#FaktaAlkitab -Teknik Perang Terlicik Dalam Sejarah Alkitab, Simeon Anak Yakub

#FaktaAlkitab -Teknik Perang Terlicik Dalam Sejarah Alkitab, Simeon Anak Yakub

Claudia Jessica Official Writer
153

Simeon, Yakub yang menjadi salah satu dari 12 suku Israel. Berbicara tentang suku Israel kita tidak bisa lepas dari sosok Yakub yang merupakan bapa leluhur bangsa Israel. Simeon adalah Putra ke-2 Yakub yang dilahirkan Lea, istrinya. Dalam bahasa Ibrani namanya disebut Shim’on (שִׁמְעוֹן) yang artiya "Allah telah mendengar penderitaanku.”

Nama ini muncul dari kata-kata yang keluar dari mulut Lea setelah melahirkan anak laki-laki keduanya, yaitu shama yang artinya ‘dia (laki-laki, merujuk kepada Tuhan) telah mendengar’.

Dalam memberi nama anak laki-laki keduanya, Lea berfokus bukan pada kondisi yang tidak menyenangkan yang dia alami (tidak dicintai suaminya), tetapi pada bagaimana Tuhan mengatasi situasi buruk yang dia alami. Ternyata kelahiran Ruben sebagai anak sulung Yakub dan Lea tidak mengubah kondisi Yakub untuk berpaling mencintai Lea.

Nama Simeon pertama kali disebut dalam Kejadian 29:33. Sebagaimana yang dicatat dalam Kitab Kejadian, Alkitab, maka ia adalah leluhur dari suku Simeon.

Ruben, Lewi, Yehuda, Ishakar dan Zebulon adalah saudara kandung Simeon dari Ibu yang sama, berbeda dengan anak-anak Yakub lainnya. Ia juga memiliki adik perempuan bernama Dina, yang juga merupakan satu-satunya anak perempuan Yakub.

Tidak dituliskan nama istri Simeon, namun Alkitab mencatat bahwa nama anak-anaknya adalah Yemuel, Yamun, Ohad, Yakhin, Zohar dan Saul (Kej. 46:10).

Tindakan Anarkis Simeon dan Lewi

Suatu ketika adik perempuan Simeon, Dina diperkosa oleh Sikhem (anak Hamor, penguasa kota Sikhem). Saudara-saudara Dina sakit hati dan sangat marah karena Sikhem telah berbuat noda kepada adiknya. Meskipun Hamor, ayah Sikhem telah mendatangi Yakub untuk meminta dengan baik agar Dina menjadi istri Sikhem, namun saudara-saudara Dina rupanya memiliki rencana buruk atas Sikhem dan Hamor.

Mereka mengusulkan agar Hamor disunat beserta dengan semua pria dewasa di kotanya, hal ini seperti syarat jika ingin mengambil Dina menjadi istri. Usul tersebut diterima dengan baik. Tiga hari kemudian saat semua pria merasakan sakit karena sunat maka datanglah Simeon dan Lewi membantai semua pria di kota itu. Apa yang Simeon dan Lewi lakukan adalah sebuah strategi licik demi tercapainya pembalasan dendam mereka. (Kejadian 34:25).

Kutukan Yakub atas Simeon

Dalam Kejadian 49 berbicara tentang doa ataupun nubuatan Yakub terhadap anak-anaknya, termasuk nubuatan atas Simeon dan Lewi.

Ayat 5-7 disebutkan bahwa Simeon dan Lewi, putra kedua dan ketiga Yakub dari Lea, adalah dua bersaudara yang senang kekerasan. Yakub yang sudah renta tidak pernah dapat melupakan kekejaman mereka membantai penduduk Sikhem.


Baca juga: #FaktaAlkitab - Ruben, Kehilangan Hak Kesulungan Karena Meniduri Gundik Ayahnya #Seri12SukuIsrael


Ketika mereka menyerbu dan menghancurkan dengan kejam orang-orang yang sebelumnya mereka lumpuhkan melalui strategi dan penipuan, menunjukkan bagaimana watak mereka yang sesungguhnya. Atas peristiwa tersebut, Simeon dan Lewi telah ditegur oleh Yakub (Kej. 34:30)

Kini ketika Yakub terbaring di pembaringannya menjelang kematian, Simeon dan Lewi mendengar kata-kata kutukan yang tajam darinya, "Aku akan membagikan mereka di antara anak-anak Yakub, dan menyerakkan mereka di antara anak-anak Israel" (ay. 7b).

Kutukan Yakub begitu keras bahwa Simeon dan Lewi tidak akan memiliki wilayah yang menjadi milik mereka sendiri, tetapi akan tersebar di antara suku lainnya. Di Kanaan kutukan ini terwujud; suku Simeon tertelan oleh suku Yehuda; suku Lewi tidak menerima wilayah namun melayani sebagai imam di bait suci dan guru di Israel.

Simeon dijadikan sandera di Mesir

Saat Yusuf berkuasa di Mesir, maka datanglah saudara-saudaranya untuk membeli makanan. Saudara-saudara Yusuf menceritakan kepadanya tentang ayah dan adik mereka, Yusuf menuntut bukti kejujuran mereka. Salah seorang dari mereka, katanya, harus pulang untuk membawa putra yang bungsu itu ke Mesir sedangkan yang lain tetap ditahan di Mesir.

Sesudah menahan mereka selama tiga hari, Yusuf menawarkan gagasan yang lebih mudah yaitu menahan satu orang sebagai sandera sedangkan yang lain bisa pulang membawa gandum.

Dalam Tafsiran Alkitab Wycliffe mengatakan bahwa Simeon terpilih untuk tetap tinggal di dalam penjara Mesir karena dia paling kejam di antara saudara-saudaranya.

Sementara itu menurut teolog Matthew Henry (1662-1714) dalam bukunya Exposition of the Old and New Testaments, mengatakan bahwa, ‘Penahanan terhadap Simeon’, boleh jadi Yusuf memilih dia untuk dijadikan sandera karena teringat bahwa saudaranya ini pernah menjadi musuh yang sangat memahitkan hatinya.

Atau, mungkin juga karena Yusuf melihat bahwa dialah yang sekarang paling tidak bersikap merendah dan peduli. Ia membelenggu Simeon di depan mata mereka untuk mempengaruhi mereka semua.

Suku Simeon

Untuk pertama kalinya sensus dilakukan di Gunung Sinai dan didapati Suku Simeon berjumlah 59.300 (Bil 1:22-2), dan dalam Bil 26:14 jumlah kaum ‘keluarga’ mencapai 22.200. Mereka berkemah dekat suku Ruben (Bil 2:12-13).

Suku Simeon berdiri di Gunung Gerizim bersama suku-suku lainnya untuk diberkati (Ul 27:12).  Di Tanah Perjanjian, bagian milik pusaka suku ini adalah daerah selatan paling ujung, dan kemudian daerah ini hampir tertelan dalam daerah Yehuda (Yos 19:1-9).

Ketika Israel pecah menjadi dua bagian (utara dan selatan), maka Suku Simeon termasuk ke dalam Kerajaan Utara. Setelah Kerajaan Utara ditaklukan Asyur maka sejak saat itu Suku Simeon dan beberapa suku lainnya secara bertahap terasimilasi oleh bangsa lain dan dengan demikian perlahan menghilang dari sejarah.

Satu-satunya singgungan lain akan suku ini ialah dalam Kitab Wahyu mengenai orang yang dimeteraikan (Why 7:7), dan dalam daftar itu Simeon tercatat sebagai yg ke-7.

Itulah fakta Alkitab tentang Simeon, satu dari dua belas suku Israel.

Apakah JCers merasa diberkati? Kalau JCers punya pertanyaan seputar Alkitab, tulis aja di kolom komentar ya!

Fakta Alkitab lainnya dan video inspiratif lainnya bisa kamu temukan langsung di YouTube Jawaban. KLIK DISINI.

Sumber : jawaban.com

Ikuti Kami