Jelang Pilkada Serentak 2020, PGI Himbau Umat Kristen Indonesia Lakukan Ini…

Jelang Pilkada Serentak 2020, PGI Himbau Umat Kristen Indonesia Lakukan Ini…

Lori Official Writer
907

Beberapa wilayah di Indonesia akan kembali mengadakan Pilkada serentak pada Rabu, 9 Desember 2020 mendatang. Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari pun telah mengumumkan hari tersebut menjadi libur Nasional bagi seluruh wilayah di Indonesia. Walaupun sebenarnya Pilkada ini hanya digelar di 270 wilayah, yang meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten dan 37 kota saja.

Mengingat pentingnya perhelatan publik tersebut, Ketua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) Pdt. Gomar Gultom secara resmi menyampaikan himbauan khusus kepada seluruh umat Kristen di Indonesia yang terlibat langsung dalam perhelatan Pilkada Serentak 2020 ini. Dia meminta supaya setiap orang ikut berpatisipasi aktif dalam pemungutan suara sebagai bentuk dukungan umat Tuhan di tengah pembangunan bangsa.

“Saudara kita akan melaksanakan Pilkada Serentak di beberapa daerah. Pastikan Anda terlibat dalam Pilkada ini sebagai wujud panggilan iman. Untuk itu Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) menghimbau saudara untuk menggunakan hak pilihnya dengan penuh tanggung jawab,” ucap Pdt. Gomar.

Dia juga meminta seluruh umat Kristen untuk tidak terlibat dalam politik uang selama Pilkada, tindakan sektarian dan primordial serta ujaran kebencian atas nama agama untuk mendukung kandidat tertentu.

“Lawanlah segala bentuk politik uang dengan menjauhkan diri dari praktik menjual suara. Hindari juga politik sektarian dan primordial yang mengedepankan politisasi suku, agama dan ras termasuk segala bentuk kampanye berisikan ujaran kebencian dan fitnah,” tegasnya.

Dia juga meminta agar umat Kristen aktif mengawasi setiap tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 nanti. Sehingga tindakan-tindakan manipulatif atau kecurangan terhadap hasil suara bisa dicegah sedini mungkin.

“Yang tak kalah pentingnya adalah agar saudara memilih pemimpin berdasarkan jejak keteladanannya. Pilihlah pemimpin yang memiliki kapasitas dan integritas,” terangnya.

 

Baca Juga: Responi Penetapan RUU Omnibus Law, PGI Pandang Situasinya Tidak Tepat & Kecam Demo Anarkis

 

Berdasarkan isi Alkitab, Pdt. Gomar menghimbau setiap pemilih untuk memilih calon pemimpin yang memiliki 4 kriteria ini yaitu cakap dan terampil dalam memimpin, takut akan Tuhan, dapat dipercaya serta tidak terlibat korupsi dan suap.

Selain itu, dia juga berpesan supaya Pilkada yang digelar di tengah masa pandemi ini tidak menjadi klaster baru penyebaran virus Covid-19. Sehingga para pemilih diharapkan tetap menaati protokol kesehatan dengan tetap melakukan tindakan 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak sosial.

“Mari berdoa bagi Pilkada 2020 ini agar berlangsung aman dana damai,” pungkasnya.

 

Sumber : Yakoma PGI
Halaman :
1

Ikuti Kami