Peringati Hari Toleransi Internasional, Yuk Lakukan Hal Ini
Sumber: Istimewa

News / 16 November 2021

Kalangan Sendiri

Peringati Hari Toleransi Internasional, Yuk Lakukan Hal Ini

Puji Astuti Official Writer
1877

Pada 16 November, Perserikatan Bangsa-Bangsa menyatakan hari ini sebagai Hari Toleransi Internasional, hal ini ditetapkan pada tahun 1996, setelah sebelumnya pada tahun 1995 PBB menyatakan sebagai Tahun Toleransi PBB, sekaligus untuk memperingati 125 tahun kelahiran Mahtma Gandhi pada tahun itu.

Pada tahun 1995, di ulang tahun ke 50 UNESCO, para negara anggota membuat Deklarasi Prisip Toleransi. Deklarasi tersebut menegaskan bahwa toleransi adalah penghormatan dan penghargaan terhadap keragaman budaya dunia kita yang kaya, bentuk ekspresi kita dan cara kita menjadi manusia. Toleransi mengakui hak asasi manusia universal dan kebebasan fundamental orang lain.

 

Baca Juga: Ada Kisah Dibalik Foto Viral Wanita Sholat di Gereja, Yuk Telisik!

 

Membangun toleransi dalam masyarakat 

Pada laman resmi PBB, edukasi menjadi salah satu cara untuk membangun toleransi dalam masyarakat. Dengan melakukan edukasi kita "bisa melawan pengaruh yang mengarah pada ketakutan dan pengucilan orang lain dan harus membantu orang muda mengembangkan kapasitas untuk penilaian independen, pemikiran kritis dan penalaran etis. Keragaman agama, bahasa, budaya, dan etnis di dunia kita bukanlah dalih untuk konflik, tetapi merupakan harta yang memperkaya kita semua."

Selain edukasi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan bersama untuk melawan intoleransi :

- Hukum : pemerintah bertanggung jawab untuk  menegakkan hukum hak asasi manusia, untuk melarang dan menghukum kejahatan kebencian dan diskriminasi dan untuk memastikan akses yang sama ke penyelesaian perselisihan.

- Edukasi adalah cara terbaik untuk melawan intoleransi. 

- Akses untuk informasi : untuk membatasi pengaruh mereka yang menyebar kebencian adalah dengan kebebasan pers dan pluralisme pers, sehingga masyarakat dapat membedakan fakta dan opini. 

- Kesadaran pribadi : Anda dapat menghentikan aksi intoleransi dengan memulainya dari diri sendiri. Dengan mengedukasi diri dan membangun toleransi kepada sesama, serta menghentikan penyebaran berita atau kabar kebencian dan pemecah belah, maka Anda sudah menjadi bagian dari solusi untuk masalah ini.

 

Baca Juga: Bukit Masbait, Bukti Hidupnya Toleransi Solid di Tengah Masyarakat Maluku

 

Jangan menunggu pemerintah atau pihak berwajib untuk menghentikan intoleransi, mari kita jaga bersama kerukunan dan toleransi antara umat beragama, suku dan bangsa yang berbeda. Karena keberagaman bukanlah pemisah, namun merupakan sebuah kekayaan yang harus dijaga bersama. 

Sumber : Berbagai Sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami