalagi dalam memimpin dan membawa HKBP ke arah yang lebih baik. Yang paling dibutuhkan adalah campur tangan Roh Kudus. Sebab itu, dia mengajak kelima Pimpinan HKBP bersama para Praeses untuk senantiasa mengandalkan kekuatan Roh Kudus.

“Masyarakat dan Bangsa Indonesia membutuhkan sentuhan tangan HKBP. Peran transformatif HKBP telah begitu menyejarah. Jejak-jejak HKBP tercatat di sanubari umat, sekalipun mereka sudah jadi warga gereja lain. Itu sebabnya saya kira, mata dan hati tertuju ke Pearaja ini dengan penuh harap,” demikian ungkap Pdt.Gomar. 

Selamat untuk segenap warga HKBP untuk pemimpin baru yang telah terpilih, seperti yang disampaikan oleh Pdt.Gomar, kiranya peran Gereja HKBP dalam kepemimpinan baru ini dapat semakin berdampak bagi Indonesia, dan bahkan bangsa-bangsa. 

Sumber : PGI.or.id
Halaman :
1

Ikuti Kami