7 Tips Hemat Pengeluaran Selama Liburan Natal, Bijak Pakai Uang Yuk!

7 Tips Hemat Pengeluaran Selama Liburan Natal, Bijak Pakai Uang Yuk!

Lori Official Writer
514

Walaupun tahun ini kita tidak bisa merayakan Natal seperti tahun sebelumnya, bukan berarti kita bebas dari pengeluaran berlebihan. 

Karena memilih tinggal di rumah atau pulang kampung ke rumah keluarga juga bisa memakan banyak biaya. Salah satu godaan pengeluaran adalah belanja.

Bagi kamu yang turut mengalami penurunan pendapatan akibat pandemi, ada baiknya mengikuti 7 tips hemat pengeluaran ini. Selain menerapkan strategi belanja cerdas dan menyisihkan tabungan, kamu patut melakukan beberapa hal ini:

1. Buat Daftar Pengeluaran

Siapapun akan sangat mudah tergoda memberi beragam barang untuk perayaan Natal. 

Untuk mencegah pembelian yang berlebihan, cobalah untuk menetapkan daftar pengeluaran selama Natal. Misalnya, berapa budget hadiah atau kado Natal, berapa biaya untuk membeli makanan dan biaya liburan.

2. Belanja Cerdas

Menjelang Natal, biasanya akan banyak e-commerse yang menawarkan diskon besar-besaran. Kesempatan inipun membuat kita tergoda membeli barang-barang yang menurut kita murah.

Daripada terjebak dengan tawaran diskon, lebih baik pikirkan lebih dulu daftar barang apa yang sebenarnya mendesak untuk dibeli. Pastikan untuk fokus memburu barang-barang itu saja.

Tentu saja akan jauh lebih menyenangkan jika barang yang kamu cari sedang diskon besar-besaran bukan? Jadi bisa menghemat lebih banyak pengeluaran.

 

Baca Juga: 5 Cara Cantik Memotong Pengeluaran Liburan Natal

 

3. Lakukan Hal yang Berbeda Tahun Ini

Kalau di Natal sebelumnya, kita cenderung merayakannya dengan cara yang umum. Maka tahun ini, di tengah masa pandemi, cobalah memikirkan perayaan Natal yang lebih hemat daripada membooking restoran mewah dan bertukar hadiah. 

Cara lain yang lebih menyenangkan bisa dengan mengadakan pesta makan malam dengan membuat cemilan sendiri, barbeque bersama dan membuat kado spesial sendiri.

4. Hasilkan Uang Dari Barang Bekas

Apakah kamu punya barang-barang yang masih layak pakai di rumah? Hasilkanlah uang dengan menjual barang-barang tersebut. 

Penjualan dari barang itu bisa tentu saja akan sangat membantu untuk menutupi biaya dekorasi rumah untuk Natal tahun ini.

5. Atur Liburan Lebih Awal

Ini adalah tips berhemat yang wajib dilakukan. Buat kamu yang ingin merayakan Natal dengan berlibur ke suatu tempat, tentu perlu mempersiapkannya jauh hari sebelumnya. Karena semakin awal kita merencanakan rincian perjalanan, semakin murah biayanya. 

6. Nikmati Liburan Hemat di Rumah

Salah satu tantangan tinggal di rumah saja adalah kecenderungan menghabiskan uang untuk makan jauh lebih tinggi.

Tapi pastikanlah untuk mengelola keuangan lebih dulu. Sebisa mungkin memasak sendiri di rumah. Nah, daripada harus menambah pengeluaran dengan liburan kenapa tidak menghabiskan liburan di rumah dengan cara kreatif. 

Karena itu, mulailah menyusun rencana apa yang harus dilakukan sepanjang liburan. Gak ada salahnya juga jika sekali-kali mengundang teman terdekat untuk datang.

7. Tetap Dahulukan Memberi

Merayakan Natal bukan berarti fokus untuk menyenangkan diri sendiri dengan penghasilan kita. Tapi cobalah untuk memprioritaskan lebih dulu untuk memberi. Karena dengan memikirkan orang lain, kita mengingatkan diri sendiri untuk tidak memakai uang untuk hal yang berdampak bagi orang lain.

 

Jadi, jangan biarkan Natal kali ini berlalu tanpa makna. Mari tularkan semangat Natal di tengah masa pandemi ini dengan berbagi Natal bersama CBN. Yuk bergabung bersama kami di https://www.jawaban.com/donasi/.

 

Tuhan Yesus Memberkati!

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami